Keunikan Kucing yang Mengagumkan

Posted on
  1. Kucing memiliki face yang mirip bayi ketika tidur. Beberapa juga sering meletakkan cakarnya di dada. Mereka tahu bagaimana cara untuk rileks. Kucing juga bisa bersin-bersin layaknya manusia. Meskipun kadang-kadang rewel, namun cepat belajar. Dengan mata penuh rasa ingin tahu dan telinga tirus, kucing jelas adalah hewan yang sangat imut untuk dijadikan peliharaan.
  2. Mereka berkedip dan mempersempit mata saat ingin membuat kontak mata. Untuk berteman dengan kucing asing, mereka akan berkedip dan berpaling ketika kucing lain menangkap matanya.
  3. Mereka tidak buta warna dan mampu melihat warna oranye, ungu, kuning, serta yang lain dengan jelas. Selain itu penglihatan mereka juga sangat tajam di malam hari.
  4. Memeluknya selalu bisa membuat hati senang. Apalagi jika kucing ras yang biasanya memiliki bulu super lembut. Ketika nanti sudah dekat dengan Anda, dia akan jadi teman pelipur bad mood yang ampuh.
  5. Kucing selalu mendarat dengan kakinya. Jika akan terjatuh, mereka akan memutar kepala dan seluruh tubuhnya sedemikian rupa sampai akhirnya benar-benar jatuh dengan menggunakan kakinya.
  6. Kucing suka tidur siang, tetapi jika mereka sedang santai dan memasuki tidur yang lebih dalam, mereka menghasilkan pola gelombang pada otak. Sama yang seperti yang dilakukan manusia saat bermimpi. Mereka tidur sekitar 16-20 jam per hari. Tapi juga disiplin. Aktif saat subuh dan senja menjelang, bukan tengah malam seperti yang dianggap oleh kebanyakan orang.
  7. Lebih dari 60 persen kucing sebenarnya bisa menggunakan kaki kiri maupun kanannya sekaligus. Jika akan terjatuh, mereka akan memutar kepala dan seluruh tubuhnya sedemikian rupa sampai akhirnya benar-benar jatuh dengan menggunakan kakinya.
  8. Kucing dewasa yang berahi akan terus-menerus menghasilkan keturunan. Mereka bahkan layak diberi sebutan mesin bayi, sebab setelah melahirkan kucing akan langsung minta kawin lagi.
  9. Suka bermain-main dan seolah tidak pernah kehabisan tenaga ketika mereka aktif, meskipun ada beberapa saat dimana kucing juga gemar bermalas-malasan. Manfaatkan saja apa yang ada, seperti kotak kardus bekas atau tali yang bisa dimainkan kucing. Bermain dengan kucing juga akan meningkatkan ikatan antara majikan dan binatang peliharaan. Apabila kucing sudah mulai memanjat dan melompat, itu berarti mereka sedang menunjukkan rasa ingin tahu mereka pada sesuatu hal. Kucing bisa sangat angkuh namun juga nakal, lucu, dan konyol. Satu-satunya hewan peliharaan yang mampu menunjukkan ketiga sifat tersebut adalah kucing.
  10. Salah satu kebiasaan kucing yang menyebalkan adalah mencakar perabotan di rumah. Biarkan saja. Inilah cara sederhana untuk menyayangi mereka.
  11. Mengeong merupakan bentuk komunikasi mereka dengan manusia maupun dengan kucing lainnya. Sebagai majikan, Anda sebaiknya membalas panggilan kucing jika mereka mengeong. Balasan tersebut akan membuat mereka merasa diperhatikan dan senang dengan perhatian tersebut.
  12. Detak jantung kucing antara 160-250 kali per menit. Tergantung pada usia mereka. Semakin muda, detak jantungnya semakin cepat.
  13. Respon kepada majikan seringkali ditunjukkan dengan melebarkan pupil mata yang bisa menjadi tanda emosi yang kuat seperti ketertarikan dan rasa senang. Atsuko Saito, asisten peneliti dari University of Tokyo menjelaskan perbedaan anjing dan kucing. Anjing telah berevolusi sangat jauh untuk bisa mengikuti dan mematuhi majikan mereka, sementara kucing tak begitu. Inilah yang membuat kucing terlihat cuek dan seringkali tak peduli. Meski begitu, mereka juga menunjukkan bahwa kucing selalu bersikap seperti anak-anak ketika berada di sekitar majikannya.
  14. Kadang suka menyelinap tidur di sebelah majikannya jika mereka tidak dikurung dalam kandang. Memelihara kucing jelas menjaga emosi Anda menjadi lebih menyenangkan. Berikan kucing Anda kasih sayang, perhatian, makanan, minuman, rasa nyaman, dan rasa aman, maka mereka akan membalasnya dengan loyalitas dan kasih sayang juga.
  15. Mereka tidak dapat memahami hukuman. Selalu ingin dipuji dan dihargai untuk berinteraksi dengan mereka.
  16. Mereka bisa menelan dan mencerna makanan tanpa mengunyahnya.
  17. Makan cokelat bisa membuat kesehatan kucing memburuk.

Yang penasaran, silahkan pelihara kucing dan sayangi mereka…!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.