Keutamaan Membaca Al Quran Kareem

9 Keutamaan Membaca Al Quran

Posted on

9 keutamaan membaca Al Quran bisa diperoleh dengan cara mempelajarinya, mengamalkannya dan mengajarkannya. Didalamnya terdapat firman Allah SWT yang tak akan pernah membosankan. Jika dibiasakan, maka semakin bertambah pula kenikmatan beribadah yang dirasakan. Selain itu, bagi umat Islam bukan sekadar kitab suci, tapi juga menjadi mukjizat dari Ilahi yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW. Keistimewaan tersebut terdapat pada petunjuk dan ajaran bagi umat Islam dalam menjalani kehidupan di dunia dan meraih kebahagiaan akhirat. Itulah revolusi umat manusia yang paling dahsyat sepanjang masa.

Keutamaan membaca Al Quran dengan tartil di bulan Ramadhan atau bahkan setiap hari sangat dianjurkan karena memiliki efek luar biasa. Ayat-ayat Allah SWT tersebut diturunkan kepada Nabi saw yang penuh dengan berkah atau mengandung banyak manfaat bagi manusia dalam semua hal, baik yang berkenaan dengan dunia maupun akhirat. Sangat berdampak pada sejarah kemanusiaan. Kemudian muncul revolusi-revolusi, baik dari segi aqidah, akhlak mulia, hukum, pendidikan, ilmu pengetahuan dan budaya. Didalamnya terdapat pedoman hidup manusia diturunkan Allah Taala kepada utusanNya.

Manfaat dan keutamaan membaca ayat suci Al Quran diantaranya mengandung kebaikan yang banyak, ilmu yang luas serta hikmah yang dalam. Berisi petunjuk yang mengeluarkan diri dari kesesatan, penyembuh dan penawar dari berbagai macam racun dan penyakit. Selain itu berisi cahaya yang dapat mengeluarkan seseorang dari kegelapan hawa nafsu, bimbingan hukum dan aturan yang dibutuhkan setiap muslim. Banyak petunjuk dalil-dalil yang jelas dan pasti yang dibutuhkan untuk segala ruang dan waktu. Tidak ada batasan padanya dan telah menjadi panduan bagi alam semesta sejak awal penciptannya.

Keutamaan membaca Al Quran online ataupun offline, berguna untuk mengatasi keterbatasan manusia yang bimbang dan ragu dalam menyikapi sesuatu serta tak pasti dalam menatap dan melangkah. Ada banyak kegelapan yang dihadapi manusia dalam menjalani hidupnya. Selain itu, setiap orang di dunia ini sangat membutuhkan cahaya agar tidak salah jalan, tidak terjerembab, bahkan terjatuh, ke jurang yang berbahaya. Maka manusia membutuhkan cahaya Al Quran agar yakin dalam memandang, menyikapi, dan melangkah ke arah kebenaran.

9 Keutamaan Membaca Al Quran

Keutamaan Membaca Al Quran Kareem

Keutamaan yang berupa petunjuk diperlukan untuk membedakan hal yang baik dan buruk. Karena akal manusia juga sangat lemah dan kurang meluas sehingga tak dapat menjangkau alam lain yang tak pernah terindera oleh organ tubuh. Informasi yang sampai dari seseorang kepada orang lain sering kali mengalami kekacauan. Dengan membaca Al Quran dan mengamalkan isinya, manusia akan mendapatkan keutamaan dan manfaat cahaya yang terang benderang. Ilmu manusia sangatlah sedikit karena kemampuannya menyerap ilmu dari sekitarnya juga amat terbatas.

Rasa malas akan muncul karena upaya syetan terkutuk untuk menggoda hamba Allah yang taat, namun hal tersebut harus dilawan. Biasanya, seseorang yang bersungguh-sungguh niatnya, kemalasan tersebut akan diganti olehNya dengan kenikmatan dan kecintaan kepada kitab Allah SWT. Yang terpenting adalah kemauan kuat dan pantang menyerah itulah yang harus dilakukan. Pada awalnya, memang ada rasa malas dan berat hati, tapi bisa dikalahkan dengan membiasakannya. Mungkin beberapa 9 keutamaan membaca Al Quran dibawah ini bisa menumbuhkan semangat baru untuk mendalami dan mengamalkan isi Al Quran,

  1. ”Barang siapa yang membaca satu huruf Kitab Allah maka ia mendapat satu kebaikan, dan satu kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif laam miim itu satu huruf, tapi alif itu satu huruf.” (HR Tirmidzi).
  2. ”Bacalah Al Quran, sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat nanti memberi syafaat bagi orang yang membacanya.” (HR. Muslim).
  3. ”Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al Quran dan yang mengajarkannya.” (HR. Bukhari).
  4. “Barangsiapa disibukkan dengan membaca Al Quran dan menyebut namaKu, sehingga tidak sempat meminta kepadaKu, maka Aku berikan kepadanya sebaik-baik pemberian yang Aku berikan kepada orang yang meminta. Dan keutamaan kalam Allah atas perkataan lainnya adalah seperti, keutamaan Allah atas makhluk-Nya.” (HR Tirmidzi).
  5. “Barangsiapa membaca Al Quran dan mengamalkan isinya, Allah memakaikan pada kedua orang tuanya di hari kiamat suatu mahkota yang sinarnya lebih bagus dari pada sinar matahari di rumah-rumah di dunia. Maka bagaimana tanggapanmu terhadap orang yang mengamalkan ini.” (HR Abu Dawud).
  6. “Dikatakan kepada pembaca Al Quran, bacalah dan naiklah serta bacalah dengan tartil seperti engkau membacanya di dunia karena kedudukanmu adalah pada akhir ayat yang engkau baca.” (HR Abu Dawud).
  7. “Orang yang membaca Al Quran sedangkan dia mahir melakukannya, kelak mendapat tempat di dalam Syurga bersama-sama dengan rasul-rasul yang mulia lagi baik. Sedangkan orang yang membaca Al-Qur’an, tetapi dia tidak mahir, membacanya tertegun-tegun dan nampak agak berat lidahnya (belum lancar), dia akan mendapat dua pahala.” ( HR Bukhari).
  8. ”Aku wasiatkan kepada kalian agar bertakwa kepada Allah dan Al Quran sesungguhnya ia adalah cahaya kegelapan, petunjuk di siang hari maka bacalah dengan sungguh-sungguh.” (HR. Baihaqi).
  9. “Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. “Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir: 29-30).

Untuk melengkapi artikel tentang 9 keutamaan membaca Al Quran, selayaknya manusia melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dan berjuang mendapatkan derajat orang bertakwa. Siapapun yang berinteraksi dengan merenungi ayat-ayat suci Al Quran tersebut dengan baik, pasti akan mendapatkan pahala yang besar dan balasan yang berlipat-lipat. Bagi yang mengaji dan mengamalkan isinya akan mendapatkan kemuliaan di sisi Allah Taala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.