Sep 132015
 
Bisnis PayTren/Treni -Ustadz Yusuf Mansur

Ayat Al Quran tentang ilmu dan pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kemajuan dunia dan manusia. Tidak ada batasan waktu bagi seseorang untuk terus belajar, yakni sejak lahir hingga seseorang tersebut meninggal dunia. Tidak hanya sebagai hal yang bisa membantu dalam perkembangan dunia, namun juga bisa menjadi sebuah titik tolak atau motivasi untuk bekal di akhirat kelak, bahkan sebagai pedoman hidup. Hal ini bisa dilakukan dengan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari untuk bisa lebih mendekatkan diri kepada Sang Maha Sempurna.

Ayat Al Quran tentang ilmu dan pendidikan adalah segala hal yang berkaitan dengan belajar, terutama mempelajari akhlak mulia dan terpuji agar bisa memperoleh kebahagiaan sejati. Karena hal tersebut menjadi kunci untuk bisa menghadapi kehidupan dengan sebaik-baiknya dan tidak mengalami kesulitan karenanya. Sehingga dapat disimpulkan berupa informasi yang dihasilkan oleh pemahaman dan pengalaman yang kemudian direkam dalam memori manusia sebagai bentuk ingatan atas teori tersebut.

Beberapa ayat Al Quran tentang ilmu dan pendidikan merupakan hal yang sangat menentukan masa depan seseorang. Karena manusia terlahir ibarat lembaran kertas putih yang bersih, kosong dari goresan kehidupan, suci dari apapun. Merupakan calon-calon pemimpin bangsa di masa depan, sehingga apa yang diajarkan akan mewarnai kehidupan selanjutnya. Tapi, akankah lembar kosong tersebut dicoret dengan goresan tak bermakna ataupun bermanfaat? tergantung masing-masing individu.

Berbagai pengetahuan dari untaian ayat-ayat Al Quran dapat dipelajari dimana saja dan kapan saja. Pendidikan sangat penting karena untuk melengkapi generasi muda dengan keahlian yang diperlukan dalam dunia kerja serta membantu untuk mewujudkan tujuan karir. Keahlian merupakan pengetahuan yang mendalam mengenai suatu bidang tertentu yang dapat membuka peluang karir bagus untuk masa depan. Sehingga dengan adanya pendidikan yang layak dan baik maka dapat membantu manusia untuk mewujudkan impian sesuai tuntunan kitab suci Al Quran dan Islam.

Ayat-ayat Al Quran memberikan pelajaran yang begitu penting bagi manusia mengenai dunia dan akhirat, mengembangkan perspektif dalam memandang kehidupan. Pendidikan yang sebenarnya diperoleh dari pelajaran yang diajarkan oleh kehidupan sehari-hari. Orang dengan pendidikan yang tinggi biasanya akan lebih bijak dalam menyelesaikan suatu masalah, penyebabnya dikarenakan mereka sudah menerapkan ilmu pengetahuan dalam kehidupan.

Ayat Al Quran Tentang Ilmu dan Pendidikan

Ayat Al Quran Tentang Ilmu dan Pendidikan

Ilmu merupakan berbagai macam gejala yang ditemui oleh manusia menurut pengamatan akal dan pengalaman rasio. Bila disertai dengan tindakan nyata seseorang untuk bisa merealisasikan kandungan ayat suci Al Quran yang dipelajari maka menjadi satu tindakan riil yang mampu membuat perubahan ke arah yang lebih baik. Oleh sebab itu, pendidikan hanya akan berhasil apabila manusia mempergunakan akal dan hatinya untuk memahami kejadian atau peristiwa tertentu.

Untuk menguasai ilmu tertentu, maka salah satu langkah konkrit yang dilakukan adalah dengan menikmati proses belajar. Dan proses tersebut diikuti pada institusi in formal maupun formal serta non formal. In formal berarti di lingkungan keluarga, formal berarti di lingkungan sekolah, dan non formal berarti di lingkungan masyarakat. Dengan membaca Al Quran serta menghayati kandungannya, manusia belajar tentang persamaan dan inkonsistensi dalam setiap sistem kepercayaan, dan bagaimana setiap agama telah berkembang dari sebuah kultus lokal untuk setara global yang modern. Berikut adalah ayat Al Quran tentang ilmu dan pendidikan:

1. “Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari ‘alaq. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajarkan manusia dengan pena, Dia mengajar manusia apa yang tidak diketahuinya.” (Al Alaq: 1-5)

2. “Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.” (Al Mujadalah: 11)

3. “Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang menegakkan keadilan. Para malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (Ali Imran: 18)

4. “Dan katakanlah (wahai Nabi SAW) tambahkanlah ilmu kepadaku.” (Toha: 114)

5. “Katakanlah, apakah sama antara orang yang mengetahui dengan orang yang tidak mengetahui.” (Az Zumar: 9)

6. “Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama.” (Al Fathir: 28)

7. “Dan perumpamaan-perumpamaan ini Kami buat untuk manusia; dan tiada yang memahaminya kecuali orang-orang yang berilmu.” (Al Ankabut: 43)

Ayat Al Quran tentang ilmu dan pendidikan membuat seseorang berwawasan luas. Bahkan, tidak ada waktu yang lebih baik selain untuk memahami ayat Al Quran tersebut. Globalisasi telah mengubah seluruhnya, tidak ada pembatasan untuk memperoleh pengetahuan. Hal ini memungkinkan bagi untuk mengetahui tentang budaya yang berbeda atau peristiwa yang terjadi di ujung dunia sekalipun. Manfaatnya agar tidak terjebak dalam dunia yang sementara. Sehingga bisa memperluas pikiran dan hati, bahkan tak terbatas pada negara zona tertentu saja.

Bisnis PayTren/Treni -Ustadz Yusuf Mansur

  2 Responses to “Ayat Al Quran Tentang Ilmu dan Pendidikan”

  1. alhamdulilah.. bisa menjadi referensi skripsi saya..

  2. sangat bermanfaat…
    izin share

 Leave a Reply

(required)

(required)