obat tradisional sakit gigi yang ampuh

Obat Herbal Sakit Gigi Berlubang

Posted on

Obat herbal sakit gigi berlubang yang seringkali menjadi persoalan kecil dan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Disebabkan oleh minuman dingin maupun makanan keras dengan rasa asam. Tetapi juga memperhatikan tingkat kerusakan gigi sensitif karena jika sudah parah maka tidak ada obatnya dan harus ditambal. Rasa sakit akan muncul ketika seseorang sibuk dengan karir, bisnis, kerja, sembarangan mengkonsumsi makanan serta minuman dan malas untuk merawatnya dengan benar. Selain itu, gusi juga harus dijaga dengan baik, sebab keduanya saling menyokong satu sama lainnya.

Saat ini banyak yang memilih untuk menggunakan obat-obatan berbahan kimia. Padahal, begitu banyak di sekitar Anda yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati sakit gigi yang berlubang. Pengobatan secara herbal atau alami bahkan lebih aman dibanding obat-obatan dari medis yang mungkin mengandung bahan kimia. Sebagaimana dilakukan orang Jawa pada zaman dahulu yang disebut nginang. Kombinasi mengunyah tembakau kering, dicampur dengan bunga kantil, ditambah daun sirih serta bahan-bahan lain terbukti ampuh menjaga kesehatan gigi secara alami.

Obat herbal sakit gigi berlubang secara tradisional dapat mudah diaplikasikan, bahkan tidak menyita waktu. Sakit gigi merupakan hal yang sering dikeluhkan dan merupakan penyakit yang hampir semua orang mengalaminya di dunia. Sudah populer dikenal sebagai penyakit yang cukup menyiksa dan bikin adem panas. Dimana rasa ngilu dapat membawa kesulitan saat makan, saat tidur, mengaji Al Quran bahkan ketika menjalankan pekerjaan.

Dengan timbulnya rasa ngilu yang tajam dan berlangsung dalam waktu singkat ataupun lama saat menikmati makanan atau minuman panas, dingin, tekstur keras, asam serta manis. Maka seseorang akan merasakan sakit yang luar biasa. Bahkan ada yang mengatakan lebih baik sakit hati daripada sakit gigi. Bakteri menyebabkan gula mengeluarkan asam akan menyerang email lapisan pelindung gigi yang disebut email. Jika ini terjadi, maka akan menjalar melalui saluran akar ke syaraf yang menyebabkan peradangan dan perasaan sakit.

Makan sayur dan buah-buahan sangat baik untuk kesehatan manusia dan juga berfungsi sebagai obat herbal secara alami. Buah dan sayur mengandung banyak vitamin dan mineral yang bisa menguatkan gigi dari serangan bakteri jahat di dalam mulut. Untuk perawatan sehari-hari diantaranya ialah menggosoknya memakai kayu siwak atau sikat gigi minimal 2 kali dalam sehari atau 10 menit sesudah makan. Hal tersebut berguna untuk membersihkan kotoran dan plak yang dihasilkan dari sisa makanan. Jika dibiarkan maka akan membusuk dan menjadi sumber penyakit.

Obat Herbal Sakit Gigi Berlubang

obat tradisional sakit gigi yang ampuh

1. Menjaga Kebersihan Gigi dan Gusi
Obat untuk mengatasi sakit gigi berlubang salah satunya adalah garam. Bakteri adalah penyebab utama sakit gigi karena bakteri dapat menyebabkan kerusakan pada gigi dan gusi. Untuk itulah sebaiknya tidak boleh malas membersihkan mulut terutama setalah setelah makan.

2. Obat Alami dengan Jeruk Nipis
Obat herbal untuk mengatasi sakit gigi berlubang salah satunya dengan vitamin C pada sari jeruk juga bisa dicoba. Caranya teteskan sesendok demi sesendok pada bagian gigi yang sakit setiap 10 menit, sampai air sari jeruknya habis.

3. Mengobati Sakit Gigi dengan Garam
Ternyata dibalik rasa asin pada garam ada kandungan yodium yang ternyata bisa meringankan ngilu pada gigi. Caranya adalah melarutkan garam dalam segelas air mineral hangat kemudian diaduk, setelah itu pakailah sebagai mouthwash hingga merasa cukup nyaman dan tak terlalu tersiksa karena rasa sakit gigi.

4. Obat Alami dengan Belimbing Wuluh
Obat untuk mengatasi sakit gigi berlubang salah satunya adalah belimbing wuluh. Caranya Ambil beberapa buah kemudian cuci sampai steril, setelah itu makanlah dengan dicampur garam. Makanlah buah tersebut pelan-pelan dengan memakai gigi yang ngilu dan sakit.

5. Mengobati Sakit Gigi dengan Cengkeh
Cengkeh juga bisa mengurangi rasa sakit pada gigi karena memiliki antioksidan, anti bakteri serta anestesi. Caranya adalah tuangkan sedikit minyak cengkeh ke kapas lalu taruh atau tempelkan pada gigi yang sakit. Bisa juga mencampurkan beerapa tetes minyak tersebut ke dalam segelas air putih untuk digunakan berkumur.

6. Obat Herbal Sakit Gigi Berlubang dengan Bawang Putih
Obat tradisional untuk mengatasi sakit gigi berlubang salah satunya adalah bawang putih yang memiliki sifat antibiotik ini sangat efektif untuk mengurangi rasa sakit yang menyiksa. Caranya ambil satu siung bawang putih tumbuk sampai halus, lalu tambahkanlah garam secukupnya dan oleskan. Ulangi lagi perawatan ini sampai beberapa hari .

7. Mengatasi Sakit Gigi dengan Bawang merah
Obat sakit gigi yang ampuh lainnya adalah bawang merah yang memiliki sifat antiseptik dan antimikroba. Caranya Ambil satu siung bawang merah mentah terus mengunyahnya sempai beberapa menit sampai rasa sakit tersebut menjadi hilang. Namun jika tidak bisa mengunyah, gosoklah pada gigi yang berlubang. Hal tersebut membantu membunuh bakteri di mulut penyebab infeksi.

8. Obat Tradisional Sakit Gigi Berlubang dengan Daun Jambu Biji
Daun jambu biji ternyata juga merupakan obat herbal yang manjur. Caranya adalah cukup mengunyah satu atau dua lembar. Kemudian terus gosoklah pada gigi yang sakit Atau bisa juga masak dan tambahkan garam sampai mendidih 3-5 daun jambu biji pada segelas air.

9. Mengobati Sakit Gigi dengan Lada
Lada adalah salah satu obat herbal yang sangat berguna ketika mengalami sakit gigi. Caranya adalah ambil merica dan garam dengan jumlah yang sama terus campurkan beberapa tetes air untuk membentuk cairan kental. Setelah itu oleskan langsung ke gigi yang sakit dan diamkan selama beberapa menit. Bila perlu, ulangi setiap hari hingga sakit yang disebabkan oleh gigi berlubang tersebut menjadi berkurang.

Obat herbal sakit gigi berlubang mungkin perlu dicoba karena penyakit tersebut bukanlah masalah yang sepele. Tidak sedikit jenis penyakit akibat masuknya bakteri jahat, kemudian masuk ke dalam saluran peredaran darah dan pada akhirnya berinteraksi atau menginfeksi bagian tubuh yang terkena. Bahkan salah satu kasus kematian disebabkan komplikasi penyakit yang awalnya diperkirakan berasal dari bakteri tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.