Belajar Mengaji Al-Quran

Kiat Mudah Belajar Mengaji Al-Quran Bagi Pemula

Posted on

Kiat mudah belajar mengaji Al-Quran bagi pemula, Allah menjadikan Al-Quran sebagai rukun iman yang ke-empat setelah beriman kepada Rasul. Beriman berarti tidak hanya mengetahui saja, tetapi juga wajib dibaca dan diamalkan ke dalam kehidupan kita sehari-hari. Selain merupakan kitab suci yang mengatur segala seluk-beluk kehidupan yang dijalani manusia, namun juga membahas akhlak mulia, dosa dan pahala, serta kewajiban menaati dan menyembah Allah SWT Yang Maha Sempurna.

Belajar membaca Alquran hendaknya secara perlahan-lahan serta hati-hati dengan memperhatikan setiap huruf dan harokatnya. Membaca secara perlahan-lahan ini diharapkan agar pembaca memperhatikan dengan baik lafal yang ada dalam Alquran tersebut yang juga harus sesuai dengan tajwidnya. Karena ketika salah melafalkan satu huruf saja, maka makna yang ditimbulkan pun bisa menjadi berbeda.

Kiat Mudah Belajar Mengaji Al-Quran Bagi Pemula

Belajar Mengaji Al-Quran

Fase anak-anak adalah fase emas untuk proses belajar. Anak-anak cenderung bisa mempelajari sesuatu dengan mudah dan cepat. Pada fase ini, sangat penting bagi orang tua untuk mengajari anaknya belajar baca Al-Quran. Sebagaimana sistem belajar pada umumnya, orang tua juga harus mengajari anaknya membaca Alquran dengan serius dan sungguh-sungguh. Berikut ini kiat mudah belajar mengaji Al-Quran bagi pemula:

1. Niat
Hal yang pertama kali harus anda lakukan ketika ingin belajar membaca Alquran adalah niat. Tanamkan kuat-kuat dalam hati anda bahwa membaca Alquran itu mudah. Seperti firman Allah dalam surat Al-qomar ayat 17 yang berarti “Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Alquran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?” Jadi yakinilah bahwa belajar Alquran itu mudah.

2. Mengenal Huruf Hijaiyah
Selanjutnya, belajarlah mengenali huruf hijaiyyah satu demi satu dengan sabar, hafalkan bentuknya terlebih dahulu secara bertahap dan belajarlah cara melafalkannya. Dalam Alquran ada juga yang dinamakan harakat, harakat ini adalah pasangan untuk huruf hijaiyyah agar bisa dibaca.

3. Menghafal Huruf Hijaiyah
Setelah menguasai huruf hijaiyyah beserta harokatnya, anda bisa memulai belajar membaca satu kata demi satu kata. Pelajarilah dengan sabar dan seksama, anda boleh memakai huruf latin dahulu untuk belajar melafalkannya. Anda harus benar-benar lancar dan hafal.

4. Baca Juz Amma
Setelah mulai lancar membaca kata demi kata dalam huruf hijaiyyah, selanjutnya anda bisa memulai membaca juz Amma. Juz Amma adalah juz ke 30 atau juz terakhir dalam Alquran. Ayatnya cenderung pendek-pendek dan cukup mudah dibaca bagi pemula.

5. Ulangi Sampai Lancar
Belajar mengaji Al-Quran bagi pemula, tentu masih banyak kesalahan-kesalahan. Hal tersebut adalah wajar, ulangi membaca surat-surat pendek Al-Quran sampai lancar. Minimal 3 kali.

6. Belajar Ilmu Tajwid Al-Quran
Sembari anda belajar membaca juz Amma, anda juga bisa sekalian belajar ilmu Tajwid. Ilmu Tajwid adalah ilmu yang membahas mengenai bagaimana cara melafalkan huruf-huruf, hubungan antar huruf, panjang dan pendek huruf ketika membaca Alquran.

Membaca Al-Qur’an yang terpenting adalah tajwid. Hal ini dikarenakan, apabila tajwid tidak dipergunakan saat mengaji Al-Quran, bacaan akan berubah arti. Firman Allah Azza wa Jalla: “Dan kami membacanya dengan tartil (teratur dengan benar).” (Al Furqan: 32). Ayat tersebut merupakan bentuk sanjungan atau pujian allah kepada kaumNya yang telah membaca Al-Qur’an dengan sempurna.

7. Perbanyak Membaca Al-Quran
Dengan memperbanyak baca Al-Quran tiap hari minimal 1 juz, maka akan terbiasa dengan sendirinya. Jika sudah terbiasa maka menjadi lebih mudah.

Catatan:
Belajar mengaji Al-Quran tidak akan maksimal tanpa bimbingan orang yang ahli dibidang Al-Quran. Karena dibutuhkan seseorang yang dapat mengkoreksi letak kesalahannya dimana ketika mengaji, sehingga bisa memperbaiki kualitas bacaan Al-Quran.

Demikianlah postingan singkat tentang kiat mudah belajar mengaji Al-Quran bagi pemula, tetep semangat dan pantang menyerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.