Manfaat buah pisang yang menakjubkan

Manfaat Buah Pisang Yang Menakjubkan

Posted on

Manfaat buah pisang yang menakjubkan semakin terkenal di kalangan masyarakat yang menganut pola hidup sehat. Bukan saja digunakan sebagai pencuci mulut ketika sehabis makan, tidak sedikit pula yang menggunakannya sebagai bahan untuk perawatan kecantikan wajah dan kesehatan. Selain rasanya yang enak, juga mengandung banyak karbohidrat, vitamin, mineral, kalium, dan sekaligus obat herbal. Sehingga cukup baik untuk dijadikan sebagai sebagai penunjang program diet Anda.

Manfaat buah pisang yang kaya akan zat gizi dan mineral. Merupakan salah satu buah yang mengandung serat untuk proses memperlancar pencernaan. Bisa dibeli di pasar, baik pasar-pasar tradisional maupun pasar-pasar modern yang semakin banyak bermunculan saat ini. Apalagi saat ini sudah semakin banyak bermunculan lapak khusus yang hanya menjual buah-buahan segar, disebabkan kesadaran masyarakat sekarang yang menjalani gaya hidup sehat.

Manfaat Buah Pisang yang Menakjubkan

Manfaat buah pisang yang menakjubkan

Hampir semua orang menyukai buah pisang karena rasanya manis dan enak. Bentuknya lucu, warnanya pun begitu menarik. Pisang dapat dimakan langsung sebagai buah segar, bisa juga diolah menjadi berbagai macam makanan olahan seperti campuran kolak dan keripik. Biasanya dimakan mentah mentah, dan tentu saja bukan berarti memakan yang masih mentah, jika mencicipi yang matang dan ranum maka bisa dinikmati. Berikut ini adalah segudang manfaat buah pisang yang menakjubkan:

1. Menghilangkan Jerawat
Manfaat buah pisang yang pertama adalah membuat kulit wajah menjadi lebih halus dan bebas dari jerawat. Merupakan anti bakteri natural dan sangat baik dalam mengobati noda hitam pada kulit dan jerawat. Antioksidan dan vitamin yang dikandung buah pisang juga berguna untuk mencegah penuaan dini pada kulit.

2. Sumber Energi
Kandungan karbohidrat yang terkandung dalam pisang dapat menjadi sumber energi untuk manusia. Pisang mengandung tiga jenis gula alami: fruktosa, glukosa, dan sukrosa, yang dapat dengan cepat diubah menjadi energi.

3. Menurunkan Berat Badan
Manfaat buah pisang untuk menurunkan berat badan. Bagi yang bermasalah dengan kondisi berat badan, maka dengan rutin mengkonsumsi buah pisang untuk membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan, buah pisang memiliki kandungan kalori yang relatif kecil.

4. Menyehatkan Jantung
Manfaat buah pisang selanjutnya adalah untuk mencegah penyakit jantung, sebab mengandung vitamin C dan flavonoid yang bersifat antioksidan serta dapat mencegah proses oksidasi lemak. Kalium yang terkandung dalam buah pisang merupakan suatu tonik yang baik bagi untuk kesehatan jantung. Ketika kalium masuk ke dalam tubuh, akan langsung ke dalam aliran darah melalui dinding usus. Kalium berjalan disekitar sel-sel di seluruh tubuh dan larut dalam cairan sel. Proses ini terus mengalir di seluruh sistem tubuh, yang diperlukan untuk membuat jantung tetap berdetak. Serat pektin berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol.

5. Memperlancar Pencernaan
Mengkonsumsi buah pisang dengan rutin dapat membantu sistem kinerja pencernaan untuk dapat lebih baik lagi. Sehingga pada akhirnya berbagai nutrisi dari makanan yang dikonsumsi dapat diserap dan digunakan tubuh secara optimal. Pisang dapat digunakan sebagai obat sembelit yang alami. Buah ini dapat berfungsi untuk membantu memperlancar buang air besar. Dengan mengkonsumsi pisang untuk menghindari mengerasnya feses yang merupakan gejala awal sembelit.

6. Mengatasi Insomnia
Manfaat buah pisang berikutnya adalah membantu mengatasi susah tidur atau insomnia. Mengandung zat yang kaya akan asam amino yang dikenal sebagai Tryptophan. Zat ini memicu produksi melatonin (hormon tidur) yang menginduksi tidur. Konsumsilah beberapa jam sebelum waktu tidur menjamin tidur malam yang rileks.

7. Mengobati Sakit Maag
Buah pisang dijadikan sebuah solusi pada saat tubuh terserang maag. Memiliki kandungan zat penangkal asam dalam tubuh dan sehingga dapat meredakan maag. Mempunyai efek anti-asam yang menenangkan perut dan meredakan rasa perih di perut. Selain itu juga bisa melawan ulkus (luka berbentuk bulat atau oval yang terjadi pada lambung) dengan mengurangi keasaman dan iritasi pada lambung.

8. Melancarkan Peredaran Darah
Manfaat buah pisang memiliki kandungan kalium dan potasium yang bermanfaat untuk membantu sirkulasi tubuh. Pada akhirnya peredaran oksigen ke otak menjadi lebih lancar. Kalium juga dapat berfungsi untuk membantu melancarkan denyut jantung, mengurangi resiko terserang stroke, dan mengatur tekanan darah.

9. Mengandung Zat Besi
Buah pisang memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga cocok untuk penderita anemia. Senyawa ini juga penting dalam pembuatan hemoglobin dalam tubuh. Manfaat buah pisang untuk mengatasi kekurangan sel darah merah atau anemia. Hal ini karena merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan mangan yang cukup tinggi.

10. Menghaluskan Kulit
Memiliki wajah yang cerah, bersih serta putih tentunya sangat didambakan setiap orang. Tentunya dengan cara ini anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal serta kulit lebih aman. Kulit tampak kotor dan berminyak salah satunya disebabkan sel kulit mati yang menumpuk pada wajah. Namun dengan makan buah pisang, maka dapat mudah untuk menghaluskan kulit.

Manfaat buah pisang yang menakjubkan bisa diperoleh bagi yang menginginkannya. Mengingat banyaknya zat gizi yang terkandung didalamnya. Dengan bentuk bulat panjang, berwarna kuning, rasa yang manis segar, dan memiliki kadar serat yang cukup tinggi, membuat buah ini cukup banyak peminatnya. Berguna untuk membangun jaringan dalam tubuh dan memperbaikinya jika mengalami kerusakan. Hal ini akan membuat tubuh tetap sehat secara alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.