model baju putih

Keutamaan Model Baju Putih di Agama Islam

Posted on

Keutamaan model baju putih di agama Islam, sebagai salah satu kebutuhan hidup sehari-hari, pakaian tak bisa dilupakan begitu saja bagi umat manusia. Kegemaran orang terhadap suatu warna tertentu bisa menjadi gambaran singkat mengenai kepribadiannya. Di dalam ilmu warna, putih dianggap bisa mempresentasikan kehadiran seluruh gelombang warna dengan proporsi yang seimbang, seperti fashion hijab style misalnya. Sementara itu, warna hitam diartikan sebagai ketidakhadiran seluruh jenis gelombang warna tersebut.

Model baju putih sangat beragam jenisnya. Ada yang berlengan pendek, dan juga berlengan panjang, serta medium. Banyak juga model pakaian putih kasual, atasan, model baju putih hijab dan banyak lagi. Di dalam kehidupan, warna ternyata dapat memberikan kesan dan identitas baru bagi suatu kondisi sosial. Warna putih misalnya memberi kesan suci, bersih, dan murni.

Disunnahkan berhias ketika hendak shalat, terutama pada hari Jum’at dan hari ‘Id. Dan juga memakai wewangian dan bersiwak, karena karena hal tersebut bagian dari kesempurnaan agama Islam. Dan yang lebih utama adalah memakai model baju berwarna putih, sebagaimana firman Allah Ta’ala di Al-Quran, “Wahai anak cucu Adam, pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) Mesjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan”. (Al-A’raf:31).

Keutamaan Model Baju Putih di Agama Islam

model baju putih

Para pengguna model baju putih memberikan kesan berkepribadian sempurna. Secara alami mereka sudah memiliki sifat yang anggun, karismatik, sifat idealis, dan menjunjung nilai-nilai akhlak mulia dan moral yang sangat tinggi serta jujur. Senantiasa bersikap rendah hati pada orang lain dan selalu dengan senang hati membantu orang-orang yang membutuhkan pertolongan.

Model baju muslim maupun model baju anak masing-masing warnanya memberikan pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan dan pribadi manusia. Tidak hanya sebagai penghias yang memberi warna kehidupan namun juga memberikan dampak psikologis bagi manusia yang memakainya. Dibawah ini adalah beberapa keutamaan model baju putih di agama Islam:

– Dari Ibnu ‘Abbas r.a , Rasulullah SAW bersabda: pakailah oleh kalian dari pada pakaian-pakaian kalian yang berwarna putih. Karena sesungguhnya pakaian berwarna putih itu adalah pakaian terbaik kalian, dan kafanilah dengannya orang yang meninggal diantara kalian. (HR. Abu Dawud, at-Tirmidzi, Ahmad bin Hambal, at-Thabrani, Ibnu Hibban, dan ‘Abdu Razzaq).

-Dianjurkan untuk umat Muslim yang sedang ihram memakai model baju putih, akan tetapi juga disunnahkan untuk dipakai saat selain ihram berdasarkan hadits Rasulullah Saw, “pakailah oleh kalian pakaian berwarna putih. Sesungguhnya ia adalah pakaian terbaik kalian, dan kafanilah dengannya orang yang meninggal diantara kalian. Dan pada hadits lain, pakailah oleh kalian baju warna putih. Sesungguhnya pakaian yang berwarna putih itu adalah pakaian yang paling suci dan yang terbaik, dan kafanilah dengannya orang yang meninggal diantara kalian”. (Syekh Muhammad bin ‘Abdillah al-Kharasyi al-Maliki, Syarah Mukhtashar Khalil, Juz 8, hal 88)

-Dari Samurah bin Jundab r.a, sesungguhnya Rasulullah Saw. Bersabda.: Hendaklah kalian memakai pakaian berwarna putih untuk dipakai semasa hidup kalian, dan kafanilah dengannya orang yang meninggal diantara kalian karena sesungguhnya itu adalah pakaian terbaik kalian. (HR. an-Nasa’i, al-Hakim, Ahmad bin Hambal, dan ath-Thabrani).

-Rasulullah Saw telah bersabda: sesungguhnya Allah Ta’la menyukai pakaian berwarna putih, dan sesungguhnya Dia menciptakan surga itu putih.( Syekh ‘Abdullah bin Mahmud al-Mausuli al-Hanafi, al-Ikhtiyar lita’lil al-mukhtar, juz 4, hal 190)

-Ketahuilah sesungguhnya pakaian (model baju putih) yang bagus dihari Jum’at adalah yang disunnahkan. Akan tetapi hal tersebut bukan hanya terbatas pada hari Jum’at atau hari tertentu saja, namun disunnahkan pada setiap melaksanakan shalat. (Syekh Ahmad ash-shawi al-Maliki, Bulghah as-salik, juz 1, hal 331)

-Baju terbaik dari yang berwarna putih dan hijau. Karena keduanya adalah pakaian Rasulullah Saw. Dan yang paling utama adalah memakai (pakaian berwarna putih, karena ia adalah sebaik-baik pakaian) dan setelahnya adalah hijau, yang berlaku pada setiap zaman selama tidak ada ‘udzur. (Syekh Nawawi al-Bantani, Tausyih ‘ala Ibni Qasim)

-Seyogyanya bagi orang-orang agar memakai pakaian yang paling baik, khususnya pada saat shalat, dan yang paling afdhal adalah pakaian berwarna putih.(Syekh Muhammad bin ‘Abdillah al-Kharasyi al-Maliki, Syarah Mukhtashar Khalil)

-Dari Samurah bin Jundab r.a, sesungguhnya Rasulullah Saw bersabda, “pakailah oleh kalian dari pada pakaian-pakaian kalian yang berwarna putih. Karena sesungguhnya pakaian berwarna putih itu adalah pakaian yang paling suci dan yang terbaik, dan kafanilah dengannya orang yang meninggal diantara kalian. (HR. an-Nasa’i, at-Tirmidzi, Ahmad bin Hambal, al-Baihaqi, at-Thabrani, Ibnu Majah, Ibnu Syaibah, dan Malik)

Itulah postingan tentang keutamaan model baju putih di agama Islam, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.