Nov 282015
 
Kopi Hijau Pelangsing Paling Efektif

Cara mengatasi masuk angin yang sedang melanda tubuh bisa dengan teknik alami ataupun obat. Adapun masuk angin bisa diartikan sebagai suatu penyakit yang disebabkan karena berkumpulnya gas yang tidak merata di dalam tubuh. Penyakit yang tidak bisa di buktikan oleh dunia kedokteran tapi dapat merasakan akibatnya. Suka begadang berlebihan dan cuaca yang ekstrim adalah salah satu penyebabnya.

Penyebab masuk angin sebenarnya sangat beragam. Terlalu capek atau lelah juga bias menyebabkan masuk angin. Biasanya sering terjadi di musim pancaroba atau musim peralihan yaitu dari udara panas ke udara dingin. Penyempitan pembuluh darah menyebabkan peredaran darah dalam tubuh berkurang.

Gejala masuk angin perlu diketahui bersama. Dengan mengetahuinya maka bisa membedakan dengan gejala penyakit yang lain, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Tubuh merasa menggigil, meriang dan tidak enak.
  • Badan terasa menggigil kedinginan.
  • Sering bersendawa.
  • Perut terasa kembung.
  • Pusing.
  • Berkeringat dingin.
  • Mangalami kesulitan untuk buang angin.
  • Badan lemas dan tidak ada nafsu makan.

Cara Mengatasi Masuk Angin

cara mengobati masuk angin

Jika sudah timbul gejala-gejala tersebut maka segeralah bersiap-siap agar tidak lebih parah. berikut ini beberapa cara mengatasi masuk angin yang bisa dicoba:

1. Cara Mengatasi Masuk Angin dengan Tidur yang Cukup
Ketika Anda kekurangan waktu tidur maka bisa jadi daya tahan tubuh Anda berkurang. Itulah sebabnya berbagai penyakit dengan mudah menyerang Anda. Membobol kekebalan tubuh Anda dan membuat Anda tak berdaya menangkal berbagai virus atau kuman penyebab penyakit.

Sebaiknya cukupkan kebutuhan tidur Anda. Minimal dalam sehari sebaiknya tidur 5 jam pada malam hari, dan 1-2 jam pada siang hari jika memungkinkan. Pastikan tidur Anda berkualitas agar bisa kembali me-recharge tubuh Anda yang memang sudah letih karena sudah bekerja seharian.

Siapkan diri Anda untuk tidur jika Anda sudah terasa mengantuk. Mengantuk adalah salah satu tanda bahwa tubuh butuh istirahat. Kecuali jika memang menderita insomnia. Buatlah diri Anda nyaman dan siap untuk tidur. Caranya yaitu dengan mandi air hangat, rileks dan akhirnya tertidur.

2. Cara Mengatasi Masuk Angin dengan Jaket dan Selimut
Jaket dan selimut berfungsi untuk melindungi dari angin yang bisa membahayakan tubuh Anda karena masuk angin. Terutama untuk aktivitas yang dilakukan di luar rumah atau ketika bepergian seperti jalan-jalan pusat perbelanjaan, ke gunung atau sekedar berjalan kaki atau bermain di taman.

Selain tubuh menjadi lebih hangat, selimut dan jaket juga bisa melindungi Anda dari udara dingin dan angin yang tertiup kencang. Angin ini dapat membawa berbagai virus dan penyakit yang ada di sekeliling Anda. Penyakit yang seringkali keberadaannya tidak disadari.

Jika dalam cuaca yang cukup panas Anda bisa gunakan jaket dari bahan kain yang ringan, namun cukup menghangatkan dan menutup bagian perut. Bagian ini adalah bagian tubuh yang menjadi tempat rentan untuk masuknya angin. Gunakan juga kaos dalam untuk melindungi badan. Jika Anda menggunakan sepeda atau sepeda motor, Anda bisa gunakan rompi untuk menahan hawa dingin.

3. Cara Mengatasi Masuk Angin dengan Makan Tepat Waktu
Jika perut telah terisi makanan maka kemungkinan perut kembung karena masuk angin sangat kecil. Itulah sebabnya, usahakan untuk makan tepat waktu. Tidak membiarkan perut Anda kosong dalam waktu yang lama. Yang terpenting tentunya makan pagi atau sarapan.

Dengan begitu, Anda cukup membekali tubuh Anda untuk menghasilkan energi. Energi yang akan sngat berguna untuk Anda gunakan dalam beraktivitas baik ke kantor, sekolah atau untuk aktivitas apapun yang biasa Anda lakukan sehari-hari. Sarapan juga terbukti dapat mempertinggi kekebalan tubuh Anda dari berbagai penyakit.

4. Cara Mengatasi Masuk Angin dengan Jangan kelamaan di Ruangan ber AC
Air Conditiner yang digunakan untuk menyaring udara dan membuat udara bersih, kadang kala jusru membuat Anda mudah terserang penyakit. Penyebabnya karena kondisi udara di dalam ruangan yang selalu harus tertutup tersebut justru menjadi buruk. Penyebabnya adalah kurangnya sirkulasi udara alamiah dalam ruangan tersebut.

Akibatnya bisa masuk angin, sakit kepala, migrain, dan lain sebagainya. Hal ini disebabkan oleh angin yang membuat Anda masuk angin. Namun angin yang dimaksud adalah angin buatan yang terus disaring oleh AC. Upayakan untuk memastikan perawatan dan pembersihannya dilakukan secara rutin. Tujuannya agar AC bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk menyejukan ruangan dan membersihkan udara di ruangan Anda.

5. Cara Mengatasi Masuk Angin dengan Kerokan
Manfaat kerokan bagi kesehatan adalah untuk mengatasi masalah masuk angin pada tubuh. Saat dilakukan terapi kerokan punggung akan digosok yang akan terjadi inflamasi dengan tujuan untuk menentralisir rasa sakit dan membuka pori-pori sebagai jalan angin keluar dari dalam tubuh. Inflamasi biasanya ditandai dengan warna kemerah-merahan karena terjadi proses peradangan yang mengandung banyak darah akibat dari pembuluh kapiler yang awalnya kosong karena penyempitan telah melebar dan diisi dengan aliran darah.

6. Cara Mengatasi Masuk Angin dengan Jahe dan Madu Hangat

7. Cara Mengatasi Masuk Angin dengan Obat
Sekarang cukup banyak obat-obatan yang bisa Anda dapatkan di warung terdekat atau di apotek. Obat-obat tersebut juga bisa Anda gunakan untuk menghindari diri Anda dari masuk angin. Terutama jika Anda memang hendak bepergian ke tempat-tempat yang memang anginnya tak terkendali.

Minumlah obat masuk angin sebelum dampaknya menjadi semakin parah. Anda bisa menggunakan obat yang diminum mulai dari obat yang berbentuk tablet atau cair. Kemudian simpanlah obat masuk angin tersebut di kotak obat sebagai persediaan. Obat-obat ini akan menjadi pertolongan pertama bagi Anda dari masuk angin. Ketika gejalanya sudah mulai terasa, segera gunakan obat-obatan tersebut.

Temasuk salah satu cara mengatasi masuk angin yang paling penting adalah meningkatkan daya tahan tubuh dengan makanan bergizi dan olahraga. Hal ini membuat tambahan energi untuk melakuan berbagai ativitas Anda sehari-hari.

 Leave a Reply

(required)

(required)