Info Tragedi Mina 2015

Info Tragedi Mina 2015

Posted on

Info tragedi Mina 2015 memakan korban 717 orang. Sementara itu, jumlah korban luka dalam insiden itu juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Sebelumnya, dilaporkan bahwa jumlah korban sebanyak 719 jiwa, kali ini jumlah korban luka meningkat menjadi 863 orang. Salah satu rival Saudi, Iran dengan tegas menyebut insiden ini disebabkan oleh kelalaian pemerintah Saudi. Kepala Organisasi Haji Iran, Said Ohadi mengatakan, tanpa alasan yang jelas pemerintah Saudi menutup dua dari lima gerbang menuju lokasi lempar jumrah, yang dinilai sebagai penyebabnya.

Info Tragedi Mina 2015

”Insiden hari ini menunjukkan salah urus dan kurangnya perhatian serius terhadap keselamatan jamaah. Tidak ada penjelasan lain. Para pejabat Saudi harus bertanggung jawab,” ujarnya. Kepala Organisasi Haji Iran, Said Ohadi menyebut penutupan beberapa jalur menjadi penyebab utama tragedi Mina, yang merenggut ratusan nyawa tersebut. Ohadi menuturkan, dari lima jalur yang ada, hanya tiga yang dibuka.

”Hal ini menyebabkan insiden tragis,” katanya di stasiun televisi negara Iran, seperti dikutip kantor berita IRNA, Kamis (24/9/2015). Ohadi dengan tegas menyebut bahwa penutupan jalur tanpa alasan yang jelas ini menunjukan bahwa pemerintah Arab Saudi telah melalaikan keselamatan para jamaah.

Dirinya menutut pemerintah Arab Saudi untuk bertangung jawab atas insiden Mina. ”Insiden hari ini menunjukkan salah urus dan kurangnya perhatian serius terhadap keselamatan jamaah. Tidak ada penjelasan lain. Para pejabat Saudi harus bertanggung jawab,” ujarnya. Pemerintah Arab Saudi sendiri sampai saat ini masih belum memberikan komentar apapun mengenai tragedi ini, dan mengenai penutupan dua jalur menuju lokasi lempar jumrah itu.

Sementara itu, penutupan dua jalur ini juga diduga menjadi alasan mengapa ada rombongan haji asal Indonesia yang melewati jalan Arab 204 untuk menuju lokasi lempar jumrah. Karena, menurut Kementerian Luar Negeri Indonesia, jalan Arab 204 bukanlah jalur yang dipakai jamaah haji asal Indonesia untuk menuju lokasi lempar jumrah.

Berikut kronologi tragedi Mina ketika melakukan ibadah lempar Jumroh;

1. Kejadian terjadi di jalan menuju tempat lempar jumrah di antara tenda tenda di Mina.

2. Tragedi dimulai ketika ada sekelompok jamaah yang tiba-tiba berhenti, sehingga terjadi penumpukan jamaah yang berdesak-desakan.

3. Tragedi terjadi sekitar pukul 7.00 pagi waktu Mina, Saudi, dan dalam hitungan menit jumlah korban meninggal terus bertambah hingga lebih dari 300 jamaah haji.

4. Sebagian besar korban adalah jamaah dari Mesir dan Afrika. Saat ini, evakuasi sedang dilakukan tim penyelamat Arab Saudi yang berjumlah sekitar 4000 personel. Saudi juga mengerahkan 200 mobil ambulans.

Sementara itu, Kemlu juga menuturkan bahwa sampai ini pihaknya masih terus melakukan konfirmasi dan pemeriksaan terhadap beberapa rumah sakit yang menampung para korban untuk mengetahui ada tidak jamaah haji Indonesia yang jadi korban dalam tragedi tersebut.

Pemerintah Arab Saudi mengerahkan 4.000 petugas penyelamat dan 200 mobil ambulans ke lokasi kejadian tragedi Mina. Saat ini, ratusan mobil ambulans berkonvoi di kamp-kamp jamaah haji. ”Pekerjaan sedang dilakukan untuk memisahkan kelompok besar massa dan jamaah langsung ke rute alternatif,” kata Kementerian Pertahanan Sipil Arab Saudi melalui Twitter, seperti dikutip Reuters.

http://international.sindonews.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.