Kecantikan Wajah dan Kulit Secara Alami

Tips Kecantikan Wajah dan Kulit Secara Alami

Posted on

Tips kecantikan wajah dan kulit secara alami dari bahan tradisional boleh dicoba setiap orang, terutama cewek. Dengan tampilan putih, bercahaya pasti akan membuat lawan jenis klepek-klepek. Mungkin banyak sekali diluar sana make up, sabun dan cream-cream lainnya yang bisa dijadikan bahan untuk mempercantik diri. Bila biasanya wanita pergi ke salon dan menghabiskan berjam-jam untuk perawatan tubuh, sekarang bisa melakukan sendiri dengan bahan di lingkungan sekitar. Penggunaan bahan-bahan kimia yang berlebihan tidak terlalu baik sebab akan menimbulkan efek samping dikemudian hari.

Kecantikan wajah dan kulit bisa pudar karena bekas jerawat yang mengganggu, sinar ultra violet dan penuaan. Selain itu bisa juga mencoba dengan produk di pasaran, karena banyak sekali produk yang dapat membantunya lebih bersinar. Terkadang orang menyembunyikan noda tersebut dengan cara menutupinya dengan rambut yang panjang. Banyak pula yang menebal make-up agar terlihat lebih kinclong. Berbagai cara dilakukan namun masih saja belum mendapatkan hasil yang maksimal.

Tips Kecantikan Wajah dan Kulit Secara Alami

Kecantikan Wajah dan Kulit Secara Alami

Inner beauty yang kurang maksimal juga akan menyebabkan tidak percaya diri saat tampil di depan umum karena pesona wanita akan terlihat kusam dan tampak redup. Semisal wajah berminyak juga akan menangkap udara di sekitar dan mengendapkan debu. Sedangkan kulit terkena polusi. Sehingga menutup pori-pori, kemudian timbullah jerawat. Berikut adalah tips kecantikan wajah dan kulit secara alami.

1. Madu
Membuat kecantikan wajah dan kulit dari bahan alami dengan madu yang bersifat anti bakteri dan anti inflamasi di dalamnya ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kulit, di antaranya jerawat. Selain itu nutrisi dan vitamin dalam madu bisa menjadikan kulit halus dan awet muda. Tambahkan bahan campuran masker atau lulur. Namun pastikan menggunakan madu organik yang masih murni untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

2. Bengkoang
Sudah bukan rahasia lagi kalau bengkoang mampu menjadikan kecantikan wajah lebih cerah. Karena bengkoang mengandung banyak vitamin B1 dan vitamin C yang bekerja bersamaan untuk menyehatkan dan menjadikan tampilan kulit lebih cerah berseri. Untuk mencerahkan muka dengan bengkoang, dapat memanfaatkannya sebagai masker. Kupas bengkoang segar, kemudian parut sebagian. Kemudian gunakanlah parutan daging buah bengkoang tersebut sebagai masker wajah.

3. Air Putih
Menciptakan kecantikan alami pada kulit wajah, bisa menggunakan handuk kecil yang di celupkan ke dalam air hangat kuku. Kemudian campurkan sedikit garam dan usapkan secara berlahan ke wajah. Air hangat akan membuka pori wajah dan garam akan mengangkat kotoran pada wajah. Untuk menghindari minyak berlebihan cukup mencuci muka dengan sabun 2x sehari (jangan lebih). Membasuhi muka dengan sabun secara berlebihan akan mengikis lapisan kulit wajah dan menjadi bahaya bila terpapar sinar matahari bahkan produksi minyak akan bertambah banyak.

Maksimalkan kesehatan dengan minum 2 liter sehari untuk menjaga metabolisme pada tubuh. Air zam-zam juga sangat diromendasikan dalam hal ini. Pada saat kegiatan yang ekstra jika tubuh mengandung banyak air, maka keringat akan lebih sedikit mengandung minyak.

4. Urang-aring
Daun urang-aring yang juga sering disebut daun tinta atau false daisy merupakan bahan alami yang dipakai untuk perawatan rambut sejak berabad-abad lalu. Urang-aring berkhasiat menghitamkan rambut dan mencegah uban karena zat pewarna alaminya. Biasanya tanaman ini diolah menjadi minyak urang-aring. Namun juga bisa membuat produk kecantikan alami dari bahan tersebut. Caranya cuma menyiapkan segenggam daun urang-aring segar lalu ditumbuk hingga halus. Campurkan daun yang sudah ditumbuk tadi dengan sedikit air, kemudian gunakan untuk masker rambut. Diamkan selama beberapa saat sebelum dibilas.

5. Temugiring
Rimpang temugiring juga biasa dimanfaatkan untuk merawat kecantikan wajah dan kulit. Cewek Jawa zaman dulu menggunakan temugiring sebagai bahan campuran lulur scrub. Karena temugiring bisa mengangkat sel kulit mati secara alami. Dan juga mengandung flavonoida, saponin, dan kurkumin. 3 bahan tersebut merupakan antioksidan alami yang mampu mencegah radikal bebas perusak kulit. Untuk membuat lulur scrub dari temugiring, bisa mencoba resep berikut.

Bahan:
-4 sdm pati temugiring (atau temugiring kering yang ditumbuk)
-2 sdm tepung beras
-2 sdm kunyit bubuk
-air mawar secukupnya

Cara membuat:
Campurkan semua bahan dan aduk rata hingga menjadi pasta kental.
Gunakan campuran ini untuk scrub. Usapkan ke seluruh tubuh, kemudian gosok dengan gerakan melingkar.

6. Sirih
Sifat anti-septik dan anti-bakteri dalam daun sirih tidak hanya ampuh untuk mengatasi gatal, tetapi juga bisa digunakan untuk mengatasi kecantikan wajah alami. Untuk mengobati jerawat di wajah, dada, atau punggung, dapat juga memanfaatkan air rebusan sirih untuk membilas bagian kulit yang berjerawat. Pakailah handuk bersih, celupkan ke dalam air sirih lalu gunakan untuk mengusap wajah. Jika menginginkan cara yang lebih ssederhana, gunakan air sirih yang masih hangat tadi untuk mencuci muka. Sebelumnya pastikan wajahmu sudah benar-benar bersih dari makeup. Lakukan perawatan ini minimal sehari 3 kali, terutama setelah beraktivitas di luar ruangan.

7. Beras
Beras mengandung pitera, bahan alami yang mampu menjaga kulit awet muda. Orang Indonesia biasa memanfaatkannya sebagai bedak dingin. Dibawah ini resepnya.

Bahan:
-Segenggam beras
-Air secukupnya
-Daun pandan diiris halus
-Air mawar

Cara Pembuatan:
-Rendam beras dalam air selama 3 malam atau lebih, agar beras menjadi lunak.
-Setelah masa perendaman cukup, tiriskan beras dan jemur di bawah sinar matahari hingga beras kering, kemudian haluskan menggunakan blender atau tumbukan. Setelah itu ayak hingga mendapat butiran yang halus.
-Untuk memberikan wangi pada bedak dingin tersebut, juga bisa menggunakan air mawar atau air rendaman daun pandan.

Tips kecantikan wajah dan kulit secara alami yang diinginkan tiap wanita agar terlihat indah dan segar. Pada saat ini memang terdapat banyak tempat perawatan kecantikan yang bersaing menawarkan berbagai macam produk. Aslinya, untuk mendapatkan hal tersebut dapat dilakukan dengan sederhana dan dilakukan sendiri di rumah.

One thought on “Tips Kecantikan Wajah dan Kulit Secara Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.