Mar 102015
 
Bisnis PayTren/Treni -Ustadz Yusuf Mansur

Kaligrafi Islam keren yang berupa huruf Arab berisi untaian kalam Ilahi bersumber dari Al Quran tak hanya penuh makna tapi menjadi gambar yang mengagumkan. Hasil karya yang indah tersebut tak hanya menghiasi dinding-dinding masjid atau cover buku-buku religi, tetapi telah pula menempati ruang yang lebih luas, seperti arsitektur rumah, pondok pesantren bahkan hotel. Sejak awal perkembangannya menunjukkan bahwa seni huruf Hijaiyah tersebut muncul dari semangat untuk melestarikan penulisan ayat-ayat Al Quran dan Hadits.

Desain kaligrafi Arab atau Islam memang tidak bisa dipisahkan dari ornamen yang menghiasinya. Lebih dikenal dengan nama khat yang artinya tulisan atau garis. Pengertian ini merujuk pada tulisan yang indah. Kata kaligrafi sendiri berasal dari akar kata kalios dan graphia yang diambil dari bahasa Yunani. Kalios artinya indah, dan graphia berarti tulisan. Bisa berupa mushaf, ukiran, wallpaper dan banyak lagi

Kaligrafi Islam sebenarnya tak hanya bagaimana menuliskan penggalan ayat dari Al Quran atau huruf-huruf Arab dengan indah, mengharmonisasikan warna dan bentuk. Secara maknawi adalah merefleksikan kebijaksanaan dan kualitas seorang manusia. Berupa tulisan tangan, merupakan seni dan keindahan serta keaslian intelektualitas seseorang. Pakar lain mengatakan, perpaduan yang harmonis antara perasaan dan pikiran, ketajaman intuisi yang berlandas pada ketinggian ilmu.

Kaligrafi Islam Keren

Gambar kaligrafi islam bismillah terindah
Kaligrafi adalah ilmu yang memperkenalkan bentuk huruf Hijaiyah, bagaimana cara merangkainya, memperhitungkan tata letaknya, menentukan mana yang perlu dan tidak perlu ditulis sehingga kemudian menjadi susunan kalimat yang tidak saja punya makna tapi menampilkannya dengan cara yang mempesona.

kaligrafi islam keren terindah
Seiring dengan perkembangan zaman terutama karena pengaruh dari desain dan teknologi, dalam agama Islam kemudian dikenal dengan kaligrafi murni dan kontemporer. Kaligrafi murni mengacu kepada kepatuhan para seniman dalam menulis yang sebenarnya juga melukis, dengan tetap mengikuti kaidah-kaidah baku sesuai dengan yang telah disepakati bersama. Sedangkan kontemporer mengacu kepada perkembangan dan pemikiran para seniman sendiri yang memandang bahwa keindahan merupakan unsur utama dari sebuah seni kaligrafi dan bukan semata-mata terletak pada huruf.

kaligrafi islam keren terindah
Para ahli senantiasa menjaga diri agar tetap berada pada kaidah umum saat ia membuat torehan, ketepatan sapuan dan menuliskan bentuk huruf. Melahirkan sebuah desain tulisan kaligrafi Islam yang indah dengan tata warna yang cantik, bukan pekerjaan asal-asalan. Seperti halnya dalam seni lukis murni, ada kaidah-kaidah tentang kombinasi warna, keseimbangan, kedalaman dan layout.

kaligrafi islam keren terindah
Khat digunakan dalam kaligrafi Islam sebagai teknik untuk membuat teks menjadi lebih mudah dicerna dan dibaca. Di dalamnya terdapat pengaturan untuk memposisikan huruf dan teks agar bisa menarik, namun tetap memiliki esensi dalam hal pemahaman aslinya. Sehingga bisa dimengerti maknanya sehingga apa yang hendak disampaikan, bisa tersampaikan dengan tepat oleh pembaca.

kaligrafi islam keren terindah
Selain itu, juga merupakan salah satu cara untuk menjadikan sebuah huruf Arab menjadi lebih menarik, membuat orang lain penasaran, melestarikan budaya Islami, memberikan keindahan dan pemahaman rangkaian kalimat tersebut. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya, kaligrafi diciptakan untuk memanjakan pembaca agar bisa memahami segala yang dilihatnya tampak lebih indah.

kaligrafi islam keren terindah

Kaligrafi Islam keren dengan gaya atau model khat yang indah, bukan hanya sebagai kegunaan estetis saja, tapi juga untuk memberikan kenyamanan bagi yang membaca dan memberikan inspirasi atau daya tarik kepada orang yang melihatnya untuk segera mengambil pelajaran dari kaligrafi tersebut dan mengaplikasikannya di dalam kehidupan sehari-hari.

Bisnis PayTren/Treni -Ustadz Yusuf Mansur

 Leave a Reply

(required)

(required)