Feb 132016
 
Bisnis PayTren/Treni -Ustadz Yusuf Mansur

Tips menjaga kesehatan tubuh di musim hujan, biasanya banyak orang yang mudah sakit, padahal sakit sekarang biaya penyembuhannya mahal. Yang pasti akan sangat mengganggu aktifitas sehari-hari. Keberadaan suhu yang lumayan dingin dan terus menerus menbawa dampak buruk bagi manusia, terutama anak-anak. Dengan menerapkan rahasia hidup sehat Nabi SAW, insya Allah akan dijauhkan dari penyakit jasmani dan rohani. Beberapa penyakit yang muncul biasanya seperti flu, demam, malaria, dan lebih parahnya penyakit DBD (Demam Berdarah Dangue). Untuk itu, diperlukan perhatian khusus dari orangtua tehadap anak-anaknya.

Musim hujan bisa dikatakan musim yang unik, sebab biasanya disertai dengan musim-musim lainnya. Misalnya, musim buah-buahan karena pohon akan lebih banyak berbuah ketika musim hujan tiba. Selain itu, musim hujan biasanya disertai dengan bencana banjir di sebagian wilayah. Berhenti onani juga bisa menghemat energi yang terbuang-sia-sia. Jika kekebalan tubuh lemah, penyakit akan mudah menyerang. Maka dari itulah, diperlukan informasi kesehatan yang lebih banyak lagi, agar terhindar dari berbagai penyakit tersebut.

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Hujan

Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Hujan

Adapun proses terjadinya hujan adalah sebuah keadaan yang melibatkan dua tempat, yaitu bumi dan antariksa, dalam hal ini adalah bagian atmosfer. Pada dasarnya, hujan merupakan suatu presipitasi yang berwujud cairan. Kondisi ini biasa terjadi pada kawasan di atas permukaan bumi. Berikut ini adalah tips menjaga kesehatan tubuh di musim hujan

1. Model Baju Yang Tebal dan Hangat
Menjaga kesehatan tubuh di musim hujan dengan pakaian atau model baju yang tebal dan hangat. Baju tipis dan transparan kurang cocok dikenakan, terutama jika aktifitas yang anda lakukan lebih banyak diluar ruangan. Untuk itu, ada baiknya beralihlah pada pakaian yang lebih tertutup, tebal serta terasa hangat untuk tubuh anda. Pakaian dengan model seperti ini tentunya akan menjaga anda dari udara dingin saat musim penghujan.

2. Perhatikan Pola Tidur
Udara dingin dapat menimbulkan rasa kantuk yang dahsyat. Tubuh yang mendapatkan porsi tidur yang berlebih akan membuat tubuh menjadi lemas dan kaku pada otot. Selain itu, hindari pula begadang atau terjaga hingga larut malam. Tidur yang cukup bisa memulihkan kembali stamina dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Jika sulit tidur, maka salah satu solusinya dengan cara mengatasi insomnia. Pastikan Anda memiliki waktu tidur yang cukup di malam hari.

3. Konsumsi Vitamin
Saat musim hujan datang, tubuh biasanya akan tidak secara langsung menyesuaikan kondisinya, melainkan melalui sebuah proses terlebih dahulu. Proses inilah yang biasanya mempengaruhi system imun atau kekebalan tubuh manusia menjadi lebih lemah. Oleh sebab itu, konsumsi vitamin terutama vitamin C amat dianjurkan. Kandungan vitamin C ini bisa juga anda peroleh secara alami dari kandungan buah-buahan seperti buah jeruk, buah strawberry dan masih banyak lagi. Mengkonsumsi vitamin C secara rutin akan memastikan kebutuhan vitamin C dalam tubuh terpenuhi, yang pada akhirnya akan membantu meningkatkan fungsi sistem imun dalam tubuh.

4. Selalu Menjaga Kebersihan
Menjaga kesehatan tubuh di musim hujan dengan selalu membiasakan mencuci tangan setiap kali anda baru tiba dirumah, setiap kali menyentuh barang atau objek, sebelum dan sesudah makan dan setiap kali setelah menyentuh toilet. Karena tahukan anda toilet adalah salah satu tempat dengan sumber bakteri terbanyak. Mencuci tangan dengan air saja tidak cukup membuat kuman dan bakteri ditangan menghilang. Ketahuilah manfaat wudhu bagi kesehatan, agar bakteri yang bersarang di tubuh bisa dirontokkan.

5. Minum Madu
Menjaga kesehatan tubuh di musim hujan dengan cara minum madu, agar tubuh tetap merasa sehat dan hangat meski udara begitu dingin. Kuman dan bakteri akan berkembang biak lebih leluasa karena kelembapan yang begitu tinggi. Adapun manfaat madu sendiri tak diragukan lagi bagi kesehatan manusia. Maka dari itulah, mengapa tubuh akan membutuhkannya untuk mengatasi gangguan dari penyakit.

6. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh
Seringkali orang mengabaikan manfaat air putih, terutama saat musim penghujan, udara yang dingin menjadikan alasan rasa haus jarang terjadi, untuk itu seringkali anda melewatkan mengkonsumsi air putih secara cukup. Namun faktanya baik musim kemarau maupun musim penghujan kebutuhan cairan dalam tubuh tetap saja sama. Pasokan air yang cukup mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh sebab itu, pastikan jika anda tetap mengkonsumsi cairan sedikitnya 1,5 liter perhari. Apabila bosan terus-terusan mengkonsumsi air putih, air tersebut bisa diubah menjadi air jahe.

7. Bersihkan Lingkungan
Hujan yang terus menerus mengguyur membuat lingkungan menjadi lebih kotor daripada saat musim kemarau. Hal ini dipicu karena tingkat kelembapan udara yang lebih tinggi. Untuk itu, bersihkan lingkungan pada tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang untuk kuman dan bakteri berkembang biak. Misalkan dengan mengubur atau membakar sampah, menutup lubang yang berpotensi membuat air hujan tergenang, menutup penampungan air, memotong ranting dan rumput yang terlalu rindang. Lingkungan teduh, lembap dan tempat yang kotor akan menjadi sarang bagi nyamuk penyebab demam berdarah berkembang biak.

Untuk melengkapi postingan tentang tips menjaga kesehatan tubuh di musim hujan, aktivitas bergerak sangat diperlukan jika Anda ingin sehat. Banyak bergerak berarti membantu tubuh melancarkan metabolisme. Orang yang cenderung kerap beraktivitas di belakang meja dan jarang bergerak, kemungkinan sering terserang penyakit. Contohnya, orang yang banyak duduk berpotensi mengalami masalah ginjal. Risiko bertambah tinggi jika sering kurang minum. Sebuah studi juga mengatakan, orang yang lebih banyak duduk bisa terserang emboli paru. Jadi, kalau memang ingin menerapkan gaya hidup sehat, beraktivitas fisik harus dijadikan kebiasaan.

Bisnis PayTren/Treni -Ustadz Yusuf Mansur

 Leave a Reply

(required)

(required)