Cara Ampuh Mencegah Pencurian Kendaraan Bermotor

Cara Ampuh Mencegah Pencurian Kendaraan Bermotor. Zaman sekarang, kasus curanmor semakin marak tiap hari terjadi, terutama wilayah Jabodetabek. Sebaiknya selalu waspada dari aksi kriminal. Meningkatkan keamanan sangat penting sekaliuntuk meminimalisir korban kejahatan curanmor. Kunci rahasia kendaraan bermotor tidak boleh diketahui siapapun kecuali pemiliknya.

Semakin lama kasus tersebut terus meningkat, pasti hal ini juga akan membuat kita resah bercampur gelisah, dan akan memaksa kita untuk waspada agar tidak kehilangan kendaraan kesayangan kita. Mungkin tips berikut ampuh untuk mencegah pencurian kendaraan bermotor bisa dilakukan:

  1. Parkir di tempat parkir resmi dan aman. Usahakan untuk selalu parkir di tempat parkir resmi dengan tingkat pengawasan dan keamanan yang tinggi. Tempat tersebut juga harus terdapat petugas parkir yang selalu menjaga, terlebih lagi tempat yang dapat terlihat oleh mata dan selalu mendapat pengawasan dari pemiliknya. Sehingga ketika terdapat aksi mencurigakan, bisa langsung mendekatinya dan menggagalkan aksi si pencuri. Kalau bisa, pilih saja lokasi parkir yang terdapat petugas yang selalu memeriksa STNK ketika akan meninggalkan tempat parkir, ada tiket bukti parkir, ada kamera pengawas CCTV, dan banyak petugas keamanan yang menjaga di sekitar tempat parkir.
  2. Masukkan gigi motor anda ke gigi 2 atau 3, karena ini juga akan membantu sedikit memperlambat si pencuri dalam menggendong kabur motor anda.
  3. Berikan tambahan kunci pengaman pada motor. Menambahkan pengaman di kendaraan motor. Sebagai contoh, dengan memasang pengunci cakram, diikat dengan kawat atau kabel, dan juga bisa pasang pelacak.
  4. Parkir di tempat yang mudah diawasi. Jika memarkir kendaraan di depan rumah, baik rumah sendiri maupun rumah orang lain, serta di tempat umum, seperti minimarket, sekolah, warung, warnet, dan wartel, sebaiknya parkir di tempat yang mudah terlihat dari dalam serta pasang mata dan telinga Anda. Jangan sampai lalai karena pencuri sepeda motor hanya butuh lebih kurang satu menit atau kurang untuk menggasak motor Anda.
  5. Waspada terhadap mobil boks, pikap, dan truk yang berada di samping motor Anda. Dari beberapa kasus yang terjadi, pelaku curanmor menggunakan jenis mobil-mobil tersebut yang parkir di samping atau sekitar lokasi parkir motor Anda. Pencuri motor dapat dengan cepat menggotong motor Anda, kemudian membawa kabur motor Anda untuk selama-lamanya.
  6. Amankan barang berharga bawaan Anda. Hati-hati pula terhadap barang-barang berharga yang Anda bawa. Jika ada tempat penitipan helm dan jaket, segera titipkan di tempat tersebut. Jika Anda khawatir dengan tempat penitipan, Anda bisa pasang kotak atau boks motor di belakang motor Anda untuk menyimpan barang, seperti helm, berkas, jaket, uang, jaket jas hujan, uang, alat mekanik, payung, senter, air minum, dan baju ganti.
  7. Jangan melepas body atau bemper. Bemper atau body ialah aksesoris yang menutupi motor, bagian yang jangan dilepas adalah bagian samping kanan dan kiri serta depan. Karena dengan dicopotnya bemper atau body tersebut akan memudahkan si pencuri.
  8.  Melepas kabel busi motor, kebanyakan pencuri mencuri motor dengan membobol motor anda, sehingga pastinya mereka akan secepatnya menghidupkannya baru kemudian membawanya lari. Nah, agar motor tersebut tidak hidup walaupun di bobol, maka dapat kita lakukan pencegahan dengan mencopot kabel busi atau jika lebih mantab businya saja. Tindakan ini juga akan membuat si maling kebingungan dan panik, selain karena tidak bisa membuat motor hidup, juga akan membuat orang lain disekitar tempat tersebut curiga.
  9. Mengurangi perhatian pencuri untuk motor yang terlihat bagus, baru, dan berdaya jual tinggi dengan sistem pengamanan yang kurang sangat disukai oleh pelaku curanmor. Sementara motor yang sudah kelihatan jelek dengan pengamanan yang cukup dan bila dijual harganya murah termasuk jenis motor yang aman dari pencurian motor. Menutup motor Anda dengan kain penutup motor dapat mengurangi perhatian pencuri dan akan mempersulit pencuri untuk melaksanakan aksinya. Dengan menutup motor dengan bahan anti-air, juga dapat melindungi motor dari kehujanan dan terik sinar matahari.
  10. Membina hubungan baik dengan petugas parkir dan tetangga. Jika parkir di tempat yang rutin atau sering, misalnya di kampus, kantor, rumah, minimarket, dan warung, Anda bisa pelan-pelan membina hubungan baik dengan orang di sekitarnya. Jika ada waktu, ajak petugas parkir ngobrol, nongkrong, dan sebagainya. Kalau punya uang lebih, kita bisa kasih uang rokok ke petugas parkir tersebut. Tujuannya adalah agar tukang parkir jadi kenal dan otomatis kenal dengan motor yang kita pakai.
  11. Jangan jadi pelupa untuk mengambil kunci kendaraan bermotor anda, dan juga jangan lupa untuk mengunci  motor anda. Karena banyak sekali kejadian pencurian motor yang disebapkan oleh kelalaian si pemilik motor itu sendiri.
  12. Berdoa dan tawakal kepada Allah Taala, agar selalu aman dari bahaya dan kejahatan yang mengancam. Terutama aman dan mencegah pencurian kendaraan bermotor.
One Response
  1. tanjakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *