Ayat Al-Quran Tentang Sabar

Kumpulan Ayat Al-Quran Tentang Sabar

Posted on

Kumpulan ayat Al-Quran tentang sabar sangat besar perannya sebagai pegangan dalam menjalani kehidupan di dunia yang fana ini. Berdasarkan pengalaman, biasanya cobaan muncul akibat ketidaksesuaian antara rencana dan realitas, antara harapan dan kenyataan. Bila sudah demikian, maka berpotensi untuk tidak ikhlas, stres, emosi tinggi dan mudah marah. Walaupun begitu, satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah cinta dan kasih sayang. Semua yang terjadi sudah ditentukan oleh Allah Ta’ala. Bahkan, daun yang jatuh sekalipun tidak luput dari ketentuan yang sudah digariskan-Nya.

Kutipan ayat Al-Quran tentang sabar dan ikhlas, memiliki kedudukan yang tinggi lagi istimewa. Merupakan kunci memperoleh akhlak mulia dan penghilang seluruh kegelapan, kesulitan, dan penderitaan, sebab ketabahan merupakan cahaya yang menerangi kehidupan. Cobaan kehidupan merupakan refleksi bahwa kita merupakan orang yang diberi kemampuan dan tanggung jawab untuk bisa menghadapi dan membereskannya. Prasangka buruk, waswas, dan perasaan gelisah akan hilang digantikan oleh pikiran positif dan rasa damai.

Ayat Al-Quran tentang sabar mempunyai arti penting dalam menghadapi berbagai permasalahan hidup yang seringkali dikeluhkan oleh manusia adalah mengenai materi yang membuat manusia sering merasa kekurangan. Dengan adanya persoalan tersebut, justru seharusnya manusia merasa gembira karena Tuhan memberikan perhatian lebih kepada kita sebagai umat-Nya.

Kesabaran juga mempunyai dimensi untuk merubah sebuah kebiasaan, baik yang bersifat pribadi maupun sosial, menuju perbuatan agar lebih baik lagi. Seperti halnya tabah atas godaan maksiat, menahan hawa nafsu, istiqomah membaca ayat suci Al Quran dan tidak melakukan larangan-larangan Allah Swt yang mengakibatkan dosa besar.

Dalam kitab suci Al Quran, sabar bisa juga berarti tekun dan tidak bermalas-malasan dalam menjalani sebuah proses panjang menuju kesuksesan. Seperti seorang pengusaha atau pebisnis yang bersungguh-sungguh dan fokus hingga menuai semua yang diusahakan. Contoh lainnya dalam dunia ilmu dan pendidikan adalah pelajar yang dengan pantang menyerah hingga mencapai gelar sarjana. Itulah jalan panjang demi menggapai segala impian.

Kumpulan Ayat Al-Quran Tentang Sabar

Ayat Al-Quran Tentang Sabar

Ketika manusia mendapatkan kebaikan, limpahan rezeki, kesenangan dan lain sebagainya, sebaiknya direfleksikan dalam bentuk syukur, karena hal tersebut merupakan anugerah Allah Ta’ala. Sebaliknya, bila mendapatkan suatu musibah, bencana, galau, sedih, kemalangan dan hal-hal tidak enak lainnya, hendaknya selalu tabah. Karena hal tersebut merupakan kenyataan sekaligus cobaan yang tentunya terdapat rahasia kebaikan dan pahala. Sehingga refleksinya adalah mengembalikan semua urusan kepada Allah SWT. Berikut ini beberapa kumpulan ayat Al-Quran tentang sabar:

  1. “Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersabar.” (An-Nahl: 96)
  2. “Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.” (Al-Baqarah: 45).
  3. “Maka bersabarlah kamu seperti orang-orang yang mempunyai keteguhan hati dari rasul-rasul telah bersabar dan janganlah kamu meminta disegerakan (azab) bagi mereka. Pada hari mereka melihat azab yang diancamkan kepada mereka (merasa) seolah-olah tidak tinggal (di dunia) melainkan sesaat pada siang hari. (Inilah) suatu pelajaran yang cukup, maka tidak dibinasakan melainkan kaum yang fasik.” (Al-Ahqaf: 35)
  4. “Dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berbantah-bantahan, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatanmu dan bersabarlah. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.“ (Al-Anfal: 46)
  5. “(Yaitu) orang-orang yang apabila menimpa kepada mereka suatu musibah, mereka berkata: Sesungguhnya kita ini dari Allah, dan sesungguhnya kepada-Nyalah kita semua akan kembali. Mereka itu akan dikaruniakan atas mereka anugerah-anugerah dari Tuhan mereka dan rahmat, dan mereka itulah orang-orang yang akan mendapat petunjuk.” (Al-Baqarah: 156-157).
  6. “Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami dan wafatkanlah kami dalam keadaan berserah diri (kepada-Mu).” (Al-A’raf: 126).
  7. “Sesungguhnya hanya orang-orang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (Az-Zumar: 10)
  8. “Maka bersabarlah kamu untuk (melaksanakan) ketetapan Tuhanmu.” (Al-Insaan:24)
  9. “Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya.” (Al-Kahfi:28)
  10. “Dan sungguh Kami benar-benar akan menguji kalian, sehingga Kami mengetahui orang-orang yang bersungguh-sungguh dalam agama Allah dan orang-orang yang bersabar di antara kalian.” (Muhammad: 31).
  11. “Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya.” (Toha: 132)
  12. “Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (Al-Baqarah: 153)
  13. “Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kalian dan kuatkanlah kesabaran kalian dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negeri kalian) dan bertakwalah kepada Allah supaya kalian beruntung.” (Ali ‘Imran: 200)
  14. “Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, saling menasehati supaya mentaati kebenaran dan saling menasehati supaya menetapi kesabaran.” (Al-Ashr: 2-3)

Kumpulan ayat Al-Quran tentang sabar merupakan tuntunan bagi manusia untuk menghadapi kerasnya kehidupan. Hal yang harus dilakukan adalah senantiasa melatih diri dan berusaha dengan maksimal, yaitu selalu mendekatkan diri kepada Allah Swt.

One thought on “Kumpulan Ayat Al-Quran Tentang Sabar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.