rahasia bisnis supaya cepat berhasil

Rahasia Bisnis Supaya Cepat Berhasil

Posted on

Rahasia bisnis supaya cepat berhasil adalah bukan hal yang mustahil untuk diwujudkan. Asalkan yang bersangkutan punya tujuan yang jelas dan konsistensi maka membangun usaha bisa membuahkan hasil manis. Untuk itu seseorang perintis usaha tak perlu berpikir rumit saat memulai usaha. Sebab terlalu banyak berpikir bisa-bisa malah membuat tidak berani memulainya. Mengantisipasi kegagalan yang dipicu oleh berbagai macam faktor yang mungkin sebelumnya telah diketahui maupun tidak diketahui.

Semua orang memimpikan memiliki bisnis sendiri. Saat ini, menjadi seorang pengusaha sangatlah bergengsi. Selain memiliki kebebasan finansial, Anda juga berjasa bagi banyak orang dengan menciptakan lapangan pekerjaan. Namun, tak banyak orang yang berani mengambil keputusan besar tersebut. Ada yang ragu dengan modal, masa depan yang tak pasti atau terlalu nyaman dengan kondisi saat ini. Dan memiliki wirausaha sendiri akhirnya benar-benar hanya jadi mimpi belaka.

Rahasia Bisnis Supaya Cepat Berhasil

rahasia bisnis supaya cepat berhasil

Tiap entrepreneur menginginkan usaha yang dijalankan meraih hasil yang maksimal. Anda memiliki ide bagus bisnis dan bermimpi menjadi sukses hanya dalam beberapa tahun? Apakah mungkin? Tentu, semua mimpi dapat diwujudkan. Berikut adalah rahasia bisnis supaya cepat berhasil.

1. Mimpi Besar
Seorang pengusaha akan bermimpi dan memvisualisasikan mimpi-mimpinya. Ia akan mewujudkannya dalam sebuah perencanaan yang matang. Mengapa bermimpi menjadi rahasia pertama dalam memulai bisnis? Karena kendala pertama seseorang saat memulai bisnis adalah melawan ketakutan dalam diri. Dengan memiliki mimpi yang positif dan obsesi yang kuat, maka akan bersemangat merencanakan ide-ide bisnis.

2. Mendapatkan Mentor
Mencari mentor bisnis yang telah sukses, kemudian belajar darinya. Jangan minder berkenalan dan berteman dengan pengusaha lokal atau pebisnis dengan pencapaian gemilang. Mereka bisa menjadi mentor yang membantu memahami risiko dan tantangan dalam sebuah bisnis. Mereka juga dapat menjadi rekan bertukar ide hingga memfasilitasi dalam mendapatkan investor. Percayalah, BELAJAR APAPUN KEPADA AHLINYA (SECARA LANGSUNG), SELAIN MENGHEMAT MODAL DAN WAKTU JUGA LEBIH CEPAT MERAIH KESUKSESAN DARIPADA BELAJAR DI INTERNET.

3. Mencari Peluang
Mulailah dengan bertanya pada diri sendiri, “Apa yang kurang?” Saat memulai bisnis kita harus melihat bahwa meskipun sudah ada jenis usaha yang telah buka namun masih ada kelemahan, kita bisa masuk ke celah tersebut. Usahakan memilih produk yang berbeda dengan produk pada umumnya. Unik itu tidak selalu dari bentuk barangnya. Tapi unik juga bisa berasal dari rahasia bisnis di balik pembuatannya, atau presentasi dan kombinasi produknya.

4. Mengetahui Segmen Pasar
Rahasia bisnis supaya cepat berhasil berikutnya adalah mengetahui siapa pelanggannya dan apa yang mereka butuhkan? Setelah Anda mampu mengidentifikasi siapa pelanggan Anda, baru Anda bisa memilih barang atau jasa yang mampu memenuhi kebutuhan mereka. Anda harus benar-benar yakin dengan usaha yang akan dijalankan. Meski dimulai di saat kondisi ekonomi tidak terlalu baik Anda harus selalu maju.

5. Wujudkan Bisnis
Jangan cuma berencana, dieksekusi dong biar jadi bisnis yang nyata. Buat daftar poin-poin penting apa saja yang harus dimiliki untuk mewujudkannya. Bagi yang tidak punya modal, jangan alergi memulainya dengan pinjaman dari bank atau pihak lain. Dengan memulai bisnis dari pinjaman, justru Anda bisa jadi terpacu untuk membuat bisnis sukses. Tentunya agar bisa mengembalikan pinjaman tersebut.

6. Perluas Relasi atau Koneksi
Siapapun akan sepakat bahwa untuk menjalankan bisnis, menjalin koneksi adalah hal penting. Inilah salah satu rahasia bisnis yang simple. Adanya koneksi yang baik akan membantu Anda memulai usaha baru. Katakanlah mereka akan berbagi pengalaman dan strategi bagaimana usaha mereka bisa berhasil. Bisa menggunakan media sosial FB, Twitter, Line dan banyak lagi. Bahkan orang terkenal dan piawai dalam bisnis pun memiliki sosial media. Dari situlah Anda mulai memperkenalkan diri.

7. Jadilah Pelopor
Menjadi yang pertama atau pelopor di pasar adalah kunci keberhasilan. Misalnya Nokia, Honda, Kaskus dan Facebook. Biasanya yang pertama muncul di pasar sering berhasil, kedua dan ketiga biasanya hanya bertahan hidup, tapi sisanya perusahaan berkelahi habis-habisan di pasar buat meraih untung. Jika Anda memiliki ide bagus, terutama yang belum pernah dilakukan sebelumnya, pastikan bahwa Anda bekerja keras untuk meluncurkan sesegera mungkin.

8. Fokus
Rahasia bisnis supaya cepat berhasil selanjutnya adalah FOKUS, karena kegagalan dalam berbisnis biasanya juga dikarenakan tidak fokus dan banyak memikirkan sesuatu secara berlebihan. Banyak hal yang harus Anda pikirkan seperti jenis usaha baru yang Anda ingin lakukan dan strategi supaya tidak kalah saing. Bila Anda fokus, meskipun modal yang Anda miliki tidak besar, Anda tetap bisa menjalankan bisnis Anda perlahan-lahan dengan perencanaan yang matang.

9. Mental Baja
Memulai bisnis sendiri tidaklah gampang, perlu mental baja dan modal yang cukup untuk memulainya. Seperti diketahui, dalam dunia usaha berlaku pakem untung dan rugi, maka seorang pengusaha dituntut siap mental menghadapi berbagai cobaan. Milikilah mental juara atau pengusaha, bukan mental karyawan. Seorang karyawan akan selalu merasa ragu ketika memberikan kartu namanya, atau membagikan brosur ke semua orang. Ia berfikir apakah bisnisnya akan berkembang bila ia bebas membagi-bagikan kartu namanya ke orang lain. Seorang pengusaha tidak akan ragu membagikan brosur dan kartu nama ke orang lain.

10. Perbanyak Sedekah
Sedekah telah terbukti mampu melipatgandakan rejeki dan kekayaan, bahkan memiliki keuntungan lebih dari sekadar materi. Sedekah menjadi penolak bencana, memanjangkan usia, menyehatkan, menenteramkan, hingga diampuni dosa. Sebagaimana tertera dalam surah Al-Baqarah ayat 261, “Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir terdapat seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang dia kehendaki. Dan, Allah Maha Luas lagi Maha Mengetahui.”

Untuk melengkapi artikel tentang rahasia bisnis supaya cepat berhasil, sebagai seorang pengusaha, tidak ada yang lebih penting selain melihat bisnis yang dijalankan sukses dan berkembang. Ingin membuktikan bahwa konsep Anda bekerja, atau bisnis Anda bisa menjadi tiket untuk mencapai tujuan. Sayangnya, setiap ada bisnis yang berhasil, ada puluhan bisnis lain yang mengalami kegagalan.

One thought on “Rahasia Bisnis Supaya Cepat Berhasil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.