PIQ Singosari, Mencetak Generasi Unggul di Bidang Al Quran dan Bahasa Arab

Posted on

PIQ Singosari, mencetak generasi unggul di bidang Al Quran dan Bahasa Arab. PIQ merupakan singkatan dari Pesantren Ilmu Al Quran. Didirikan oleh KH Bashori Alwi Murtadlo pada tanggal 1 Mei 1978. Sesuai dengan namanya, PIQ mempunyai spesialisasi dan prioritas pengajaran pada Al Quran. Hal ini erat kaitannya dengan figur KH Bashori Alwi Murtadlo sebagai seorang intelektual dan notabene pendiri Jam’iyyatul Qurro’ wal Huffadz, suatu lembaga yang banyak melahirkan intelektual Al Quran di Indonesia. Ketika santri berada di tengah-tengah kawasan salah satu pondok pesantren terbaik di Jawa Timur ini, mereka akan merasakan nuansa lain dalam belajar. Melalui berbagai saran fisik dan non-fisik yang dimiliki Pesantren ini, para santri telah disiapkan untuk mendapatkan ilmu-ilmu Al Quran dan Bahasa Arab.

Pendiri PIQ Singosari Malang, KH Bashori Alwi Murtadlo adalah ulama ahli Al Quran yang berpengaruh di dalam maupun luar negeri. Beliau dilahirkan di Singosari, 15 April 1927 dari pasangan bahagia, Kiai Alwi Murtadlo dan Nyai Riwati. Kiprah dan andil besar KH Bashori Alwi Murtadlo di bidang ilmu-ilmu Al Quran sungguh luar biasa. Bersama dua qari’ nasional lainnya, Ustadz Abdul Aziz Muslim dan (alm.) Fuad Zain, dia pernah diundang untuk membaca Al Quran di 11 negara Asia Afrika (Arab Saudi, Pakistan, Irak, Iran, Siria, Lebanon, Mesir, Palestina, Aljazair dan Libya).

KH Bashori Alwi Murtadlo tercatat sebagai tokoh kaliber nasional dan internasional di bidang Tilawatil Al Quran. Beliau salah satu pendiri Jam’iyatul Qura’ (Organisasi para qari’ dan penghafal Al Quran), sekaligus salah satu pencetus ide Musabaqah Tilawatil Al Quran tingkat internasional pada Konferensi Islam Asia Afrika (KIAA) tahun 1964. Ustadz juga termasuk penggagas MTQ tingkat nasional. Sampai sekarang, beliau tidak pernah absen menjadi juri, baik pada MTQ dan STQ Nasional, maupun MTQ tingkat provinsi. Di samping itu, beliau dipercaya menjadi juri MTQ tingkat internasional di Brunei Darussalam (1985), Mesir (1998) dan Jakarta (2003).

PIQ Singosari sering dijadikan objek comparative study dan penelitian oleh kalangan pesantren, universitas, dan lembaga-lembaga kajian lain. Namun dalam perkembangannya, Bahasa Arab juga memperoleh porsi perhatian yang besar, sebagai media pengembangan wawasan berpikir dan alat untuk menganalisa keilmuan Islam klasik & modern. Mencetak kader-kader da’i muslim, generasi qurani yang mandiri, yang mampu mengembangkan pengetahuan agama mereka bagi agamanya, bangsa, dan negaranya dengan tetap berpegang teguh kepada aqidah Ahlussunnah wal Jamaah.

PIQ Singosari dipercaya umat di dalam pengajaran dan pengembangan ilmu-ilmu agama. Hal itu dibuktikan dengan semakin banyaknya jumlah santri baik lokal maupun non lokal yang berasal dari luar kota (Jakarta, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, bahkan Irian Jaya) yang diikuti dengan pencapaian prestasi yang semakin meningkat, baik ketika mengikuti event-event tingkat regional maupun nasional. Bahkan alumni-alumninya semakin banyak yang memegang peranan penting di masyarakat.

PIQ Singosari, mencetak generasi unggul di bidang Al Quran dan Bahasa Arab. Dengan fasilitas yang mumpuni dan konsep pemakaian bahasa asing yang berjalan dengan baik, maka secara sekilas bisa dipastikan bahwa alumninya adalah para santri yang benar-benar siap terjun ke dunia masyarakat. Ibarat berjalan di tengah gurun, para santri seakan menemukan sebuah oase. Jadi tidak berlebihan bila setiap tahunnya banyak calon santri yang mengantri, daftar masuk untuk dicetak menjadi generasi Qurany yang berkualitas.

PIQ Singosari telah berhasil menempati urutan teratas pilihan para orang tua dalam memilih pendidikan terbaik untuk anaknya di bidang Al Quran dan Bahasa Arab karena diasuh langsung oleh Master Al Quran, yaitu KH Bashori Alwi Murtadlo. Di PIQ Singosari diterapkan proses belajar mengajar yang menarik dan menyenangkan. Selain itu terletak di Malang kabupaten Singosari yang tentunya kawasan sejuk dan indah.

Kontak
Alamat: Jl. Raya 107 Singosari Malang, 65153
Telepon: 0341 – 458340
Email: info@piqsingosari.com
Website: http://piqsingosari.com/
Grup FB: https://www.facebook.com/groups/piqsingsari/

One thought on “PIQ Singosari, Mencetak Generasi Unggul di Bidang Al Quran dan Bahasa Arab

  1. assalamualaikum,,,
    Afwan ustadz ana mw tnyk ne, ana dari Sumatera,apa bisa umur yg sdah 20 ikut tahfidz d piq Qur’an, trus syrt masuk d piq Qur’an dsna ap ya, trus ap as tes msuk dan biayanya brp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *