akhlak Islam kepada orang tua

Akhlak Islam Anak Kepada Orang Tua

Posted on

Akhlak Islam anak kepada orang tua merupakan kewajiban setiap saat untuk dijalani generasi muda. Ayah dan Ibu sangat mencintai anaknya dan menyebabkan keberadaan kita di dunia. Seorang Emak yang mengandung dalam perutnya 9 bulan, kemudian menyusui. Keduanya memperhatikan kebersihan badan, baju dan membuat pakaian yang lembut serta mengantar anak-anaknya ke tempat tidur yang bersih. Mereka mengusir nyamuk dari anak-anaknya agar bisa tidur dengan tenang. Mereka menjaga setiap waktu dari segala sesuatu yang mengganggu ketika kita berjalan, duduk, bermain dan tidur.

Akhlak mulia kepada kedua orang tua adalah keharusan bagi seorang anak. Mereka menyiapkan makanan, mengajari berjalan dan bebicara. Alangkah sangat gembiranya bilamana kita mulai berjalan atau berbicara. Keduanya bersabar atas kepayahan, panas dan dingin untuk memperoleh harta yang akan di belanjakan untuk kepentingan anak-anaknya. Mereka membelikan pakaian dan makanan serta segala sesuatu yang dibutuhkan seperti alat-alat sekolah dan lain-lainnya. Bahkan jika anak-anaknya meminta sesuatu, mereka memberi apa yang diinginkan dengan amat gembira.

Ketika seorang anak sedang sakit, mereka mencurahkan tenaga bagi keselamatan sang buah hati. Keduanya berdoa kepada Allah pada waktu siang dan malam hari agar anaknya cepat sembuh. Seorang Ibu mungkin bisa tidak tidur semalaman untuk menjaga anaknya. Seorang Ayah memanggil dokter dan membeli obat-obatan demi kesembuhan anaknya. Mereka tak begitu peduli mengeluarkan banyak uang demi kesehatanmu yang mahal.

Diantara akhlak Islam kepada orang tua adalah berbakti kepada keduanya. Karena hal tersebut menempati urutan kedua setelah ajaran menyembah kepada Allah Ta’ala. Dalam Al-Quran disebutkan: “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia”. (Al-Isra’:23)

Ayah dan Ibu ingin agar anaknya tumbuh dalam akhlak Islam dan terpuji. Oleh karena itu keduanya melarang bergaul dengan orang-orang jahat dan ingin agar di masa mendatang menjadi generasi yang sempurna dalam ilmu, bermoral, bermanfaat bagi diri sendiri dan masyarakat. Mereka pula mencegah dari segala sesuatu yang membahayakan demi kesehatan putra putrinya.

Akhlak Islam Anak Kepada Orang Tua

akhlak Islam kepada orang tua

Ayat-ayat Al-Quran tentang akhlak mulia merupakan dasar-dasar agama untuk menjadi pribadi yang luar biasa. Anak yang durhaka, cenderung tidak hati-hati dan melakukan apa saja sesuai dengan keinginannya. Akibatnya, tidak jarang ia mendapat masalah atau bencana. Tanamkan juga betapa pentingnya mematuhi nasihat yang diberikan oleh orang tua. Berikut ini adalah beberapa akhlak Islam anak kepada orang tua:

1. Mencintai Ayah dan Ibu
Akhlak Islam anak kepada orang tua yang pertama adalah mencintai keduanya. Perlakukan mereka berdua dengan segala sesuatu yang mengembirakan hatinya dan hindarilah sesuatu apapun yang menyusahkan kedua orang tua. Dengarkanlah nasehat-nasehat mereka, mematuhi perintah-perintahnya dan memenuhi kebutuhan-kebutuhannya. Jabat hangat tangan kedua orang tua setiap pagi dan sore, tataplah dengan wajah yang berseri-seri.

2. STOP Menjadi Anak Durhaka
Jika melakukan kesalahan terhadap kedua orang tua, maka segeralah meminta maaf. Berjanjilah kepada diri sendiri untuk tidak mengulangi lagi kesalahan yang sama, karena hukuman orang yang durhaka akan disegerakan di dunia. Dalam hadits: “semua dosa ditangguhkan Allah hukumannya hingga hari kiamat, kecuali durhaka kepada orang tua. Karena allah menyegerakan bagi pelakunya dimasa hidup sebelum matinya”. Datanglah seorang laki-laki kepada Nabi SAW. Seraya meminta bai’at untuk hijrah. Ia berkata “ aku tidak dating kepadamu sebelum membuat kedua orang tuaku menangis.” Maka Nabi SAW bersabda : “kembalilah kepada mereka dan buatlah mereka tertawa sebagaimana engkau telah membuat mereka menangis.”

3. Memperoleh Ridha Orang Tua
Akhlak Islam anak kepada orang tua selanjutnya adalah berusaha selalu untuk memperoleh ridha Ayah Ibu dengan bersungguh-sungguh, seperti mempelajari pelajaran-pelajaran bagi yang masih duduk di bangku sekolah dan kuliah. Hendaklah engkau mengatur peralatan pada tempatnya masing-masing dan tidak merusakkan atau menghilangkan sesuatu darinya. Mengerjakan segala sesuatu yang mengembirakan mereka di dalam dan di luar rumah. Waspadalah jangan sampai marah, menggerutu dan bermuka cemberut kepada ortu. Dalam hadits: “ridha Allah diperoleh karena rdha orang tua, dan murka Allah diperoleh karena murka kedua orang tua.

4. Menghormati Kedua Orang Tua
Apabila meminta sesuatu kepada ortu, maka janganlah meminta dihadapan orang banyak. Selain itu jika mereka tidak memberikan apa yang kita minta, maka diamlah jamgan menuntut. Karena mereka lebih tahu tentang baik buruknya suatu hal. Jika duduk di depan mereka, maka duduklah dengan cara yang baik, jangan meletakkan kaki di atas kaki, jangan duduk diatas mereka berdiri dan jangan pula berjalan didepan mereka. Apabila salah seorang dari mereka memanggilmu, maka segeralah menjawabnya jangan berlambat-lambat atau berpura-pura tidak mendengar.

5. Berbakti Kepada Orang Tua
Apabila telah dewasa dan mulai berkerja, maka hendaklah membantu kedua orangtua. Berilah nafkah menurut kemampuan dan berbaktilah kepada ibu lebih banyak daripada ayah, karena ia lebih sayang kepada anak-anaknya. Sebagaimana dala hadits: “Datang seorang laki-laki kepada Nabi SAW. Lalu berkata,” ya rasulullah, siapakah orang yang paling patut mendapat perlakuan baik dariku?” beliau menjawab “ibumu”. Orang itu berkata lagi, “kemudian siapa?” beliau menjawab “ibumu”. Orang itu berkata lagi, “kemudian siapa?” beliau menjawab “ibumu” Orang itu berkata lagi, “kemudian siapa?” beliau menjawab “ayahmu”.

6. Bersikap Sopan Santun
Akhlak Islam anak kepada orang tua selanjutnya adalah bersikap sopan santun terhadap mereka dalam setiap waktu. Jangan membelakangi mereka seraya memanggil namanya, jangan tertawa dihadapannya tanpa keperluan atau bersuara keras. Janganlah memandang mereka dengan pandangan yang angkuh, jangan berdusta terhadap mereka atau memaki mereka atau berbicara dengan perkataan yang buruk ataupun mengeraskan suara di atas suara mereka.

7. Mendoakan Kedua Orang Tua
Adanya kedua ortu merupakan kenikmatan besar dari Allah dan berkah serta rahmat bagi seorang anak. Doakanlah agar Allah membalas kedua orang tua dengan sebaik-baiknya atas pemeliharaan mereka yang baik. Doakan mereka agar diberi panjang umur dalam kebaikan dan kesehatan, dan tercapai cita-cita mereka. Apabila salah seorang dari mereka atau kedua-duanya meninggal dunia, maka anakpun wajib berbakti kepada mereka dengan berdoa dan memohonkan ampun serta bersedekah untuk kedua orang tuanya.

Untuk melengkapi postingan tentang akhlak Islam anak kepada orang tua, seorang anak harus menaati perintah mereka karena pada hakikatnya tidak ada Ayah Ibu yang menginginkan keburukan bagi anak-anaknya kecuali ortu TIDAK WARAS DAN STRES. Jadi, apapun perintah mereka, tak lain adalah bentuk kecintaan yang tulus tanpa pamrih. Walaupun begitu dapat disaksikan keutamaan dan jasa dari keduanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.