Apr 152014
 
Bisnis PayTren/Treni -Ustadz Yusuf Mansur

Cara berhenti minum miras adalah mulai dari mempersiapkan tekad yang kuat untuk mejalankan serangkaian kegiatan. Agar efektif, proses tersebut harus ditunjang oleh perubahan gaya hidup.

Cara berhenti minum miras dengan proses detoksifikasi, adalah menghilangkan racun yang menumpuk di dalam tubuh. Proses ini hanya melengkapi, sebab upaya untuk mengatasi kecanduan harus dimulai dengan niat dari si pecandu sendiri. Pada proses ini, air akan meluruhkan racun-racun dan pengotor di dalam tubuh.

Depresi yang timbul dari detoksifikasi  menyebabkan perasaan gelisah dan mudah marah. Pada kondisi yang parah, efek samping detoksifikasi bisa memicu tremor (gemetar) atau halusinasi. Kondisi tersebut membutuhkan obat penenang yang harus dibeli dengan resep dokter.

Proses tersebut akan efektif jika disertai perubahan gaya hidup. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Konsumsi buah segar dan sayur-sayuran
Jus buah bit (beetroots) diyakini berkhasiat membersihkan hati, sementara jus wortel mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Untuk mendukung proses detoksifikasi, kombinasikan jus buah bit, wortel dan apel. Jus cranberry juga bisa ditambahkan, karena mampu memurnikan tubuh dari racun.

2. Banyak minum air putih
Untuk membersihkan racun alkohol, seseorang harus menambah konsumsi carian sebanyak 2-3 liter/hari karena sel-sel dalam tubuh butuh cairan agar bisa berfungsi dengan baik. Saat melakukan detoksifikasi, cairan yang cukup akan sangat membantu sistem kekebalan tubuh. Cairan juga akan melancarkan pembuangan racun-racun termasuk sisa alkohol dari dalam tubuh.

3. Konsumsi suplemen dan herba
Beberapa jenis herba atau tumbuhan dan suplemen yang mengandung vitamin B dapat membantu mengurangi ketegangan fisik maupun psikis yang muncul selama proses detoksifikasi alkohol. Konsultasikan dengan dokter atau konsultan herbal, suplemen apa yang cocok dengan kondisi individual masing-masing.

4. Memperbanyak aktivitas olahraga
Proses detoksifikasi bisa memicu depresi, yang bisa diredakan dengan melakukan yoga atau olahraga lainnya secara teratur. Karena banyak potasium yang dikeluarkan bersama keringat, imbangi dengan lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayuran. Pisang, melon, tomat, jeruk sitrus dan sayuran hijau banyak mengandung potasium.

5. Dukungan keluarga dan orang terdekat
Berhenti minum miras perlu dukungan dari pihak keluarga atau orang terdekat. Selalu berada di sampingnya dalam suka dan duka. Tunjukkan solidaritas untuk membantu mengatasi rintangan terbesar dalam hidupnya. Hal ini merupakan faktor motivasi terbesar untuk seorang pecandu alkohol. Buang semua benda yang berbau miras dan jangan disimpan dalam rumah.

Bisnis PayTren/Treni -Ustadz Yusuf Mansur

 Leave a Reply

(required)

(required)