hijab style fashion

Istilah Hijab Style 2015

Posted on

Hijab style 2015 menjadi model baju yang umum digunakan wanita Islam. Sebagai seorang yang taat dan beriman, hendaknya menjalankan kehidupan sehari-hari sesuai anjuran Al Quran dan Hadits. Banyak cowok muslim masa kini yang mensyaratkan menutup aurat sebagai bagian dari kriteria calon istri sholihah. Perlahan namun pasti, pesonanya tak lagi hanya didapati di masjid atau pesantren sebagai pusat kegiatan ibadah ritual keagamaan. Pemakainya pun mulai merambah di segala penjuru nusantara.

Tutorial hijab style juga banyak bertebaran di dunia maya dengan segala mode dan bentuknya. Walaupun telah berkembang pesat, tetapi banyak poin penting yang mendukung nilai keislaman diperlukan dalam berbusana. Muslimah pengguna hijab style gaul setidaknya telah memiliki kesadaran ke arah kehidupan yang lebih Islami. Terdapat beranekaragam jenis dan modelnya yang beredar di kalangan masyarakat. Semuanya dapat membuahkan hasil akhir berupa model busana muslim dengan berbagai gaya.

Memakai hijab style untuk mengikuti tren, lambat-laun bisa direformasi menjadi lebih sempurna sehingga dalam berpakaian akan semakin mendekati kriteria fashion yang sempurna. Kemuliaannya terpancar dari cara berpakaian yang tidak ketat, tidak transparan, tidak menyerupai pakaian laki-laki, dan minus segala jenis aksesoris serta wewangian pengundang syahwat lelaki. Sehingga menjauhkan keinginan untuk melakukan perbuatan seks bebas dan kerusakan moral.

Istilah Hijab Style 2015

hijab style fashion

Style hijab 2015 disesuaikan dengan gaya hidup masyarakat Indonesia yang lebih dinamis dari pada negara muslim lainnya. Pada awalnya sebatas penutup kepala saja, namun hijab fashion bisa dimodifikasi sesuai keinginan dan tak pernah habis di ekplorasi. Faktanya, banyak bermunculan baju gamis, dan jenis model baju terbaru bermunculan.

Fungsi baju tersebut bisa fleksibel mengikuti kegiatan wanita, termasuk mahasiswi juga tak masalah mengenakannya. Biasanya mereka memilih yang modelnya lebih casual dan semi formal. Tutorial pemakaiannya dicari yang lebih ringkas dan sederhana. Tujuannya, agar dapat mengikuti pergerakan tubuhnya. Dibawah ini adalah beberapa istilah hijab style:

1. Pashmina: Pada dasarnya pashmina adalah kerudung panjang yang terbuat dari bahan pashmina, namun jaman sekarang pashmina sudah terbuat dari aneka jenis kain dan motif. Misalnya, chiffon, kaos/rayon, rajut dan sebagainya. Biasanya berbentuk persegi panjang dengan ukuran bervariasi.

2. Cardigan batwing/Cocoon: Cardigan ini adalah sejenis luaran dari bahan rajut dengan bagian lengan melebar seperti sayap kelelawar sehingga tak nampak ketat. Ada juga yang berbentuk seperti cocoon/kepompong yang bulat memanjang.

3. Penguin dress: Istilah hijab style untuk dress sebetis yang bagian bawahnya berbentuk lingkaran lonjong namun pendek di bagian depan dan panjang di bagian belakang

4. Ruffle Crop Top: Istilah untuk atasan lengan panjang dengan aksen lipat di bagian depan dan bagian belakang lebih panjang.

5. Jilbab segi empat: Jilbab segi empat adalah kain berbentuk bujur sangkar dan umumnya terbuat dari bahan katun paris dan chiffon. Untuk menggunakan, umumnya dibentuk segitiga lebih dulu, namun teknik masa kini sudah membuat penggunaan jilbab ini makin bervariasi.

6. Hijab style turban: Hijab gaya turban adalah model hijab yang menghabiskan sebagian besar kerudung pada bagian kepala dan leher. Ada juga yang berupa turban instan dan bisa langsung pakai. Namun fashion ini kurang menutupi dada dan biasanya bisa disiasati dengan menggunakan scarf tambahan atau outer. Sering digunakan untuk wanita ayng aktif dan dinamis kesehariannya.

7. Gaya jilbab basic/klasik: Hijab style ini digunakan sejak dulu dan everlasting. Tidak pernah nampak kuno dan masih digemari orang. Biasanya dengan melipat kerudung segi empat menjadi segitiga dan menyematkan kedua sisinya di bawah dagu.

8. Manset: Manset adalah pakaian yang bisa digunakan sebagai dalaman saat menggunakan pakaian lengan pendek atau pakaian luar yang agak tembus pandang. Jenis manset ada dua macam, yang menutup separuh badan dan yang menutup seluruh badan, berbentuk dress.

9. Maxi skirt: Istilah ini untuk menyebut rok panjang dalam dunia fashion. Maxi skirt menutup dari pinggang hingga ke mata kaki.

10. Hijab style maxi dress: Berupa gaun panjang yang menutup dari pangkal leher hingga mata kaki.

11. Cardigan hoodie hijab: Sebuah kerudung style hijab instant yang bisa digunakan sebagai rompi dan memiliki hoodie sebagai kerudungnya. Keunikannya adalah bisa digunakan sebagai pakaian dan hijab sekaligus sekaligus.

12. Inner hijab ciput: Bentuknya seperti topi. Ada dua jenis, yang bisa langsung digunakan dan yang harus diikat terlebih dahulu. Saat ini bentuk inner ciput sudah bermacam-macam. Ada yang diberi variasi renda, warna, kerut dan sebagainya.

13. Inner hijab ninja: Bentuknya seperti kerudung instan, namun ini adalah dalaman, sehingga panjangnya hanya di bawah leher. Ada yang bagian belakangnya diberi cepol, ada yang tidak. Inner hijab ninja biasanya menggunakan kancing atau resleting untuk penyambungnya, ada juga yang menggunakan karet sehingga bisa langsung dipasang.

14. Inner hijab style: Disebut juga dalaman jilbab. Biasanya berupa ciput, inner ninja, maupun bonnet.

15. Wave Top: Istilah untuk atasan dengan bentuk bawahan yang asimetris dan pinggiran yang bergelombang alias tidak rata.

Sebagai manusia ciptaan Allah maka harus tunduk pada semua aturan yang telah diturunkan olehNya. Salah satu aturan yang diturunkan adalah mengenai fashion. Bagi perempuan hal ini adalah kerudung dan juga hijab style. Dengan memakai keduanya berarti telah taat kepada Allah sebagai Pencipta, disitulah pesonanya akan terpancarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.