Cara Mengatasi Perut Buncit

Posted on

Cara mengatasi perut buncit tidak semudah yang dibayangkan. Namun jangan khawatir, semua ada solusinya. Berikut penjelasannya:

1. Hindari miras
Berhenti minum miras atau minuman beralkohol lainnya. Alkohol adalah salah satu minuman yang menjadi penyebab utama pada perut buncit.

2. Air putih
Cara mengecilkan perut dengan minum air putih minimal 8 gelas sehari, selain dapat menetralisir racun dalam tubuh, juga memperbaiki metabolisme serta pencernaan ketika tidur.

3. Mengunyah sampai lembut
Mengunyah makanan sampai lembut adalah trik lain untuk menurunkan berat badan. Untuk membakar timbunan lemak di perut, kunyah makanan Anda sampai benar-benar lembut. Cara ini dapat mencegah kembung dan juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan cara ini, Anda akan makan lebih sedikit dan dapat mengontrol berat badan.

4. Hindari makanan gorengan
Sebisa mungkin makanan jenis ini harus kita hindari. Makanan dengan proses digoreng mengandung lemak jenuh. Lemak jenuh merupakan zat yang sukar dicerna pencernaaan manusia.

5. Kurangi makanan berkarbohidrat
Makanan berkarbohidrat walaupun sederhana dapat menimbulkan tumpukan lemak dalam tubuh, jika tidak segera terbakar seperti melakukan aktifitas, berolahraga dll. Contoh makanan berlemak tinggi adalah jagung, nasi, roti, dll. Diutamakan saat mengkonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi dibarengi dengan makan sayur-sayuran atau makanan yang berwarna hijau.

6. Perbanyak konsumsi makanan berserat tinggi
Beras merah dan buah-buahan adalah salah satu jenis makanan yang mengandung serat yang tinggi. Perut buncit dapat diakibatkan karena pencernaan yang tidak lancar. Oleh sebab itu, harus banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat untuk membantu melancarkan pencernaan dan mengurangi lemak di perut. Sumber serat baik yang dapat dikonsumsi adalah dari kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran, protein, dan daging tanpa lemak.

7. Kurangi konsumsi garam berlebihan
Saat ini hampir semua makanan olahan pasti dibumbui garam, karena makanan tanpa garam akan hambar rasanya. Kita harus pandai memilih makanan dengan kadar garam yang rendah agar kebuncitan perut tidak terjadi.

8. Hentikan ngemil
Suka ngemil membuat perut semakin buncit. Jadi pelan-pelan coba kurangi kebiasaan ngemil sampai benar-benar bisa menghentikannya. Atau, pilih camilan yang lebih menyehatkan seperti buah-buahan segar daripada keripik yang rasanya asin.

9. Jangan banyak begadang
Kurang tidur bikin nafsu makan lebih banyak. Ketika lelah, akan menghasilkan lebih banyak ghrelin, yang memicu keinginan untuk makan makanan manis dan berlemak. Kurang tidur juga dapat mengubah produksi hormon, mempengaruhi tingkat kortisol yang menyebabkan sensitivitas insulin, alasan utama untuk perut buncit. Mendapatkan sekitar 7 jam waktu tidur di malam hari adalah salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan untuk menghilangkan perut buncit.

10. Vitamin C
Vitamin ini membantu menyeimbangkan hormon kortisol yang muncul. Vitamin C juga penting untuk membuat karnitin, suatu senyawa yang digunakan oleh tubuh untuk mengubah lemak menjadi bahan bakar.

11. Olahraga
Seberapapun usaha untuk mengecilkan perut buncit namun tidak dibarengi dengan olahraga, hasilnya akan sia-sia. Dengan melakukan sit-up 20-30 kali dan peregangan di daerah perut di pagi hari dan sebelum tidur dapat membantu untuk mengecilkan perut. Dengan berolahraga, makanan yang telah dikonsumsi pun akan menjadi energi dan bukan menjadi lemak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *