Islam menurut Al Quran, bahasa dan istilah

Pengertian Islam Menurut Al Quran

Posted on

Pengertian Islam menurut Al Quran adalah agama yang meyakini Tuhan hanyalah satu yaitu Allah Swt. Diturunkan kepada Nabi SAW melalui perantara malaikat Jibril untuk seluruh makhlukNya. Sebagai muslim hendaknya selalu bertakwa dengan meninggalkan miras, bermain judi, zina, togel, korupsi, penyalahgunaan narkoba, maling, begal motor dan sejenisnya. Melakukan akhlak mulia dengan mencontoh keteladanan Nabi saw. Diantara perkara yang wajib untuk diketahui oleh pemeluknya yaitu mengucapkan dan meyakini dua kalimat syahadat. Dua kalimat syahadat tersebut adalah “aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak untuk disembah dengan sebenar-benarnya kecuali hanya Allah dan bahwasanya Muhammad SAW adalah utusanNya.

Adapun makna syahadat adalah mengetahui, meyakini, mempercayai dan membenarkan bahwasanya tidak ada Tuhan yang berhak untuk disembah dengan sebenar-benarnya kecuali hanya Allah. Maha Tunggal, Maha Terdahulu, Maha Hidup, Maha Abadi, Maha Pencipta dan Maha Sempurna. Apapun yang diinginkanNya wujud, maka akan terwujud. Dan mengetahui, meyakini, mempercayai dan membenarkan bahwa Nabi Muhammad saw adalah hamba dan utusan Allah kepada seluruh makhluk. Beliau dilahirkan dan diutus di mekah dan beliau hijrah ke madinah dan dimakamkan disana. Beliau memiliki gelar Al-Amin yang artinya jujur dan dapat dipercaya. Seorang Nabi terakhir dan tidak ada Nabi lagi setelah beliau.

Pengertian Islam Menurut Al Quran

Islam menurut Al Quran, bahasa dan istilah

1. Islam berasal dari kata “as-silmu” yang artinya damai
“dan jika mereka condong kepada perdamaian, Maka condonglah kepadanya dan bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Dialah yang Maha mendengar lagi Maha mengetahui.” (Al-Anfal:61).

2. Islam berasal dari kata “aslama” yang artinya menyerahkan diri (pasrah).
“Dan siapakah yang lebih baik agamanya dari pada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang diapun mengerjakan kebaikan, dan ia mengikuti agama Ibrahim yang lurus? dan Allah mengambil Ibrahim menjadi kesayanganNya” (An-Nisa:125).

3. ”Bahkan mereka pada hari itu menyerah diri” (As Shaffat:26)

4. “Kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih” (As Syuara:89)

5. Islam berasal dari kata “salamun ” yang artinya selamat.
“Berkatalah Ibrahim: “Semoga keselamatan dilimpahkan kepadamu, aku akan memintakan ampun bagimu kepada Tuhanku. Sesungguhnya Dia sangat baik kepadaku” (Maryam:47).

Ibarat sebuah bangunan yang dibangun di atas pondasi, diperkokoh dengan tiang dan dilindungi oleh atap. Rukun Islam yang jumlahnya ada 5 memegang peranan penting untuk menentukan kokoh atau tidaknya sebuah bangunan. Jika bangunan itu kokoh, maka segala aktivitas yang dijalankan di dalamnya pun akan berjalan sangat optimal, yaitu:

1. Syahadat
Dua kalimat yang harus dilandasi iman, ilmu dan amal. Sebagai konsekuensi dari ucapan tersebut, maka harus menolak Tuhan lain selain Allah dan hanya menyembah kepadaNya. Dan bersaksi bahwa Nabi Muhammad SAW sebagai utusan Allah Swt..

2. Shalat
Shalat adalah kewajiban bagi kaum muslimin yang diperintahkan oleh Allah Swt. Berupa ibadah yang harus didirikan dalam satu hari satu malam sebanyak lima kali, dengan jumlah total 17 rakaat. Shalat tersebut merupakan wajib yang harus dilaksanakan tanpa kecuali bagi muslim, baik sedang sehat maupun sakit. Terdiri dari 5 waktu, yaitu Shubuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib dan Isya. Jika shalatnya terpelihara, maka dirinya pun akan dijaga oleh Allah Swt. Secara otomatis, ia akan menunaikan nilai-nilai Islam serta menjauhkan diri dari maksiat dalam kehidupan sehari-harinya.

3. Zakat
Zakat pada hakikatnya adalah membersihkan harta benda yang miliki. Dengan mengeluarkan sebagian harta benda minimal sebesar 2.5%; namun sesungguhnya harta yang diberikan tidak hilang namun justru bertambah di mata Allah SWT. Namun dengan syarat Anda berzakat dengan keimanan dan keikhlasan.

4. Puasa
Puasa merupakan ibadah khusus dan menjadi sarana terpenting dalam proses penyucian diri manusia khususnya umat Islam, baik lahir maupun batinnya. Merupakan kewajiban bagi umat Muslim untuk melaksanakan Puasa di bulan Ramadhan.

5. Haji
Haji adalah ibadah yang lengkap antara paduan ibadah hati, ibadah harta serta ibadah fisik. Inti dari ibadah Haji adalah Wukuf di Arafah-Mekah, Arab Saudi. Dan ditunjang oleh amalan ibadah lain seperti tawaf, sai, lempar jumroh dan lainnya. Namun jika ikhlas menjalaninya akan memperoleh Haji yang mabrur di sisi Allah SWT.

Al Quran
Al Quran merupakan kitab suci agama Islam, terdiri atas 114 surat dan 30 Juz. Merupakan satu-satunya kitab suci yang dijamin kemurniannya sejak diturunkan sampai kiamat kelak. Diturunkan selama 22 tahun, 2 bulan, dan 22 hari. Terbagi ke dalam dua periode, yaitu Periode Mekah, yaitu surat yang diturunkan saat Nabi masih tinggal di Mekah, disebut dengan surat Makiyyah dan Periode Madinah, yaitu surat-surat yang diturunkan saat Nabi sudah berhijrah ke Madinah, yang disebut dengan surat Madaniyyah.

Pengertian Islam meburut Al Quran, bahasa dan istilah

Pengertian Islam Menurut Bahasa
Islam berasal dari kata ‘aslama’ (أَسْلَمَ) yang berarti menyerah. Menunjukkan bahwa seorang pemeluk Islam merupakan seseorang yang secara ikhlas menyerahkan jiwa dan raganya hanya kepada Allah SWT. Penyerahan diri seperti ini ditandai dengan pelaksanaan terhadap apa yang Allah perintahkan serta menjauhi segala larangan-Nya. Allah berfirman di Al Quran: “Dan siapakah yang lebih baik agamanya daripada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang diapun mengerjakan kebaikan, dan ia mengikuti agama Ibrahim yang lurus? Dan Allah mengambil Ibrahim menjadi kesayanganNya.” (Al Maidah: 125).

Maknanya ialah bahwa Islam merupakan agama yang senantiasa membawa umat manusia pada keselamatan dan kesejahteraan. Karena Islam memberikan kesejahteraan dan juga keselamatan pada setiap insan.

Pengertian Islam Menurut Istilah
Sedangkan menurut istilah, Islam adalah kepasrahan seorang hamba kepada wahyu Ilahi yang diturunkan kepada para Nabi dan Rasul khususnya Muhammad saw untuk dijadikan pedoman hidup dan juga sebagai hukum/ aturan Allah Swt yang dapat membimbing umat manusia ke jalan yang lurus, menuju ke kebahagiaan dunia dan akhirat.

Pengertian Islam menurut Al Quran, bahasa dan istilah tersebut sudah cukup mengandung pesan bahwa kaum Muslim hendaknya cinta damai, pasrah kepada ketentuan Allah SWT, bersih dan suci dari perbuatan dosa, serta dijamin selamat dunia-akhirat jika melaksanakan risalah Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *