Membaca Al Quran dengan suara merdu

Tips Bersuara Merdu Untuk Membaca Al Quran

Posted on

Tips bersuara merdu untuk membaca Al Quran yang luar biasa. Sebagai kitab suci umat muslim yang memang telah diturunkan kepada Nabi SAW untuk diajarkan kepada umat muslim yang ada di seluruh penjuru dunia, di dalamnya terdapat seluruh hukum atau aturan yang harus dilaksanakan oleh manusia. Karena bisa membuat jiwa menjadi tenteram dan bersemangat kembali. Banyak sekali keutamaan membacanya, misalnya jalan hidayah bagi siapa saja yang menginginkannya sebab terdapat banyak petunjuk tentang kehidupan dunia dan akhirat dari Allah Taala.

Tips Bersuara Merdu Untuk Membaca Al Quran

Membaca Al Quran dengan suara merdu

Semua orang yang dianugerahi suara oleh Sang Maha Pencipta sebenarnya bisa digunakan untuk membaca Al Quran. Hanya kualitas yang mungkin membedakan antara satu dengan lainnya. Namun, hal tersebut dapat dilatih dengan teknik yang baik dan benar. Sekarang banyak sekali dibuka tempat-tempat kursus atau latihan vokal yang baik. Namun, jika malu atau hanya sekedar ingin mengaji, tentunya bisa berlatih sendiri. Kemampuan suara perlu dilatih walaupun dengan otodidak. Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melatih suara yang merdu:

Melatih Pengucapan Huruf Hijaiyah
Mulailah dengan mengucapkan hijaiyah satu persatu dengan jelas dan benar sesuai makhroj. Kemudian lanjutkan sampai mengucapkan rangkaian kata yang sulit. Lakukan dengan kecepatan rendah lalu dilanjutkan dengan kecepatan yang lebih tinggi, sehingga lancar mengucapkan ayat-ayat pendek maupun panjang dalam membaca Al Quran.

Latihan Kekuatan Suara
Kekuatan suara berhubungan dengan pernafasan, jika pernafasan bagus, baik dan benar, maka kekuatan yang dikeluarkan dari suara bisa dilakukan. Kekuatan suara bukan berarti harus berteriak sekeras-kerasnya tetapi kejelasan suara yang perlu tetap terdengar jernih. Cara yang lain bisa dilakukan, cobalah meniup lilin dari jarak 1,5 meter hingga padam, lakukan 20-30 kali sehari untuk mendapatkan power suara merdu.

Latihan Teknik Pernafasan
Tak bisa dipungkiri, pernafasan yang baik mutlak diperlukan dalam membaca Al Quran. Salah satu teknik pernafasan yang paling efektif yaitu teknik pernafasan perut, bukan pernafasan dada. Tanda pernafasan perut yaitu ketika menarik nafas, perut mengembung, sedangkan pernafasan dada jika ketika nafas ditarik, yang mengembung adalah dada. Berikut ini cara melatih pernafasan perut:

  • Siapkan posisi tubuh, bisa berdiri atau duduk bersila. Tegakkan punggung/badan.
    Tarik nafas dalam-dalam (dengan nafas perut), hitung hingga 10 detik. Pada hitungan ke-10, perut diusahakan full mengembung.
  • Kemudian tahan nafas selama 10 detik. Dalam posisi perut full mengembung, tahan hingga perut terasa keras. Boleh dicek dengan menekan perut yang mengeras ketika membaca Al Quran.
  • Kemudian keluarkan nafas perlahan-lahan melalui mulut selama 10 detik. Atur pengeluaran nafas seefisien mungkin dengan membuka sedikit saja mulut sampai hitungan ke-10 sambil membunyikan ”AAAAAAH”
    Berikutnya, ulangi langkah 1-4 latihan ”tarik-tahan-keluar” tersebut dengan penambahan durasi waktu secara bertahap. Misalnya, dengan penambahan per 5 detik, menjadi 15, 20, 25,30 dst. hingga batas waktu terlama.
  • Jangan ragu mengulangi jika dalam satu durasi waktu masih dirasa berat.

Latihan Teknik Vibrasi
Vibra adalah “membunyikan” suara. Vibra terjadi akibat adanya kontraksi pada pita suara. Contohnya pegang jakun atau tenggorokan tengah leher kalian sambil membaca ayat suci Al Quran. Itulah awal proses asal mula vibrasi/ getaran. Berikut ini cara melatih vibrasi:

  • Cobalah rileks
  • Bacalah Al Quran dengan lagu namun tidak perlu dengan suara yang terlalu tinggi.
  • Rasakan udara yang mengalir dari dalam ke luar pita suara.
  • Rasakan pada getarannya.
  • Fokus dan coba untuk mendapatkan vibrasi alunan tersebut pada bacaan secara natural.
  • Jangan dibuat-buat dengan menggerakkan bagian tenggorokan hingga bergerak secara berlebihan. Hal seperti ini malah akan menguras energi dan membuat suara tidak stabil.
  • Jika sudah terasa vibrasinya, maka baru boleh digerakkan bagian dalam tenggorokan dengan seperlunya, tak perlu berlebihan. Tergantung ekspresi, alunan dan kebutuhan lagu.
  • Ingat vibrasi yang baik itu adalah vibrasi yang terbentuk secara natural dengan getaran yang stabil. Jadi harus dilatih pelan-pelan.

Latihan Suara Tinggi
Tiap orang memiliki level suara yang berbeda-beda, range vokal standar pembaca Al Quran yaitu 3 oktaf. Meskipun ada juga orang yang memiliki range vokal di atas 3 oktaf, bisa sampai 4, 5, bahkan 6 oktaf. Namun, jangan khawatir karena tentu saja suara tinggi bisa dilatih. Berikut ini cara melatih suara agar tinggi:

  • Lakukan pemanasan dengan cara melemaskan pita suara dengan mengucapkan bunyi “AAA”, “III”, “UUU”, “BA” dalam oktaf rendah maupun oktaf tinggi sesuai range vokal Anda.
  • Lakukan latihan sesering mungkin, lebih bagus jika dilakukan setiap pagi. Karena pita suara dapat kembali loyo jika tidak sering dilatih. Sebaiknya, lakukan latihan dengan surat-surat pendek agar nadanya lebih presisi.
  • Gunakan satu lagu yang mampu mencapai oktaf tertinggi Anda. Ulangi lagu tersebut 3 sampai 4 kali. Sebaiknya dilakukan dengan santai, dan ambil napas secukupnya, dan bayangkan/konsentrasi bahwa nada tinggi itu mudah dicapai ketika membaca Al Quran .
  • Jika mampu menggunakan nada tinggi tersebut dengan baik, maka latihlah lagi dengan lagu lain yang nada tingginya kurang lebih sama dengan lagu sebelumnya.
  • Gunakanlah satu lagu yang mampu mencapai oktaf terendah Anda.
  • Ulangi lagu tersebut 3 sampai 4 kali.
  • Jika menemukan kesulitan, coba baca “AAA”, “III”, “UUU”. Setelah mampu menggunakan nada rendah tersebut dengan baik, maka latihlah lagi dengan lagu lain yang nada rendahnya kurang lebih sama dengan lagu sebelumnya.

Untuk melengkapi artikel tentang tips bersuara merdu untuk membaca Al Quran, yang paling penting adalah memiliki motivasi yang kuat. Karena sangat berperan dalam membantu untuk lebih cepat mendapatkan hasil yang maksimal. Apalagi dipadukan dengan ilmu tajwid yang mumpuni, itulah Qori sejati.

14 thoughts on “Tips Bersuara Merdu Untuk Membaca Al Quran

  1. Assalamu’alaikum
    terima kasih atas informasinya, postingan di blog ini sangat bermanfaat, sambil baca saya juga sedikit mempraktikan apa yg ada di postingan ini, dan benar-benar terbantu.
    terima kasih hihi

    1. aamiin ya Robb…

      semangat mas, hiasi hidup dgn Al-Quran dan As-Sunnah..
      Insya Alloh Keberkahan selalu bersama kita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *