Segudang keajaiban-sedekah

Segudang Keajaiban Sedekah

Posted on

Segudang keajaiban sedekah tak perlu diragukan lagi bagi yang mempercayainya. Merupakan salah satu amal ibadah yang dilakukan oleh seseorang dengan cara memberi sesuatu kepada orang lain. Dari sisi lain akan diperoleh karunia yang tidak dapat dilogikakan dengan akal pikiran. Akan tetapi, amal tersebut mampu memberikan pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan. Jika memiliki harta berlebih, berilah harta tersebut kepada yang membutuhkan sebab itu sebenarnya adalah milik mereka. Dengan harta yang diberikan, diharapkan mampu memberikan manfaat positif.

Keajaiban sedekah akan didapat bila dilandasi dengan niat yang baik. Meski awalnya memang harus dipaksakan, maka paksakan diri sendiri untuk melakukannya. Mulailah dari jumlah yang kecil, lalu tingkatkan perlahan-lahan jumlahnya. Rasa malas hanya dapat diatasi dengan komitmen. Ingat bahwa hal tersebut adalah ibadah luar biasa yang menjadi solusi banyak permasalahan kehidupan. Sementara rasa takut miskin dan bangkrut karena berbagi harta atau uang, sesungguhnya hanyalah bisikan syetan agar manusia semakin jauh dari tuntunan Islam.

Prinsip saling memberi dan menerima dalam kehidupan sehari-hari, sebenarnya tanpa sadar keajaiban sedekah sering didapatkan. Pada saat menjadi sosok yang ringan tangan dan mudah menolong sesama maka orang lainpun akan senang menolong dan begitu pula sebaliknya. Faktanya, begitu banyak orang sukses yang mempercayai bahwa memberi sedekah sama dengan membuka jalan bagi pintu rezekinya.

Segudang Keajaiban Sedekah

Segudang keajaiban-sedekah

Manfaat yang didapatkan dari sedekah, sangat beragam wujudnya. Mulai dari hal yang berhubungan dengan kesehatan, kebahagian, kekayaan dan banyak lagi. Melakukannya secara ikhlas atau tidak, adalah urusan hamba dengan Tuhan. Jadi sampai kapan menunggu ikhlas dulu baru berinfak? Butuh keimanan yang tinggi demi menepis keraguan jika memang ingin mendapatkan pahala selalu identik dengan keajaiban rezeki yang berlipat-lipat. Dibawah ini adalah beberapa segudang keajaiban sedekah:

1. Melancarkan dan Melipatgandakan Rezeki
Jika sedekah yang dikeluarkan gitu-gitu aja, maka jangan heran rezeki yang didapatkan gitu-gitu aja. Makin banyak harta yang disedekahkan, makin lancar rezekinya. Sesuai dengan firman Allah Ta’ala: “Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan 7 bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji, Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) dan lagi Maha Mengetahui.” (Al-Baqarah: 261).

2. Memadamkan Murka Allah Ta’ala
“Sedekah secara sembunyi-sembunyi dapat memadamkan murka Allah” (Shahih At-Targhib, 888) Manusia diciptakan oleh Allah dengan kelebihan akal untuk berpikir dan diberi kewenangan sebagai khalifah di bumi sebagai jalan untuk beribadah kepada-Nya. Fakta yang terjadi, banyak manusia menenggelamkan diri dengan kemaksiatan dan foya-foya, sehingga menyebabkan Allah murka. Jika Allah telah murka, maka musibah terus berdatangan, bangkrut dan ditimpa penyakit-penyakit aneh. Nah dengan sedekah secara sembunyi-sembunyi, maka bisa meredam murka Allah.

3. Penyembuh Penyakit
“Obatilah orang sakit di antara kalian dengan sedekah.” (Shahih At-Targhib, 744). Alhamdulillah sebagian besar banyak yang sembuh berkat keajaiban sedekah. Hal ini mungkin karena sudah frustasi mengobati penyakitnya kesana-kemari dan hasilnya nihil.

4. Bukti Keimanan
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sedekah adalah bukti.” (HR. Muslim no.223) An Nawawi menjelaskan: “Yaitu bukti kebenaran imannya. Oleh karena itu sedekah dinamakan demikian karena merupakan bukti dari Shidqu Imanihi (kebenaran imannya)”

5. Tolak Bala’ atau Bencana
Di antara keajaiban sedekah adalah menolak bala’/ musibah/ bencana. Perjalanan hidup manusia tidak selalu mendatar di atas jalan yang mulus, kadang terhempas ke jurang melalui batu-batu kerikil, bahkan mereka diserbu angin topan di padang pasir dan diterpa gelombang di lautan. Untuk menghadapi datangnya bencana yang tak terduga, hendaknya melakukan sedekah. Sebagaimana disabdakan Nabi SAW “Sesungguhnya sedekah dapat menolak 70 pintu bencana.”

6. Meringankan Siksa Kubur
“Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Targhib, 873). Menerima kenyataan hidup setelah meninggal dunia merupakan tanggung jawab masing-masing. Manusia sangat takut dengan kepedihan dan kesakitan ketika tubuhnya disiksa karena dosa yang telah diperbuat. Terutama api yang dinyalakan oleh Malaikat Munkar dan Nakir.

7. Harta Tak Berkurang
“Sedekah tidak akan mengurangi harta” (HR. Muslim). Secara nalar manusia, sedekah adalah mengeluarkan uang. Dengan demikian maka secara kasat mata uang anda akan berkurang. Akan tetapi ketika seorang muslim melibatkan keimanan dalam bekerja maka prinsip itu tidak lagi berlaku. Justru sebaliknya, dalam janji Allah SWT bahwa orang yang selalu mengeluarkan hartanya maka sebenarnya ia tidak sedang merugi karena Allah SWT akan menggantinya dengan berkali-kali lipat.

Segudang keajaiban sedekah berasal dari tak sekadar memberi, namun amalan tersebut mempunyai banyak manfaat yang menakjubkan. Untuk itulah, seorang hamba hanya akan mendapatkan hakekat kebaikan dengan bersedekah, memberikan apa yang dia cintai. Allah berfirman, “Kalian tidak akan mendapatkan kebaikan, sampai kalian menginfakkan apa yang kalian cintai.” (Ali Imran: 92). Sungguh indah firmanNya. Jika Anda mau memberi rezeki di jalan Allah maka Anda digambarkan memberi pinjaman pada Dzat Yang Maha Kaya. Dan banyak orang sukses telah membuktikannya. Berbagi dengan sesama sangat digalakkan dalam Islam. Khususnya kepada golongan yang betul-betul memerlukan bantuan.

One thought on “Segudang Keajaiban Sedekah

  1. Partisipasi dan amal jariyah dalam perluasan dan pembangunan masjidil
    haram dan masjid Nabawi

    1. Niat Ibadah ( dari Allah,Karena Allah dan untuk Allah)
    2. Membawa beberapa batu kerikil kecil yang Haq dari tanah air
    3. Point no 2 dapat dibawa sendiri/ dititipkan kepada Jamaah yang akan
    berangkat Umroh dan Haji
    4. Batu kerikil diletakkan diarea yg sedang dibangun/di Cor semen
    5. Atau dititipkan kepada pekerja pembangunan agar diletakkan ditempat
    tersebut
    6. Mudah-mudahan Allah Ridho dengan apa yang kita kerjakan

    * Umumnya waqaf qur’an
    * Tidak ada kotak amal di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi
    * Mungkin Batu kerikil tidak berarti untuk sebagian orang,akan tetapi
    jika diletakkan di kedua Masjid tersebut,paling tidak batu kerikil ini
    akan menjadi bagian terkecil dari bangunan tersebut.
    * Moment Perluasan dan Pembangunan Masjidil haram dan Masjid Nabawi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.