Hari Ibu yang Istimewa

Posted on

Hari Ibu yang istimewa merupakan hari untuk memperingati peran penting seorang Ibu/ Emak/ Mama/ Ummi/ Nyokap/ dsb. Ditetapkan pada tanggal 22 Desember berdasarkan Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959 yang dikeluarkan oleh Presiden Soekarno. Diawali oleh serangkaian kongres yang diadakan oleh beberapa organisasi perempuan, yang secara resmi diputuskan pada Kongres Perempuan Indonesia III pada tahun 1938. Peran mulia seorang ibu mulai tergores dalam lembaran sejarah, dan terus tertoreh dengan tinta emas sampai sekarang, khususnya di Indonesia.

Banyak ucapan hari Ibu yang dibuat sebagai salah satu cara untuk menunjukkan bukti kasih sayang seorang ibu. Beliau adalah salah satu pilar utama institusi keluarga. Ibu adalah sosok pertama yang memberikan belaian cinta dan kasih sayangnya kepada kita sejak dalam kandungan. Ibu adalah orang pertama yang memberikan pendidikan kepada anak-anaknya hingga lahirlah anak-anak dan generasi penerus yang berakhlak mulia, berbudi pekerti luhur, dan berpendidikan agung.

Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember adalah sebagai peringatan untuk mendalami peran penting seorang ibu yang tidak akan pernah tergantikan oleh siapapun, bahkan oleh sosok seorang ayah. Laki-laki memang jauh lebih kuat secara fisik dari seorang wanita, namun kelebihan seorang lelaki itu pun tidak menjadikannya mampu menggantikan peran mulia seorang ibu dengan baik dan sempurna. Ibu memiliki naluri yang lebih kuat terhadap anaknya dibandingkan ayah. Ibu memiliki kesabaran lebih dalam hal mendidik anak dibandingkan ayah.

Ibu memiliki insting sebagai orang tua yang lebih tajam dibandingkan ayah. Ibu lebih tahu karakter anak dibandingkan ayah. Dan ibu rasa sayangnya lebih dalam kepada anak-anaknya dibandingkan ayah. Oleh karena itu, seandainya manusia mampu menghitung sejarah hingga ke awal kelahiran manusia di dunia, saat Ibunda Hawa dihadirkan ke dunia, sepertinya kehadiran beliau akan lebih menarik dijadikan sebagai simbol Hari Ibu.

Tidak cukup sampai pada Hari Ibu saja, tiap hari peran penting seorang ibu yang memelihara urusan rumah tangga, suami, dan juga anak. Di dalam Islam, keridhaan Allah tergantung pada keridhaan orang tua, salah satunya adalah Ibu. Bahkan keistimewaan selanjutnya yang dijelaskan oleh Islam kepada seorang Ibu adalah istilah yang menyebutkan bahwa syurga berada di bawah telapak kaki Ibu.

Pengertian dan maknanya adalah konskuensi bagi seorang anak agar selalu mematuhi perintah dan seruan yang baik dari sang Ibu. Tidak mendurhakai dan membuat seorang Ibu bersedih. Tidak sepatutnya seorang anak menyakiti, mendurhakai, dan menelantarkan Ibu kita. Begitu besar jasa Ibu dari mulai mengandung kita ketika masih dalam perut. Menjaga kita hingga besar, memberi makan kita sewaktu masih kecil dan masih banyak lagi jasa-jasa Ibu yang tidak pernah kita sadari.

Dengan mengetahui hari Ibu yang istimewa, seseorang bisa mengambil pelajaran bahwa beliau merupakan pahlawan dunia dan akhirat, yang melahirkan anak seperti kita untuk menjalani kehidupan. Ibu memberikan kita pelajaran-pelajaran hidup, memberikan apa yang kita butuhkan, dan tidak pernah sekalipun mengeluh akan hal tersebut.

Di dalam hadits dijelaskan menurut riwayat Abu Hurairah RA:

Seorang lelaki datang menemui Rasulullah SAW dan bertanya:

“Siapakah manusia yang paling berhak untuk aku layani dengan sebaik-baiknya?”

Baginda Nabi SAW menjawab: “Ibu kamu.”

Dia bertanya lagi: “Kemudian siapa?”

Baginda Nabi SAW menjawab: “Ibu kamu.”

Dia bertanya lagi: “Kemudian siapa?”

Baginda Nabi SAW menjawab: “Ibu kamu.”

Dia bertanya lagi: “Kemudian siapa?”

Baginda Nabi SAW menjawab: “Ayah kamu.”

Dengan adanya hari Ibu yang istimewa, bisa dijadikan sebagai pengingat peran ibu. Jangan sampai terkikis dengan alasan apapun karena itu merupakan pangkal bencana yang akan menghancurkan institusi keluarga. Akhirnya yang terjadi sekarang, mereka ingin kembali lagi menuju sebuah tatanan keluarga yang harmonis, yang mana dalam sebuah keluarga terdapat figur seorang ayah selaku pemimpin utama keluarga dan pencari nafkah, dan sosok seorang ibu yang mendidik anak dan mengatur urusan rumah tangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *