Apr 112015
 

Minuman beralkohol dan efek sampingnya berkaitan erat dengan main judi serta pergaulan bebas. Seringkali digunakan secara bergantian dengan narkoba. Setelah itu dilanjutkan dengan berbuat zina dan seks bebas. Kerusakan moral dan akhlak di tengah masyarakat disebabkan kurangnya perhatian terhadap agama Islam dan Al Quran sebagai pedoman hidup umat manusia. Zat etanol merupakan zat utama di dalam minuman keras, yaitu bila dikonsumsi akan menurunkan tingkat kesadaran peminumnya atau mabuk. Banyak yang meregang nyawa karena barang haram tersebut.

Minuman keras yang mengandung alkohol beredar bebas di pasaran, baik di mall maupun warung-warung kecil di pinggir jalan. Pada awalnya digunakan orang untuk menghangatkan tubuh. Tapi, lama-kelamaan berubah fungsi membuat orang menjadi tidak sadar dan disalahgunakan untuk mengalihkan pikiran dari permasalahan yang dihadapi. Efek mabuk untuk beberapa saat dan tidak merasakan perasaan apapun, bahkan sampai ada yang telanjang bulat di tengah keramaian. Seolah-olah merasa tenang dan bisa bebas dari persoalan hidup. Padahal membuat masalah makin ruwet.

Minuman Beralkohol dan Efek Sampingnya

efek minuman beralkohol dan khamar

Pesta minuman beralkohol seringkali dilakukan oleh para remaja yang dicampur dengan bahan lain. Istilahnya adalah miras oplosan. Tentu saja efek sampingnya lebih berbahaya lagi, karena tidak sesuai takaran. Bahkan banyak yang mencampurinya dengan spiritus, potas dan obat pembasmi serangga. Ibarat menggali liang kubur sendiri, banyak yang berujung pada mati konyol.

Efek samping minuman keras beralkohol tinggi sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Betapa tidak, sebab akan menyerang saraf manusia dan menghancurkannya secara secara bertahap. Didalamnya terdapat zat adiktif, yaitu zat yang jika dikonsumsi, walau cuma sekali akan membuat orang tersebut merasa ingin terus meminumnya sampai mabuk dan akhirnya kecanduan.

Larangan minuman keras dan khamar dalam Islam diturunkan secara bertahap karena telah menjadi adat kebiasaan yang mendarah daging pada zaman jahiliyah. Pada awalnya Al Quran mengatakan dosanya lebih besar daripada manfaatnya. Lalu seseorang yang mabuk tidak boleh mengerjakan shalat wajib dan sunnah. Akhirnya minum khamar itu termasuk keji dan perbuatan syetan. Untuk itulah sebaiknya orang-orang yang beriman bertaubat minum minuman beralkohol dan khamar tersebut.

minuman alkohol dan khamar menurut Islam

Minuman memabukkan yang mengandung alkohol tidak baik untuk kesehatan. Karena mengandung etanol yang lebih tinggi. Bisa dihasilkan melalui proses distilasi terhadap produk yang dihasilkan melalui proses fermentasi, dengan cara mencampur produk hasil fermentasi dengan produk hasil distilasi. Berikut adalah beberapa hal mengenai minuman beralkohol dan efek sampingnya:

1. Mabuk Minuman Beralkohol
Efek mabuk dan teler yang bisa menyebabkan penurunan kesadaran dan konsentrasi. Banyak kejadian kecelakaan dijalan dan memperkosa anak kandung sendiri karena akibat miras oplosan.

2. Minuman Keras Mengundang Banyak Penyakit
Dalam jangaka panjang akan menyebabkan terserang berbagai penyakit. Misalnya jantung, stroke, insomnia, kerusakan hati, kanker saluran pencernaan dan banyak lagi. Hal ini sangat berbahaya bagi seseorang.

3. Saraf Error
Efek samping minuman beralkohol selanjutnya adalah kerusakan saraf. Sebab mengandung zat adiktif yang membuat ketergantungan, para peminumnya akan terus-menerus teler dan mabuk. Manusia akan hilang kesadaran dan akal sehatnya serta error pikirannya.

4. Gangguan Ibu Hamil
Orang normal saja tidak boleh meminum minuman beralkohol golongan apapun, apalagi seorang wanita hamil. Jika ibu hamil mengkonsumsinya dan mabuk, maka yang terjadi kemudian adalah bayinya akan lahir cacat. Janin menerima nutrisi dari apa yang dimakan/diminum emaknya. Jika ibu hamil menenggak miras, maka alkohol akan masuk ke dalam tubuh dan akhirnya ikut terserap oleh si janin. Selain itu juga akan merusak sel-sel janin yang masih muda, sehingga bayi akan rusak dan terlahir cacat.

5. Gagal Jantung
Dampak lainnya adalah gangguan jantung. Tanda yang paling banyak dirasakan adalah detak jantung terasa cepat (berdebar-debar) dan melemah. Di bagian dada akan terasa sesak, menghembuskan dan menarik nafas juga seperti tersumbat. Jika dibiarkan terus-menerus akan menyebabkan kematian. Mabuk miras yang memiliki kemampuan untuk merusak sel-sel tubuh, termasuk organ jantung. Sehingga kinerja jantung pun akan terganggu dan tidak optimal.

6. Gangguan Metabolisme Tubuh
Akibat minuman alkohol berikutnya adalah mengganggu proses metabolisme tubuh manusia. Pada umumnya, salah satu organ yang paling banyak mengalami kerusakan ialah hati. Disebut juga liver. Sel-sel hati yang rusak akan membuat kinerja menurun. Karena hati adalah organ yang fungsinya menyerap dan menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Jika rusak, maka racun di dalam tubuh akan menyebar dan mengakibatkan kesehatan menurun.

7. Pembuka Pintu Kejahatan Lain
Mabuk minuman beralkohol dan efek samping yang terparah adalah membuka pintu kejahatan lain. Beberapa kasus pembunuhan, pemerkosaan, pesta seks, merampok dan banyak lagi disebabkan oleh miras yang dikonsumsi.

Untuk melengkapi artikel tentang minuman beralkohol dan efek sampingnya, terkadang pengaruh teman pergaulan bisa membuat seseorang tertarik untuk mencoba mabuk miras. Dengan usaha kuat menjauhinya melalui nasihat para Ulama, Kyai ataupun Ustadz yang berakhlak mulia. Sebagai upaya agar tidak terjatuh ke lingkaran syetan dan dosa yang lebih besar.

 Leave a Reply

(required)

(required)