Apr 072015
 

Tentang narkoba dan bahayanya bagi remaja yang dapat mempengaruhi sistem saraf tubuh sehingga akan mengganggu kinerja saraf, masa depan suram dan mengakibatkan lupa akan tuntunan Islam dan Al Quran. Tapi hal ini rupanya tidak dipedulikan para penggunanya, fakta membuktikan dari catatan kasus yang terjadi masih cukup banyak. Ancaman HIV AIDS dari pergaulan bebas dan zina juga berkaitan erat dengan pecandu obat-obatan terlarang tersebut. Telah banyak himbauan, bahkan eksekusi mati bandar yang telah dilakukan pemerintah karena memiliki dampak kerusakan yang fatal.

Pembahasan tentang bahaya narkoba dan psikotropika bagi pelajar bukannya berhenti, bahkan semakin gencar. Semestinya ada efek signifikan dari upaya tersebut. Namun ternyata hasilnya memang berbeda. Pengaruh dari pemakainya cukup mempengaruhi pikiran para calon pemakai yang masih polos. Mereka mencoba sesekali saja, tidak akan memberikan efek yang membahayakan, akhirnya malah ketagihan. Bukan hanya di kota besar, di desa terpencil yang jauh dari hiruk-pikuk gaya hidup bebas dan modern juga terkena imbasnya.

Pecandu di pedalaman malah telah mampu menanam sendiri pohon ganja yang nantinya akan mereka konsumsi sendiri atau dijual. Hal inilah membuat miris kepada banyak kalangan. Bahaya laten dari bahaya narkoba bagi pelajar ini sangat hebat. Kehancuran masa depan remaja merupakan salah satu kegagalan luar biasa menyedihkannya bila masyarakat tak mampu menyelamatkan para remaja. Tiap orang harus bergerak dan berusaha semaksimal mungkin menjadi penggerak dan pemberantas obat-obatan terlarang tersebut.

Tentang narkoba dan bahayanya berkaitan erat dengan gaya hidup modern. Bukanlah manusia yang hebat ketika tak mampu mencetak generasi remaja berakhlak mulia yang akan menjadi penerus cita-cita kehidupan dunia yang indah dan damai. Oleh sebab itulah, manusia berkewajiban membangun generasi yang kuat yang akan membuat bumi makin indah.

Tentang Narkoba dan Bahayanya bagi Remaja

no drugs image narkoba dan psikotropika

Artikel tentang bahaya narkoba bagi remaja bila perlu dimasukan ke dalam kurikulum dan dimasukan ke dalam dasar-dasar pendidikan di lingkungan sekitar. Hal ini akan membuat semua orang sadar bahwa mereka mempunyai tanggung jawab yang besar melindungi setiap jiwa yang ada dalam perlindungannya terhadap kebejatan moral yang telah menjalar seperti virus yang tak ada obatnya kecuali ketakwaan.

Tentang narkoba dan bahayanya berhubungan erat dengan kondisi kejiwaan para remaja yang sangat rawan untuk berbuat diluar batas. Pengaruh teman yang buruk dan beban materi pelajaran yang mereka miliki terkadang membuat jiwa mereka tak mampu menanggung semua tuntutan. Kondisi rumah dan orang tua yang juga terkena imbas stres memberikan kontribusi yang besar juga terhadap depresi yang dialami oleh mereka.

Kurangnya perhatian orang tua kepada anaknya juga sering kali membuat para remaja terjatuh ke jurang pergaulan bebas. Meskipun sebenarnya mereka tahu betapa mengerikannya bahaya narkoba, seolah menutup semua kenyataan tersebut dan mereka akhirnya terjerumus semakin jauh. Pembahasan tentang zat aditif tersebut bagi pelajar memang telah menyertakan efek kerusakan terhadap masa depan yang masih panjang.

Tentang kecanduan narkoba dan bahayanya tidak hanya sebatas gangguan kesehatan atau mental, namun juga mengakibatkan hal lain yang tentu sangat tidak diinginkan. Semisal terlibat kasus kriminal, melakukan pembegalan motor, memicu seseorang untuk mencuri uang agar bisa membeli obat terlarang tersebut yang harganya mahal. Padahal duit masih minta orang tua. Prestasi remaja akan menurun atau malah akan dikeluarkan dari lembaga pendidikan dan ujung-ujungnya menjadi pengangguran.

Obat-obatan terlarang tak hanya menyerang tubuh dari segi fisik saja, tapi juga menyerang mental dan jiwa penggunanya. Serangan terhadap mental dan jiwa inilah yang akan membuat kehidupan itu hancur lebur. Jika tak segera mendapatkan pertolongan, para Bandar dan pecandu tersebut menjadi beban moral keluarga dan Nusantara. Krisis akhlak itulah yang membuat begitu banyak orang ketularan rusak juga. Dibawah ini adalah artikel tentang narkoba dan bahayanya bagi remaja.

  • Membuat error otak manusia.
  • Mempengaruhi dan merusak sistem saraf, sebab dapat menekan atau bahkan meningkatkan kinerja saraf secara berlebih. Jika terus-menerus terjadi, saraf tentu akan rusak.
  • Menyebabkan gangguan jantung. Jika terus-terusan dikonsumsi, bisa membuat seseorang beresiko tinggi terkena serangan jantung.
  • Menyebabkan pecahnya pembuluh darah.
  • Penyalahgunaan narkoba dan psikotropika dalam dosis tinggi selama terus-menerus bisa merusak otak seseorang. Efek yang lebih rendah adalah gangguan daya ingat yang bisa mengganggu proses belajar.
  • Pelajar yang memakai narkoba biasanya selalu lemas karena tidak pernah beraktivitas secara rutin dan lebih suka bersantai karena di bawah pengaruh narkoba.
  • Mengalami gangguan reproduksi, impotent dan mandul. Hal ini mungkin tidak akan dialami pelajar secara langsung, tapi akan dirasakan jika telah menikah.
  • Pelajar yang menggunakan narkoba beresiko tinggi terkena HIV AIDS karena terjadi pergiliran jarum suntik.
    Berat badan menurun drastis karena berkurangnya nafsu makan.
  • Para remaja akan selalu gelisah dan depresi, terutama bila kebutuhannya akan narkoba tidak terpenuhi.
  • Menurunnya tingkat kesadaran dan susah fokus untuk menghadapi cobaan hidup.
  • Mereka yang memakai narkoba umumnya akan berbicara ngawur karena halusinasinya, semisal merasa ada yang mengejar-ngejar atau melihat/mendengar/merasakan sesuatu yang sebenarnya tidak ada.
  • Remaja bisa lebih agresif dari biasanya (emosi tinggi), seperti mudah mengamuk, mudah tersinggung, atau mudah sedih dan merasa terpuruk.
  • Membuat minder atau penyendiri dan tidak mau bergaul dengan orang lain, bahkan dijauhi oleh teman-teman bahkan keluarganya sendiri. Kalaupun sembuh dari ketergantungan narkoba, mereka akan sulit mendapatkan kepercayaan orang lain.

Untuk melengkapi artikel tentang narkoba dan bahayanya bagi remaja, ketika minder dan merasa sendiri itulah yang membuat mereka semakin brutal dan semakin terporosok semakin dalam. Bahkan mereka bisa saja melakukan bunuh diri karena tidak tahan hidup sendiri dan menanggung cemoohan dari banyak orang. Sebaiknya orang-orang terdekat mendukung penuh cinta dan kasih sayang agar para pecandu dan bandar cepat taubat.

 Leave a Reply

(required)

(required)