Surat Al Fatihah Al quran Terjemahan

Surat Al Fatihah dan Ayat Terjemahan

Posted on

Surat Al Fatihah artinya adalah surat pembukaan, merupakan urutan pertama di Al Quran. Disebut sebagai Ummul Kitab atau Ummul Qur’an karena merupakan induk bagi semua isi surat lainnya, serta menjadi intisari kandungan Al Quran. Surat ini memiliki beberapa keutamaan sebagaimana dijelaskan oleh Rasulullah SAW. Surat yang terdiri dari 7 ayat ini adalah surat yang pertama diturunkan dengan lengkap di antara surat-surat yang ada dan termasuk golongan surat Makiyyah karena surat ini diturunkan di Mekkah sebelum Rasulullah SAW hijrah ke Madinah.

Bacaan Al Fatihah ayat 1-7 merupakan surat yang paling utama di dalam Al Quran dan tidak pernah diturunkan dalam kitab-kitab sebelumnya (Taurat dan Injil) dan tidak ada satu pun yang menyamai surat Al Fatihah. Merupakan satu-satunya surat yang dipandang penting dalam shalat dan sudah menjadi rukun dalam shalat. Shalat 5 waktu dan shalat sunnah dianggap tidak sah apabila tidak membaca surat ini.

Surat Al Fatihah selain menjadi Ummul Kitab juga memiliki kedudukan yang tinggi dalam ajaran Islam, di mana disebut sebagai surat yang telah dikenal oleh seluruh kaum muslimin sebagai surat yang paling mulia dalam Al-Qur’an, sebagai doa dan harapan. Sehingga orang yang membacanya dengan ikhlas, dan mentadabburi maknanya akan mendapatkan balasan pahala yang besar di sisi Allah.

Surat Al Fatihah dan Ayat Terjemahan

Surat Al Fatihah Al quran Terjemahan

Hal penting di ayat Al Quran, seperti masalah tauhid, keimanan, janji, kisah Islami dan kabar gembira bagi orang beriman, akhlak mulia, ancaman, dan peringatan bagi orang-orang kafir, serta pelaku kejahatan, tentang ibadah, kisah orang-orang yang beruntung karena taat kepada Allah dan sengsara karena mengingkari-Nya, semua itu tercermin dalam surat Al Fatihah.

Surat Al Fatihah yang dibaca pada rakaat pertama dan kedua dalam shalat, harus diiringi dengan ayat atau surat lainnya. Sedangkan pada rakaat ketiga hingga keempat, hanya Al-Fatihah saja yang dibaca. Sebagaimana telah ditetapkan dalam risalah kenabian dengan jalan harus mengikutnya. Oleh sebab itu, maka wajib membacanya di tiap-tiap rakaat. Sah dan tidaknya shalat bergantung kepadanya. Dan meniadakan bacaan tersebut merupakan shalat yang tidak benar.

Surat Al Fatihah dan Ayat 1-7

Surat Al Fatihah ayat 1-7

Terjemahan Bacaan Surat Al Fatihah:

1. “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”.

2. “Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam”.

3. “Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”.

4. “Yang menguasai di Hari Pembalasan”.

5. “Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan”.

6. “Tunjukkanlah kami jalan yang lurus”,

7. “(yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat”.

Surat Al Fatihah juga disebut dengan penerang karena di dalamnya terdapat petunjuk bagi seorang muslim dalam semua urusannya. Jika kita mengkaji Al Fatihah secara mendalam, maka kita akan mendapat banyak faedah dan petunjuk. Oleh karena itu, sebagian ulama telah menulis kitab khusus menafsirkan Al Fatihah dan mengeluarkan mutiara hikmahnya yang berisi pelita yang menerangi kehidupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.