Baju muslim sebagai cerminan akhlak mulia

Baju Muslim Sebagai Cerminan Akhlak Mulia dan Moral Baik

Posted on

Baju muslim sebagai cerminan akhlak mulia dan moral baik, seiring perkembangan zaman, dunia fesyen semakin menunjukkan eksistensinya. Begitu banyak kreasi model yang diciptakan, bahkan hijab style. Akan tetapi, ada beberapa jenis busana yang tidak lekang dimakan zaman. Dengan sedikit kreasi, maka begitu mudah dipadupadankan dengan busana lainnya sehingga tak perlu ambil pusing jika ingin memakainya. Hal ini tentu menjadi hal yang baik untuk perkembangan trend model baju di Indonesia.

Desain baju muslim modern sangat beragam dan tentunya menarik hati masyarakat. Apalagi dengan perkembangan konsumen yang sangat banyak dan aktualisasi pribadi yang bisa disampaikan oleh masing-masing konsumen. Siapa pun Anda, konsumen atau pemilik perusahaan akan dengan mudah menunjukan karakter pada diri sendiri dengan berperilaku akhlak mulia dan moral yang baik.

Pada zaman dulu, baju muslim di Indonesia belum berkembang seperti sekarang ini. Bahkan, bisa dibilang hanya berfokus pada pakaian yang menutup aurat. Rok panjang dengan model yang itu-itu saja, celana panjang longgar yang tidak memiliki model lain, kerudung dengan gaya, motif, serta model yang begitu-begitu saja membuat fashion muslim dulu dinilai ketinggalan zaman.

Akan tetapi tidak berlaku pada fashion busana muslim yang saat ini berkembang. Berbagai macam model busana muslim seolah menjadi produk utama yang ditawarkan oleh berbagai macam produksi fashion di Indonesia. Tidak hanya itu, fashion hijab style pun saat ini banyak dikreasikan. Di berbagai media sosial banyak dijelaskan cara pemakaian hijab, pemakaian kerudung untuk berbagai acara seperti kerudung untuk pesta, kerudung untuk jalan-jalan, kerudung untuk kuliah, hingga gaya berkerudung turban yang masih menjadi trend pun tersebar di segala media sosial tanah air.

Model baju muslim adalah sebagai cerminan akhlak mulia bagi tiap orang yang memakainya. Banyaknya pilihan fashion yang berkembang saat ini seperti busana muslim dewasa hingga anak-anak. Ditambah lagi banyaknya public figure yang membawa model baju membuat semua kalangan yang berhijab tidak kehabisan dalam menggunakan outfit sehari-harinya.

Selalu Berperilaku Akhlak Mulia

Baju muslim sebagai cerminan akhlak mulia

Ketika memakai pakaian muslim seperti baju takwa, maka sebaiknya juga menjaga perilaku yang baik atau akhlak mulia. Menunjukkan akhlak Islami membuat menjadi pribadi yang berderajat tinggi. Bukan pribadi yang suka melanggar larangan Allah dan Rasul-Nya. Diantara akhlak mulia seperti, berbakti kepada Ayah Ibu, jujur, rendah hati, mendirikan Shalat 5 waktu, bersedekah dan banyak lagi.

Janganlah di saat Anda mengenakan baju muslim masih mencolek atau berpegangan tangan dengan wanita yang bukan isteri atau wanita yang diharamkan nikah dengan Anda. Pasalnya, akan menampilkan kesan bahwa baju yang dipakai tak menimbulkan kewibawaan sedikitpun kepada si pemakai.

Seharusnya, jika sudah mengenakan fashion muslim, perilaku kepada Allah Swt dan sesama manusia dijaga dengan baik. Sehingga keseganan orang sekitar pun menjadi muncul. Tentu saja keseganan yang dimaksud adalah orang lain yang barangkali kurang mengenal Anda. Atau orang lain yang sudah mengenal Anda tapi belum begitu dekat.

Namun bila perilakunya tetap seperti orang yang tak mengenakan baju muslim alias seperti orang fasik, maka bisa menimbulkan dosa akibat ulah sendiri. Inilah hakikatnya makna bagaimana Anda berpakaian akan tampak seperti apa kepribadian Anda. Jika Anda bisa berpakaian yang sopan, maka kepribadian Anda pun bakal dinilai orang baik. Namun semua itu akan menjadi tampak nyata, ketika Anda menghubungkannya dengan perilaku Anda.

Akhlak merupakan barometer baik atau buruknya seorang manusia. Jangan sampai orang yang seharusnya hormat kepada Anda berubah menjadi tak hormat. Seharusnya ia segan kepada Anda berubah menjadi tak segan. Terutama kepada orang yang lebih tua seperti Ayah, Ibu, Paman, Kakek dan Nenek. Karena itu, jagalah perilaku Anda saat mengenakan pakaian muslim.

Busana Muslim Sebagai Cerminan Moral Yang Baik
Selama mengenaikan pakaian muslim, hendaknya tetap bermoral dengan menjaga ucapan. Gunakanlah kata-kata yang baik dan lembut. Hindarilah kata-kata yang kurang sopan, apalagi kata-kata yang kotor. Pasalnya, pakaian kewibawaan yang dipakai menunjukkan sebagai pribadi yang saleh atau salehah.

Moral yang paling baik sebenarnya terdapat dalam agama, karena nilai-nilai moral yang dapat dipatuhi dengan kesadaran sendiri tanpa ada paksaan dari luar, datangnya dari keyakinan beragama yang harus ditanamkan sejak kecil. Lingkaran sosial berpengaruh besar dalam pengembangan mental, moral sosial dan segala aspek kepribadian seseorang.

Sebaiknya tidak menggunakan busana muslim jika berniat untuk mencelakakan orang lain atau bermoral buruk. Moral buruk diantaranya seperti mencuri barang orang lain, mengkorupsi uang Negara, memfitnah, menggoda istri tetangga, tidak melaksanakan kewajiban puasa Ramadhan, durhaka kepada ortu dan banyak lagi.

Maka dari itu, baju muslim sebagai cerminan akhlak mulia dan moral baik. Ketika memakainya, maka seakan mengajak untuk menjadi pribadi yang saleh. Tak salah bila muslim yang baik adalah muslim yang mampu menjaga lisan dan tangannya. Orang segan kepada Anda tak terlepas dari model baju yang Anda kenakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *