Bukti Kemukjizatan Al-Quran Sebagai Kalam Allah Ta’ala

Bukti kemukjizatan Al-Quran sebagai kalam Allah Ta’ala diturunkan kepada Rasulullah saw untuk dijadikan pedoman hidup bagi umat manusia yang ingin selamat dunia dan akhirat. Ajaran didalamnya menerangi jagad raya, alam semesta beserta isinya. Membaca dan mempelajarinya dapat meningkatkan ketaqwaan kepada Ilahi. Kehebatannya tidak perlu diragukan lagi. Selain itu juga sebagai penyempurna kitab-kitab sebelumnya, diantaranya seperti kitab zabur, taurat, dan injil.

Bukti kemukjizatan Al-Quran sebagai kalam Allah yang paling utama adalah tentang akhlak dan moral. Hal ini sesuai dengan hadits yang berbunyi akhlak Rasulullah SAW adalah Al Quran. Akhlak merupakan perilaku dasar yang dimiliki oleh seluruh manusia. Akhlak yang dimiliki manusia itu terdiri atas akhlak baik dan akhlak buruk. Sehingga bisa bertakwa kepada Allah Swt dengan mengerjakan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

Macam-macam mukjizat Al-Quran di zaman modern diantaranya firman Allah yang berbunyi, “Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha Suci lah Allah, Pencipta Yang Paling Baik.” (Al-Mukminun: 12-14)

Bukti Kemukjizatan Al-Quran Sebagai Kalam Allah Ta’ala

Bukti Kemukjizatan Al-Quran Sebagai Kalam Allah

Keutamaan Al-Quran dan dalilnya bagi umat Islam merupakan kesempatan emas yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Banyak hal-hal yang bisa diambil manfaat dan pelajaran di dalam mengarungi kerasnya kehidupan. Berikut ini adalah beberapa bukti kemukjizatan Al-Quran sebagai kalam Allah Ta’ala:

1. Al-Qur’an Terjaga Keasliannya
Kemukjizatan Al-Qur’an yang pertama adalah salah satu kitab suci yang terjaga keasliannya sampai hari kiamat. Ayat-ayat Al-Qur’an, sejak diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW, redaksinya masih tetap sama sampai sekarang. Al-Qur’an senantiasa terjaga keasliannya karena kalam Allah Swt. Inilah sebagai salah satu bukti kemukjizatan Al-Qur’an.

2. Al-Qur’an Memiliki Bahasa yang Indah
Bukti mukjizat Al-Qur’an tidak diragukan lagi kehebatannya. Di samping sebagai sumber segala hukum dan ilmu pengetahuan, juga memiliki bahasa yang indah. Bahasa Al-Qur’an begitu puitis. Al-Qur’an bukan kitab puisi atau sastra. Namun, keindahan bahasanya tiada tara. Selain susunan bahasa Al-Qur’an sangat indah pada saat dilantunkan, efeknya bisa menenangkan hati yang membaca maupun yang mendengarnya.

3. Al-Qur’an Sumber Segala Hukum
Salah satu kemukjizatan Al-Qur’an adalah sumber segala hukum. Al-Qur’an memuat berbagai aturan-aturan atau perundang-undangan bagi kebahagiaan hidup manusia. Baik di dunia maupun di akhirat. Al-Qur’an adalah sumber hukum utama umat Islam. Hukum-hukum atau aturan-aturan itu mencakup segala aspek kehidupan manusia. Mulai dari dimensi ritual, sosial, pendidikan, pemerintahan, perniagaan, dan lain-lain.

4. Al-Qur’an Memuat Ilmu Pengetahuan
Di antara bukti kemukjizatan Al-Quran yang lain adalah sumber ilmu pengetahuan. Sebagai sumber pengetahuan di masa lampau maupun di masa yang akan datang. Para ahli, baik dari kalangan muslim maupun non muslim, berlomba untuk mengkaji dan menggali sumber-sumber ilmu pengetahuan di dalamnya. Banyak ayat Allah yang berisi tentang bagaimana proses penciptaan alam semesta dan berbagai seluk beluk kehidupan di bumi. Pengetahuan semacam ini belum terjangkau pada zaman Rasulullah.

Ilmu dan teknologi dalam Al-Qur’an selangkah lebih maju dibandingkan penemuan-penemuan para ahli di zaman modern ini. Namun, kini para ilmuwan sudah membuktikan kebenaran Al-Qur’an. Hal ini membuktikan bahwa Al-Qur’an adalah kitab yang memiliki kemukjizatan luar biasa. Al-Qur’an saja begitu luar biasa, apalagi pencipta alam semesta ini? Subhanallah.

5. Al-Qur’an Sumber Kebaikan dan Hikmah
Orang yang belajar membaca Al-Qur’an walaupun terbata-bata akan mendapat pahala. Apalagi jika bacaannya tartil. Kitab suci Al-Qur’an mengandung banyak hikmah. Di samping itu, Al-Qur’an juga dapat dijadikan obat (pelipur) bagi hati yang sedang gundah gulana.

Demikianlah postingan tentang bukti kemukjizatan Al-Quran sebagai kalam Allah Ta’ala, semoga bermanfaat dunia akhirat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *