Keistimewaan Ibadah Shalat Ashar bagi Kaum Muslim

Keistimewaan ibadah Shalat Ashar bagi kaum Muslim. Allah SWT memanggil langsung hamba-Nya tercinta, yaitu Nabi SAW ke Sidratul Muntaha guna menerima perintah shalat wajib 5 waktu. Hal ini berbeda dengan kewajiban ibadah lainnya, yang cukup Allah SWT wahyukan melalui Malaikat Jibril. Banyaknya umat Islam yang meremehkan perintah Allah Swt karena berbagai alasan, terutama mengejar uang. Padahal banyak sekali hadits Nabi yang menganjurkan bahkan menekankan setiap individu Muslim untuk berlomba-lomba dalam kebaikan.

Keistimewaan Shalat Ashar tentu sangat sayang sekali untuk dilewatkan, khususnya bagi pemeluk agama Islam. Ibadah wajib yang diwujudkan dalam gerakan di setiap rakaat tersebut, yang setiap harinya minimal 17 rakaat secara seimbang. Hal ini merupakan olahraga fisik dengan cara sederhana dan mudah gerakannya. Karena itu Rasulullah SAW bersabda, “Ash-shalatu mi’rajul mu’minin (Shalat merupakan mi’raj (komunikasi langsung) seorang mukmin kepada Tuhannya).”

Mendirikan Shalat Ashar merupakan salah satu bukti ketakwaan seorang hamba manusia kepada Khaliknya. Jiwa akan senantiasa tertambat di jalan Allah. Bila sudah terbiasa, maka seorang Muslim akan senantiasa melakukannya secara khusyuk. Kualitas hubungan dengan Tuhannya adalah utama. Tak sekadar pelepas kewajiban saja, tapi demi memenuhi anjuran Rasulullah SAW, sehingga memperoleh pencerahan rohani yang luar basa.

Keistimewaan Ibadah Shalat Ashar bagi Kaum Muslim

keistimewaan ibadah Shalat Ashar

Allah memerintahkan kepada umat Islam untuk selalu menjaga shalat wustha atau shalat Ashar. Begitu istimewanya shalat Ashar sehingga Allah mencantumkannya dalam firman-Nya yang berbunyi, “Jagalah segala shalat(mu), dan (peliharalah) shalat wustha (Ashar).” (al-Baqarah: 238).

Keistimewaan ibadah Shalat Ashar bagi kaum Muslim yang waktunya terletak di ujung sore. Pada saat tenaga, pikiran, dan jiwa sedang berada di ambang batas. Energi tinggal sedikit setelah bekerja dan beraktivitas. Belum lagi, masih harus menyelesaikan setumpuk amanah yang belum selesai. Tugas kantor, tugas kuliah, ataupun tugas lainnya. Biasanya, banyak dari kita yang terjerumus dalam lubang kebinasaan lantaran mengabaikan waktu Ashar. Hal ini sebagaimana terjadi pada sebagian kaum Quraisy yang sering mengabiskan waktu Ashar untuk bercerita tanpa arah yang jelas.

Selain dalam Alquran, Rasulullah pernah bersabda bahwa malaikat datang untuk mencatat amal hamba-hambanya dan pergi pada waktu shalat Subuh dan shalat Ashar. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika pada waktu datang dan perginya malaikat tersebut kita mendirikan shalat. Berikut ini adalah beberapa keistimewaan ibadah Shalat Ashar bagi kaum Muslim

1. Shalat Ashar adalah shalat yang disaksikan oleh malaikat bersamaan dengan shalat Subuh.

2. “Barangsiapa yang mengerjakan shalat bardain (yaitu shalat Subuh dan Ashar) maka dia akan masuk surga.” (HR Bukhari no 574 dan Muslim no 635). Dalam beberapa riwayat lain, Rasulullah juga menyebutkan tentang konsekuensi negatif bagi siapa saja yang meninggalkan atau melewatkan waktu Ashar dengan sengaja.

Bahkan, mereka yang kehilangan shalat di waktu Ashar, dikatakan oleh Rasulullah, kehilangan harta, keluarga, dan semua amal salehhnya. Dari Abdullah bin Umar RA, Rasulullah bersabda, “Orang yang kehilangan shalat Ashar bagaikan orang yang kehilangan keluarga dan harta kekayaannya.” (HR Bukhari no 552).

Dalam riwayat lain juga disebutkan, “Dari Buraidah, bahwa dia mengatakan kepada kaum Muslimin ketika cuaca berawan, karena Nabi SAW pernah bersabda, ‘Orang yang meninggalkan shalat Ashar hilanglah semua amal baiknya.'” (HR Bukhari no 553).

5. Keistimewaan Shalat Ashar bermanfaat secara medis dan psikis, karena dilaksanakan di waktu dimana kebanyakan orang mengakhiri sebuah pekerjaan . Di waktu itupun seseorang merasa lelah dan emosi meningkat karena beban pekerjaan seharian yang sangat banyak. Ada pula di waktu ini merupakan awal pergantian pekerjaan. Maka dengan shalat ashar mampu melancarkan peredaran darah, sehingga yang awalnya sudah malas dan lelah bahkan emosi sudah memuncak akan kembali fres dan rilex . Dan bagi yang baru akan mulai bekerja akan lebih semangat menjlani aktivitasnya .

Meraih keistimewaan ibadah Shalat Ashar bagi kaum Muslim akan lebih sempurna jika dilakukan dengan khusyuk dan berjamaah. Tidaklah heran jika Rasulullah memerintahkan seluruh umatnya untuk mengisi waktu Ashar dengan memperbanyak doa dan zikir. Keduanya merupakan sarana yang sengaja Allah ciptakan agar senantiasa terbentengi dari kejahatan setan yang terus-menerus menabuh genderang perangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *