Mengatasi Susah Tidur atau Insomnia

Cara Mengatasi Susah Tidur atau Insomnia

Posted on

Cara mengatasi susah tidur atau insomnia sebenarnya susah-susah gampang. Betapa tidak, manusia menghabiskan sepertiga umurnya untuk aktivitas tersebut. Walaupun sudah mencoba menjalankan rahasia hidup sehat Nabi SAW, akan tetapi tidak semua orang bisa, ada beberapa orang yang menjadi ‘kalong’ lantaran melek hampir sepanjang malam suntuk. Namun hal ini dianggap bukan suatu masalah dan bahkan kerap diremehkan. Padahal jika dibiarkan berlarut-larut, maka akan menimbulkan dampak pada fisik dan emosional.

Cara Mengatasi Susah Tidur atau Insomnia

Mengatasi Susah Tidur atau Insomnia

Banyak begadang di malam hari akan mempengaruhi tidak hanya pada segi kecantikan dan kesehatan fisik semata, bahkan juga bisa mengganggu kondisi kehidupan seseorang. Karena itulah, maka biasanya yang bersangkutan akan gampang marah, mengantuk, stres, sehingga kegiatannya terganggu. Sedangkan tidur nyenyak bermanfaat untuk memulihkan jaringan dan sel-sel tubuh yang rusak dengan yang baru, memulihkan tenaga yang telah terkuras untuk berbagai aktifitas besoknya, ibaratnya obat herbal alami. Berikut adalah cara mengatasi susah tidur atau insomnia,

1. Hindari Minum Kopi
Cara mengatasi susah tidur yang pertama adalah menghindari kopi. Kafein yang terdapat di dalam kopi dan teh hitam memang lazim diminum pada pagi atau sore hari. Beberapa diantaranya mengalami insomnia dan tidur mereka terganggu jika kopi diminum 30-60 menit sebelum tidur. Untuk mencegah insomnia dari kopi, solusi terbaik adalah dengan tidak minum kopi atau tidak mengkonsumsi produk yang mengandung kafein setelah jam 7 malam.

2. Hindari Gadget
Gadget dipercaya dapat mengganggu tidur seseorang. Bila saat ingin tidur usahakan menjauh dari gadget dan hp. Jangan pikirkan apa pun saat tidur, karena itu hanya akan membuat tak dapat tidur. Langkah ini akan meringankan beban dan pikiran. Disadari atau tidak, pola tidur kadang-kadang tidak bisa dipisahkan dari suasana hati, pikiran serta perasaan. Saat sedang galau memikirkan calon istri yang cantik misalnya. Seseorang yang biasanya tidur lelap maka bisa berubah jadi insomnia berkepanjangan.

3. Maksimalkan Waktu di Siang Hari
Jika seseorang lebih aktif di siang hari, maka akan lebih mudah untuk terlelap di malam hari. Tentu saja, untuk mengatasi insomnia, jenis aktifitas yang dibutuhkan adalah aktifitas fisik. Misalnya bekerja, pergi ke kampus, menjalankan bisnis, belajar membaca ayat suci Al Quran dan banyak lagi. Hal tersebut akan mengakibatkan peredaran darah lebih lancar dan tubuh membutuhkan istrirahat di malam hari.

4. Tidak Memaksakan Diri
Cara mengatasi susah tidur selanjutnya adalah tidak memaksakan diri untuk tertidur lelap biasanya hanya akan menjadi boomerang. Banyak orang suka memaksakan diri supaya bisa tidur karena keesokan harinya akan melakukan sesuatu yang penting. “Aku harus tidur, saya harus tidur,” kalimat yang diucapkan berkali-kali di dalam hati itu bukannya membuat mengantuk dan tertidur. Semakin keras berusaha, malah makin tidak bisa tidur. Cobalah untuk rileks dan santai.

5. Berpikir Positif
Biasanya orang-orang susah untuk tidur saat dalam keadaan gelap, atau sunyi, dikarenakan mereka merasa ketakutan atau pikiran negatife selalu menghantui otaknya. Nah, jika sudah begitu, lebih baik kamu tidak memikirkan hal-hal yang negatif, sebaiknya kamu harus pikirkan hal-hal yang positife, atau agar lebih nyaman lagi, sebelum tidur ada baiknya membaca doa dahulu, agar pikiran menjadi tenang dan nyaman.

6. Tidurlah Pada Jam yang Sama
Mengatasi susah tidur selanjutnya adalah tidur pada jam yang sama. Tubuh manusia memiliki jam biologis, yang bisa diatur dengan melakukan aktivitas berulang-ulang. Jika tiap malam tidur jam 22.00, maka sebaiknya mulai tidur sekitar jam tersebut. Begitu pula jam bangun tidur. Asalkan tidak terlalu sering merubah jam tidur, dengan membiasakan diri, tubuh manusia akan menyesuaikan secara otomatis. Atur pernapasan agar lebih dalam dan panjang, hal ini bisa membantu tubuh menjadi lebih rileks.

7. Olahraga
Olahraga bukan hanya membuat kita merasa lelah, tapi organ-organ tubuh seperti otak,jantung dan lain-lain akan terstimulasi menjadi aktif, sehingga membutuhkan waktu untuk pendinginan. Itulah sebabnya para ahli mengatakan tidak hanya untuk mengencangkan otot dan meningkatkan stamina tubuh. Ada banyak manfaat lain seperti efek psikologi yang disebabkan karenanya, dan ini membuktikan bahwa berolahraga memiliki multi manfaat.

8. Disiplin
Tulislah rencana yang harus diselesaikan hari itu, jangan lupa mengatur waktunya.
Selesaikan apa yang telah dimulai. Kadang juga membuat malas untuk menyelesaikan pada keesokan harinya. Meninggalkan pekerjaan setengah jadi bisa menyulitkan Anda untuk rileks sebelum tidur, karena akan menjadi beban pikiran. Biasakan disiplin untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan tepatilah apa yang telah direncanakan. Hal ini akan sangat membantu untuk mengatasi susah tidur.

9. Ritual
Langkah terakhir yang harus dilakukan untuk mengatasi susah tidur atau insomnia adalah menciptakan suasana damai dan tenang dengan berdoa. Ritual menjelang tidur diperlukan untuk memberi sinyal kepada tubuh bahwa saat ini adalah waktunya tidur. Tinggalkan beban pikiran dan tubuh dengan aktivitas yang menyenangkan. Misalnya, pada jam tertentu Anda mengunci semua pintu, memadamkan lampu, naik ke tempat tidur, lalu baca do’a sebelum tidur. Jika ritual ini dilakukan setiap malam, maka tubuh manusia akan memahami kapan harus tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.