Jul 012016
 
Kopi Hijau Pelangsing Paling Efektif

Inspirasi Ramadhan, Sedekah dan Istighfar Penghilang Kesulitan Hidup. Demi mencapai kesuksesan, seseorang perlu membangun hubungan yang baik dengan keluarga sebagai pendukung utama. Selain itu, seorang yang ingin sukses hendaknya senantiasa berperilaku akhlak mulia dan menjaga silaturahim. Allah sendiri berulang kali menegaskan bahwa sedekah tidak akan mengurangi harta. Selain itu, sikap menggantungkan diri ke selain Allah swt membawa ketidaknyamanan dalam hidup.

Keajaiban sedekah dan istighfar tidak bisa diragukan lagi. Firman Allah Ta’ala, “Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan (di jalan Allah), maka pahalanya itu untuk kamu sendiri, dan janganlah kamu membelanjakan sesuatu melainkan karena mencari keridaan Allah, dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan, niscaya kamu akan diberi pahalanya dengan cukup, sedangkan kamu sedikit pun tidak akan dirugikan.” [QS Al-Baqarah: 272].

Istighfar merupakan tanda orang-orang yang beriman dan mencintai Allah. “(Yaitu) orang-orang yang berdoa, “Ya Rabb kami, sesungguhnya kami telah beriman, maka ampunilah segala dosa kami dan peliharalah kami dari siksa neraka. (Yaitu) orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah), dan yang memohon ampun pada waktu sahur.” (QS. Ali Imran: 16-17).

Inspirasi Ramadhan, Sedekah dan Istighfar Penghilang Kesulitan Hidup

Inspirasi Ramadhan, Sedekah dan Istighfar

Meraih keajaiban sedekah di bulan Ramadhan, tentu sangat dianjurkan. Karena pahalanya dinaikkan menjadi 70 kali lipat. “Dan barang siapa melakukan amal kebaikan di dalamnya (Romadhon), maka pahalanya seperti melakukan 70 kebaikan dibanding bulan lainnya.” (HR Ibnu Huzaimah).

Sebagaimana diketahui, dosa-dosa merupakan penyebab hidup makin susah. Melakukan kemaksiatan meninggalkan sholat, berzina, minum miras, berjudi, korupsi, itulah sumber kesulitan hidup. Kalimat istighfar mengandung makna pengakuan, penyesalan, kesadaran, kerendahan diri, dan keimanan. Dan itu semua merupakan sebab yang dapat mendatangkan kecintaan, pertolongan, dan perlindungan Allah SWT sehingga dapat selamat dari murka Allah Ta’ala.

Inspirasi Ramadhan, Keajaiban Sedekah

Dalam hadis Bukhari diterangkan, seorang wanita pelacur diampuni dosanya hanya karena memberi setadah air kepada seekor anjing. Abu Hurairah RA menyebutkan, telah diampuni seorang wanita pelacur yang lewat di depan anjing kehausan yang menjulurkan lidah. Ia melepaskan sepatunya untuk mengambil air di sebuah sumur untuk memberi minum si anjing yang kehausan. Maka, Allah SWT pun berkenan mengampuni dosa si pelacur karena sedekahnya itu. (HR Bukhari).

Demikian hebatnya sedekah, bahkan sedekah ringan memberi minum binatang sejenis anjing. Apalagi, sedekah yang lebih bermanfaat seperti memberi makan fakir miskin dan kaum dhuafa, menyantuni anak yatim, serta membangun tempat ibadah dan lembaga pendidikan. Tentu, hal ini lebih dahsyat lagi efeknya ketika menjalani kehidupan di akhirat kelak.

Keajaiban sedekah sungguh luar biasa. Hal ini sesuai dengan firman Allah Ta’ala, “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui. (Al-Baqarah: 261).

Harta yang ada di tangan manusia sebenarnya hanya titipan Allah. Supaya manfaatnya masih dapat dirasakan sampai kita kembali ke akhirat, maka harta itu harus dinafkahkan di jalan kebaikan semasih hidup di dunia. Lebih membahagiakan, balasan Allah bahkan sering tidak harus menunggu di akhirat, tetapi langsung Dia balas dengan rezeki yang melimpah.

Ramadhan merupakan bulan sedekah. Kaum Muslimin sangat dianjurkan untuk memperbanyak sedekah di bulan Ramadhan. Rasulullah SAW dalam banyak hadisnya menjamin, tak akan berkurang harta yang disedekahkan. Bahkan, harta yang disedekahkan akan diganti Allah Sang Maha Pemberi Rezeki dengan berlipat ganda. Malaikat akan mendoakan orang yang bersedekah. “Ya Allah, berilah orang yang bersedekah, gantinya,” seru para malaikat sepenjuru langit mendoakan orang yang bersedekah. (HR Bukhari Muslim).

Inspirasi Ramadhan, The Power of Istighfar

Istighfar adalah amalan ampuh untuk menghilangkan kesulitan hidup. Karena Allah Swt telah berfirman di Al-Quran, “Mohonlah ampunlah kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun’. Niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit atas kalian. Dan, Dia akan melipatgandakan harta dan anak-anak kalian, mengadakan kebun-kebun atas kalian, serta mengadakan sungai-sungai untuk kalian.” (Nuh: 10-12).

Dosa adalah salah satu penyebab kesulitan hidup. Dengan beristighfar, mengakui kemaksiatan pada masa lalu yang suram, gelisah, dan resah didera dosa. Karena pada saat seseorang beristighfar, sesungguhnya sedang membersihkan jiwa seraya memohon ampun kepada Allah Swt atas dosa yang telah dilakukan dengan ikhlas.

Sebagaimana hadis Rasulullah SAW dari Abdullah bin Abbas RA. “Barangsiapa yang senantiasa beristighfar, niscaya Allah akan menjadikan baginya kelapangan dari segala kegundahan yang menderanya, jalan keluar dari segala kesempitan yang di hadapinya dan Allah memberikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.” (HR Abu Daud, Ibnu Majah, Baihaqi, dan Thabrani).

Untuk melengkapi inspirasi Ramadhan, sedekah dan istighfar penghilang kesulitan hidup, pada kenyataannya masih banyak orang yang mengaku beriman tidak percaya dengan sabda Nabi mereka sendiri. Banyak yang meragukan jaminan Nabi SAW bagi orang yang bersedekah dan istighfar. Padahal Keragu-raguan kepada Allah Swt dan Rasul-Nya hanya akan menambah kesulitan yang menghadang dalam kehidupan. Untuk itulah, mari berlomba-lomba dalam kebaikan!

 Leave a Reply

(required)

(required)