Manfaat Kopi Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Posted on

Manfaat kopi untuk kesehatan dan kecantikan sebagai antisipasi di tengah ancaman makanan minuman yang akan membahayakan tubuh. Memiliki cita rasa serta aroma yang khas ini membuat kopi menjadi minuman primadona. Berbagai macam jenis yang telah diproduksi di dunia, sebut saja Arabika, Robusta, Bourbon, Catturra, Typica, dan juga Catimor. Akan tetapi dari semua jenis tersebut, Arabika dan Robustalah yang bisa dibilang paling terkenal. Selain itu, Indonesia merupakan salah satu penghasil biji kopi terbesar dan juga negara yang memiliki jenis terbanyak di dunia.

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat minum kopi untuk kesehatan dan kecantikan bisa diperoleh secara maksimal asalkan tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. Sebagai salah satu jenis minuman yang paling populer di dunia selain teh, saat ini sudah menjadi tradisi bahkan gaya hidup. Citra kopi cukup mentereng sebagai minuman yang berkhasiat, apalagi dengan adanya tempat nongkrong mewah semacam Starbuck maupun The Coffee Bean and Tea Leaf yang bertebaran di kota-kota besar Indonesia.

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

1. Kopi Meningkatkan Kecerdasan
Manfaat kopi untuk kesehatan, yang pertama adalah meningkatkan kecardasan. Kafein dari kopi akan diserap darah dan sampai ke otak, di mana kafein akan bekerja memblokir adenosine sehingga neurotransmitters seperti norepinephrine dan dopamine bertambah. Alhasil, otak bisa bekerja maksimal. Kopi juga mendukung fungsi kognitif otak sehingga ingatan lebih kuat, mempertajam emosi, meningkatkan kewaspadaan, serta fungsi kognitif otak.

2. Kopi Bermanfaat Bikin Tubuh Lebih Bertenaga
Kafein dapat meningkatkan epinephrine atau kadar adrenalin dalam darah yang membuat tubuh lebih bertenaga. Pasalnya, kafein bisa menghancurkan sel lemak dalam darah dan mengubah lemak menjadi energi yang memberi tenaga bagi tubuh. Meminum secangkir kopi murni tanpa gula setengah jam sebelum berolahraga dapat membuat Anda lebih kuat menghadapi latihan fisik yang intens.

3. Dapat Menurunkan Risiko Diabetes Tipe II
Manfaat kopi untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu menurunkan 25 persen resiko terkena diabetes tipe II. Kandungan kromium dan magnesium dapat membantu menekan resiko diabetes tipe II. Meskipun demikian bagi anda yang mengkonsumsi kopi sebaiknya memperhatikan jumlah gula yang digunakan dalam kopi anda.

4. Kopi Bermanfaat Membakar Lemak
Suplemen pembakar lemak hampir selalu pasti mengandung kafein. Kafein merupakan bahan alami yang telah terbukti dalam berbagai penelitian sanggup membantu membakar lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh hingga 3 – 11%. Namun, manfaat membakar lemak ini bisa saja tidak terlalu efektif pada orang yang sudah lama meminum kopi.

5. Menurunkan Risiko Alzheimer dan Parkinson
Manfaat minum kopi untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu anda dalam berkonsentrasi dan memperlambat timbulnya penyakit neurodegenerative. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa wanita yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi kopi memiliki risiko sampai 60 persen lebih rendah dari Alzheimer dan demensia.

6. Kopi Bermanfaat Menangkal Kanker Kulit
Kopi tidak saja membuat anda memiliki suasana hati yang baik akan tetapi dapat membantu melawan penyakit yang berbajaya seperti kanker . Resiko kanker kulit dapat diturunkan dengan mengkonsumsi kopi dengan porsi yang tepat. Wanita yang minum dua cangkir dalam sehari jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker kulit dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.

7. Mencegah Stroke
Manfaat kopi untuk kesehatan, yang terakhir adalah mencegah stroke. Meskipun meminumnya bisa meningkatkan tekanan darah, tapi jumlahnya hanya dalam skala kecil saja dan tekanan darah akan normal kembali jika Anda teratur meminum kopi. Artinya, kopi bukan penyebab utama penyakit jantung dan justru dapat mencegah stroke. Tapi, tetap waspadai dan batasi kandungan kafein yang dikonsumsi.

Manfaat Kopi Untuk Kecantikan

Manfaat Kopi Untuk Kecantikan

1. Menyegarkan Kulit Tubuh
Manfaat kopi untuk kecantikan, yang pertama adalah memaksimalkan pelepasan sel-sel kulit mati yang berdampak pada peremajaan kulit, sehingga kulit tampak selalu sehat dan bercahaya. Cukup gunakan scrub berbahan kopi untuk perawatan kulit secara teratur.

2. Kopi Bisa Melangsingkan dan Menghaluskan Kulit
Sebelum menggunakan kopi, sebaiknya sikatlah tubuh dengan menggunakan sebuah sikat khusus tubuh, kemudian balurkan kopi yang ditumbuk kasar ke seluruh bagian tubuh dan gosoklah secara perlahan-lahan sebagai scrub. Di India, kebiasaan ini dipercaya dapat melangsingkan tubuh bila dilakukan secara teratur, karena kandungan kafein yang terdapat dalam kopi dapat menghancurkan sel lemak.

3. Menyegarkan Wajah
Buatlah segelas kopi, lalu masukkan ke dalam cetakan es batu, kemudian bekukan ke dalam freezer hingga beku. Setelah kopi membuka potonglah es kopi tersebut, setelah itu usaplah ke bagian wajah seperti memakai lotion. Cuci bersih wajah menggunakan air bersih, dan rasakan wajah akan terasa kembali segar.

4. Kopi Berkhasiat Mengencangkan Kulit
Manfaat kopi untuk kecantikan berikutnya adalah mengencangkan kulit. Cucilah kulit wajah terlebih dahulu dengan kapas yang telah dibasahi dengan larutan kopi yang telah diseduh. Selain bermanfaat untuk mengencangkan kulit wajah, larutan kopi yang dijadikan lotion tadi dapat menghilangkan kecoklatan pada kulit wajah dan tubuh.

5. Khasiat Kopi Membuat Rambut Hitam Alami
Campurkan 2 kuning telur, 1 sendok rum dan 2 sendok air hangat, kemudian tambahkan dengan 1 sendok kopi bubuk dan minyak sayur, lalu aduk hingga rata. Setelah itu oleskan masker tersebut ke bagian rambut dan diamkan selama kirang lebih 5 menit dan bilas dengan air hangat. Selain itu, kandungan kafein pada kopi menjadikannya sebagai anti kerontokan. Antioksidan disini yang berperan aktif untuk menjaga kulit kepala.

6. Menjadikan Kopi untuk Body Massage
Campurkan kopi dengan kakao butter atau mentega biasa, setelah itu pijatlah perlahan-lahan ke seluruh bagian tubuh hingga rata. Cara ini dapat bermanfaat untuk menghaluskan kulit, memelihara kulit, melembapkan dan mencegah keriput.

7. Pedicure dan Manicure
Manfaat kopi untuk kecantikan berikutnya adalah sebagai pedicure dan manicure. Aromaterapik bubuk kopi membantu membersihkan siku hitam dan tumit kakai yang retak. Selain itu kopi ternyata juga dapat digunakan untuk meningkatkan kekencangan kulit tubuh serta untuk membantu menjaga penuaan dini.

8. Menangkal Radikal Bebas
Kopi mengandung dua zat anti oksidan yaitu flavonoid dan polifenol yang dapat mencegah radikal bebas. Kulit wajah yang terpapar radikal bebas akan mengalami penuaan dini. Untuk itu penggunaan kopi yang mengandung anti oksidan dapat mencegah kulit menjadi keriput sebelum waktunya (penuaan dini) dengan menjaga asupan antioksidan di dalam tubuh.

9. Sangat Baik untuk Diet
Manfaat kopi untuk kecantikan, yang terakhir adalah untuk diet. Kopi hitam tanpa gula akan menjadi minuman yang rendah kalori. Anda bisa membuat minuman ini untuk mendukung program diet. Tak perlu merasa khawatir karena tidak ada gula dalam kopi sehingga kalori yang ditemukan juga rendah. Bila menambah gula atau krim, maka akan meningkatkan lemak dan kalori sehingga bisa meningkatkan berat badan. Jadi, lebih baik tetap minum kopi pahit tanpa gula.

Demikianlah beberapa manfaat kopi untuk kesehatan dan kecantikan. Oleh karena itu, rasanya jadi sangat unik dan membuat orang ketagihan untuk meminumnya sepanjang hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *