Cara Sholat Taubat Nasuha Yang Benar

Cara Sholat Taubat Nasuha Yang Benar

Posted on

Cara Sholat taubat nasuha yang benar, sangat dianjurkan bagi pelaku dosa besar. Manusia memang tempatnya salah, tapi tak dibenarkan jika kesalahan tersebut dilakukan berulang-ulang dengan sengaja. Di antara kemaksiatan yang tumbuh subur di tengah masyarakat modern saat ini adalah berbuat zina, berjudi, minum miras, mencuri, korupsi dan penyahgunaan narkoba. Merugilah orang-orang yang berputus asa dari rahmat Allah dan membiarkan dirinya terus-menerus melampaui batas. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa yang telah diperbuat asalkan bersungguh-sungguh dan serius.

Sholat taubat merupakan bukti seseorang yang mengakui kesalahan yang mereka lakukan dan tidak ingin mengulangi kesalahan tersebut di masa mendatang. Dan Tuhan sendiri memberi kesempatan kepada manusia untuk meraih fadhilah istighfar demi menghapus dosa yang telah dilakukan, baik sengaja maupun tidak sengaja. Oleh sebab itu, berbenah diri adalah jalan satu-satunya bagi mereka agar Allah berkenan memaafkan segala dosa dan khilaf yang pernah diperbuat.

Melakukan perbuatan yang dilarang Allah Swt tentunya menimbulkan noda yang disebut dengan dosa. Ada kalanya, ketika seseorang melakukan maksiat, bahkan kecanduan untuk melakukannya lagi, maka sangat sulit untuk mengakui, mungkin karena malu mengakui kesalahannya atau enggan untuk bertaubat. Kesalahan terkadang datang begitu saja dengan sendirinya, namun terkadang masalah akan muncul karena khilaf.

Pintu taubat akan selalu terbuka bagi mereka yang telah melakukan dosa kecil dan besar. Hal ini erat kaitannya dengan akhlak mulia kepada Allah Swt, dimana seorang hamba manusia yang berasal dari tanah dan akan kembali ke tanah. Tidak ada yang abadi, kecuali sang Maha Pencipta langit dan bumi.

Cara Sholat Taubat Nasuha Yang Benar

Cara Sholat Taubat Nasuha Yang Benar

Sebagai bentuk permohonan ampunan kepada Allah Ta’ala, dalam melaksanakan shalat taubat nasuha, dianjurkan untuk melakukannya sesegera mungkin begitu menyadari kesalahan terhadap perilaku atau perbuatan yang dilakukan. Hal ini dikarenakan mood seseorang seringkali berubah-rubah seiring waktu berjalan, situasi dan kondisi.

Allah Ta’ala menciptakan manusia dengan berbagai komposisi sifat bawaan. Ada akal pikiran, perasaan, dan juga nafsu. Adapun nafsu tak selalu berhubungan dengan hal-hal buruk pencetus dosa. Ada kalanya nafsu berperan positif dalam diri seorang manusia. Misalnya saja bernafsu mencari ilmu, menikah, bekerja keras, termasuk nafsu makan. Selain itu, kenapa manusia tak luput dari dosa adalah karena pada akhirnya dapat dijadikan pelajaran setelah shalat taubat, agar tidak mengulangi dosa tersebut.

Syarat wajib bagi orang Muslim untuk mendirikan ibadah shalat adalah mensucikan diri dari hadats kecil dengan berwudhu dan bersesuci dari hadats besar dengan mandi junub/janabat. Di bawah ini adalah cara tata cara sholat taubat:

1. Niat
أصلي سنة التوبة ركعتين لله تعالي

Artinya: aku berniat mendirikan shalat taubat karena Allah Swt

2. Rokaat pertama shalat tobat
Membaca Al-Fatihah dan Surat Al-Kafirun

3. Rokaat kedua shalat tobat
Membaca Al-Fatihah dan Surat Al-Ikhlas

Doa Sholat Taubat Nasuha

Setelah salam, lalu membaca istighfar 100 kali.

Setelah istighfar, baca doa dibawah ini:

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ تَوْ فِيْقَ اَهْلِ الْهُدَى وَاَعْمَالَ اَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ اَهْلِ الصَّبْرِ وَجِدَّ اَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ اَهْلِ الرَّ غْبَةِ وَتَعَبُّدَ اَهْلِ الْوَرَعِ وَعِرْفَانَ اَهْلِ الْعِلْمِ حَتَّى اَخَافَكَ . اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ مَخَا فَةً تَحْجُزُ نِى عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى اَعْمَلَ بِطَا عَتِكَ عَمَلاً اَسْتَحِقُّ بِهِ رِضَاكَ حَتَّى اُنَا صِحَكَ فِىالتَّوْ بَةِ خَوْ فًا مِنْكَ وَحَتَّى اَخْلِصَ لَكَ النَّصِيْحَةَ حُبًّا لَكَ وَحَتَّى اَتَوَ كَّلَ عَلَيْكَ فَ اْلاُمُوْرِ كُلِّهَاوَحُسْنَ ظَنٍّ بِكَ . سُبْحَانَ خَالِقِ نُوْ

Artinya: Ya Alloh sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu Taufiq (pertolongan)nya orang-orang yang mendapatkan petunjuk (hidayah),dan perbuatannya orang-orang yang bertaubat, dan cita-cita orang-orang yang sabar, dan kesungguhan orang-orang yang takut, dan pencariannya orang-orang yang cinta, dan ibadahnya orang-orang yang menjauhkan diri dari dosa (wara’), dan ma’rifatnya orang-orang berilmu sehingga hamba takut kepada-Mu. Ya Alloh sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu rasa takut yang membentengi hamba dari durhaka kepada-Mu, sehingga hamba menunaikan keta’atan kepada-Mu yang berhak mendapatkan ridho-Mu sehingga hamba tulus kepada-Mu dalam bertaubat karena takut pada-Mu, dan sehingga hamba mengikhlaskan ketulusan untuk-Mu karena cinta kepada-Mu, dan sehingga hamba berserah diri kepada-Mu dalam semua urusan, dan hamba memohon baik sangka kepada-Mu. Maha suci Dzat Yang Menciptakan Cahaya.
Waktu Pelaksanaan Taubat Nasuha

Shalat taubat nasuha termasuk dari shalat sunnah mutlak yang dapat dilaksanakan kapan saja. Siang dan malam. Kecuali waktu yang dilarang melakukan shalat sunnah. Adapun waktu larangan shalat sunnah ada 5 (lima) sebagai berikut:

1. Dari terbit fajar kedua sampai terbit matahari.
2. Dari terbit matahari sampai matahari naik sepenggalah.
3. Dari saat matahari persis di tengah-tengah sampai condong.
4. Dari shalat ashar sampai tenggelam matahari.
5. Menjelang tenggelam matahari sampai tenggelam sempurna.

Untuk melengkapi tata cara Sholat taubat nasuha yang benar, kebanyakan manusia melakukan perbuatan dosa, biasanya ketularan teman atau lingkungan yang suka berbuat maksiat juga. Oleh karena itulah, agar tidak tergoda melakukan dosa atau maksiat kepada Allah Ta’ala, sebaiknya meninggalkan teman ahli maksiat kemudian mencari teman baru yang shalih/shalihah.

One thought on “Cara Sholat Taubat Nasuha Yang Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *