Tips Mencukur Bulu Kemaluan

Posted on

Bulu kemaluan pada laki-laki maupun perempuan adalah satu tanda yang menunjukkan bahwa telah datangnya kematangan (pubertas). Hal ini dikarenakan adanya perubahan dan pertambahan hormon menjelang masa peralihan atau transisi dari remaja ke dewasa. Tumbuhnya rambut keriting di sekitar kemaluan, sebenarnya bukan suatu masalah karena hal tersebut merupakan kodrat alamiah yang dialami oleh semua orang. Dalam Islam, ada kiat-kiat khusus agar bersih untuk area tersebut. Berikut infonya,

قَالَ الْفِطْرَةُ خَمْشٌ مِنَ الْفِطْرَةِ الْخِتَانُ وَالْإِسْتِحْدَادُ وَتَقْلِيْمُ الْأَفَارِ وَنَتْفُ الْإِ بْطِ وَقَصُّ الشَّارِبِ.رواه مسلم كتاب الطها رة
Artinya:
Nabi saw bersabda, “ada 5 kesucian yang termasuk kesucian yaitu:

  1. Khitan/sunat
  2. Mencukur bulu kemaluan
  3. Memotong kuku
  4. Mencabut bulu ketiak
  5. Mencukur kumis

 

Dalam hadits lain disebutkan:

Anas berkata: Nabi telah membuat waktu untuk kami untuk mencukur bulu kemaluan (jembut), memotong kuku, mencukur kumis , mencabut bulu ketiak, itu selama 40 hari sekali. (HR. Abu Dawud)

1. Siapkan peralatan
Siapkan alat cukur khusus untuk area kemaluan. Gunting untuk merapikan. Pisau cukur atau silet untuk cukur gundul. Jika dirasa sudah tidak tajam lagi, segera beli yang baru.

2. Lakukan bertahap
Hendaknya jangan lakukan dari yang tumbuh lebat menjadi betul-betul gundul seluruhnya sekali cukur. Mulailah dengan memotong rambut tersebut sedikit lebih pendek setiap minggu. Minggu berikutnya atau seterusnya mulailah membuat bidang dari sudut rambut pada kemaluan anda lebih kecil dan lebih kecil lagi dengan cara memangkas dan mencukurnya.

3. Pakai sabun cukur yang banyak atau jeli-jeli.
Berikan sebuah lapisan sabun atau jeli yang baru setiap bagian cukuran oleh pisau cukur. Anda memerlukan sedikit minyak di antara kulit lembut anda anak mata pisau cukur yang tajam itu. Penggunaan alat-alat tersebut diperuntukkan bagi kulit sensitif.

4. Bercukur di sore hari.
Hal ini disebabkan karena banyaknya waktu yang diperlukan dan karena ingin telanjang atau hanya menggunakan baju tidur atau gaun tidur setelah itu. Sekali terbiasa mencukur anda bisa melakukannya dalam shower di pagi hari dalam beberapa menit.

5. Rendam dalam air yang hangat atau gunakan shower yang hangat sebelum mencukur
Hal ini melembutkan rambut tersebut dan membuatnya lebih mudah untuk digunting. Ini akan mempertanggungjawabkan sebagian besar waktu yang dibutuhkan.

6. Jangan dicabut
Kulit kemaluan sangat sensitif, tidak disarankan mencabut bulu kemaluan. Karena efek yang ditimbulkan adalah sakit minta ampun.

7. Mencukur satu arah
Mencukur menurut arah pertumbuhan dari bulu kemaluan. Amatilah pola tersebut setelah anda memotong pendek rambut tersebut. Beberapa orang yang berpengalaman mencukurnya berlawanan dengan arah pertumbuhan rambut, setelah pertama-tama dilakukan pada arah serat, menggunakan gerakan yang sangat ringan dan lapisan baru jel cukur atau busa cukur. Ini menghasilkan cukuran yang sangat rapat. Ini bukanlah ide yang bagus bagi para pemula.

8. Gunakanlah kaca seukuran tubuh
Gunakanlah kaca seukuran tubuh dan cahaya yang baik sehingga bisa melihat aseluruhnya area bulu kemaluan.

9. Jangan dicukur habis
Dirapikan saja jangan digundul, sisakan 1 cm. Hal ini bertujuan membiarkan fungsi dari bulu kemaluan itu sendiri. Yakni, mengurangi gesekan dan memfilter kuman.

10. Gunakanlah pelembab
Setelah mencukur, berikan pelembab untuk menyejukkan kulit kemaluan. Hati-hatilah terhadap bau-bau/ wangi-wangian atau bahan tambahan lainnya yang bisa membuat iritasi kulit lembut anda. Baby oil bisa meminyaki kulit dan mengurangi gesekan.

11. Rileks setelah mencukur
Tidur atau berbaring setelah mencukur dengan pakaian tidur yang longgar membuat tubuh rileks dan nyaman.

Rawatlah bulu kemaluan agar bersih dari kuman. Karena sabda Nabi saw, “Kebersihan sebagian dari iman.”

Itulah artikel tentang Tips Mencukur Bulu Kemaluan. Semoga bermanfaat menjadi inpirasi demi keselamatan dunia dan akhirat.

 

One thought on “Tips Mencukur Bulu Kemaluan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *