Info Awal Bulan Ramadhan 2016

Info Awal Bulan Ramadhan 2016, disaat matahari sudah mulai tergelincir dan kembali ke peraduannya, maka umat Islam di pelbagai penjuru dunia akan memasuki bulan puasa 1437 H. Perasaan suka-cita membahana dalam sanubari menyambut kedatangannya. Seperti tamu agung yang selalu dinanti kehadirannya, bahkan dalam sebuah hadits disebutkan jika sesorang mengetahui keutamaan yang ada dalam bulan suci tersebut, maka akan mengharap setiap hari adalah Ramadhan.

Marhaban Ya Ramadhan, begitulah kaum Muslimin menyebutnya. Meskipun begitu, menyambut bulan turunnya Al-Quran perlu konsep matang agar pelaksanaan ibadah puasa berlangsung khidmat dan penuh hikmah. Layaknya orang yang akan melangsungkan perjalanan ke suatu tempat, perlu menyiapkan bekal, seperti itu pula saat hendak melaksanakan perjalanan ke ‘negeri’ Ramadhan.

Info Awal Bulan Ramadhan 2016

Info Awal Bulan Ramadhan

Anugrah terbesar adalah keimanan dalam hati setiap umat Islam, tentu apa yang dijanjikan oleh Allah Subhanahu Wata’ala berupa pencapaian taqwa (al-Baqarah 183) bagi orang yang beriman dengan menjalankan ibadah puasa, pasti akan membangkitkan kerinduan dan kegembiraan dengan memghampirnya bulan Ramadhan. Sepertinya tidak sampai di situ saja, hadits-hadits Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wassalam juga tidak sedikit yang membawa berita gembira akan kedatangan bulan Ramadhan.

Awal bulan Ramadhan disambut penuh kegembiraan dan kebahagiaan yang pada hakikatnya adalah suasana batin manusia bila diungkapkan dalam tindakan lahir tentu jangan sampai bertolak belakang dengan hakikat tersebut. Kalau memang kebahagiaan menyambut awal Ramadhan muncul dari keimanan, hendaknya melakukan tindakan-tindakan yang sesuai dengan tuntunan Allah dan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wassalam.

Ajaran Islam cukup dan sangat cukup untuk mengisi kerinduan kaum muslimin terhadap Ramadhan. Di samping membiasakan diri juga mempersiapkan suasana qurbah (kedekatan diri) kepada Allah Subhanahu Wata’ala untuk menjadi hamba-hamba yang pantas mendapatkan karunia Tuhan di bulan penuh berkah tersebut. Tentu semuanya menginginkan suasana ibadah yang nyaman dan khusyuk dalam shalat lima waktu dan tarawih. Allah berfirman, “Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman. (Yaitu) orang-orang yang khusuk dalam shalatnya.” (Al-Mukminun: 1-2).

1 Ramadhan 1437 H adalah waktu dimana puasa wajib mulai dikerjakan bagi pemeluk agama Islam pada tahun 2016 M. Sebagai manusia beriman, pastinya akan berbahagia dengannya. Bagaikan madrasah ruhiyah kaum beriman. Bila menempatkannya sebagai madrasah, pasti kita memahami bahwa di dalamnya ada aktivitas ilmu. Aktivitas keilmuan inilah yang menjaga pemikiran untuk selalu istiqamah dalam keloyalan kepada Allah SWT. Inilah pentingnya mendalami ilmu agama Islam di bulan suci.

Bulan suci Ramadhan adalah bulan teristimewa di antara bulan-bulan lainnya. Oleh sebab itulah, mestinya tradisi mencari ilmu seharusnya lebih semarak di bulan puasa, karena inilah momen menjalankan dua kewajiban istimewa yang berimplikasi positif untuk kebiasan-kebiasaan baik dan bermanfaat bagi sesama setelah Ramadhan.

Sejak awal bulan Ramadhan, hendaknya kaum Muslimin menjaga kesehatan dan stamina. Hal ini terkait agar tetap sehat dan kuat pada bulan Ramadhan sangat penting. Mengingat kesehatan merupakan modal utama dalam beribadah. Orang yang sehat dapat melakukan ibadah dengan baik dan penuh semangat. Namun sebaliknya bila seseorang sakit, maka ibadahnya sangat terganggu dan tidak semangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *