keistimewaan bulan Ramadhan

9 Keistimewaan Bulan Ramadhan Penuh Berkah

Posted on

9 keistimewaan bulan Ramadhan penuh berkah, sebagai salah satu momentum yang paling dinantikan oleh seluruh umat muslim di dunia, tentu akan bahagia menyambut bulan penuh keutamaan tersebut. Manusia benar-benar dapat melakukan ibadah sebanyak-banyaknya dan lebih maksimal. Hal inilah yang membuat bulan penuh hikmah selalu dinantikan. Banyak orang memanfaatkannya untuk kegiatan-kegiatan khusus, seperti tadarus Al-Quran, mengaji kitab kuning di Pondok Pesantren dan tentunya shalat tarawih.

Keistimewaan bulan Ramadhan memang luar biasa dan fantastis. Jika biasanya malas mengaji Al-Quran, maka menjadi rajin membaca Al-Quran sebanyak satu juz selama lebih dari satu jam sehari. Bahkan ada juga yang dihari-hari lain hanya membaca Al-Quran sebanyak beberapa lembar, selama bulan puasa mampu membaca Al-Quran minimal 10 halaman. Waktunya terasa sangat efektif karena tak sempat bergosip ria, membuka aib tetangga, bahkan melihat konten pornografi.

Keutamaan bulan suci Ramadhan yang penuh berkah sayang sekali untuk dilewatkan. Banyak hikmah dan keistimewaan bulan puasa yang memang lain daripada bulan-bulan yang lain.

9 Keistimewaan Bulan Ramadhan Penuh Berkah

keistimewaan bulan Ramadhan
Allah Ta’ala mewajibkan berpuasa kepada kaum Muslimin. Berarti jika tidak mengerjakannya atau melaksanakan puasa di bulan Ramadhan adalah berdosa. Selain itu, mengerjakan ibadah puasa bisa menghindarkan diri dari perbuatan maksiat serta dosa besar. Maka hukumnya wajib bagi yang telah baligh untuk melaksanakan perintah tersebut untuk mendapatkan ridha Allah Swt. Berikut ini adalah 9 keistimewaan bulan ramadhan penuh berkah:

1. Kesempatan Emas Untuk Intropeksi Diri
Intropeksi diri berarti meng evaluasi dirinya sendiri tentang perbuatan yang telah dilakukan agar jiwa menjadi tenang, dan memastikan secara gamblang apakah perbuatan yang dilakukan dalam kehidupannya sesuai dengan perintah-perintah Allah Ta’ala. Nabi SAW telah bersabda, “Koreksilah diri kalian sebelum kalian dihisab…..” (HR. Tirmidzi).

Demikianlah yang dilakukan oleh para sahabat Nabi. Mereka tidak pernah menutup malam harinya kecuali telah melakukan muhasabah (intropeksi diri). “Hamba tidak menjadi bertakwa hingga dia mengoreksi dirinya sebagaimana dia mengoreksi rekannya” (HR. Tirmidzi).

2. Doa Dikabulkan di Bulan Ramadhan
Diantara keistimewaan bulan Ramadhan adalah doa-doa cepat dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa Taala. Diriwatkan dari Abu Umamah Ra, bahwa Rasulullah Saw. bersabda:”…Dan untuk setiap muslim di setiap hari dan petang (dalam bulan Ramadhan) doa yang mustajab (HR. Bazar). Rasulullah juga bersabda:”Tiga orang yang tidak tertolak doanya, orang yang berpuasa hingga berbuka, imam adil, dan doa orang yang terdhalimi”. (HR. Tirmidzi).

3. Lailatul Qadar di Bulan Suci Ramadhan
Lailatul Qadr (malam kemuliaan) adalah suatu malam yang ada pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan, yang mana malam tersebut memiliki banyak sekali barakah dan kemuliaan, bahkan satu malam tersebut lebih baik dari 1000 bulan. Tentu sebagau umat Islam tidak akan melewatkan keistimewaan bulan suci Ramadhan yang satu ini.

Firman Allah Ta’ala di Al-Quran, “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu Apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) Kesejahteraan sampai terbit fajar “ (Al Qadr: 1-5 ).

4. Syetan Dibelenggu
Syetan yang biasa menggoda (menyesatkan) manusia, menjerumuskan manusia dalam kemaksiatan, atau memalingkan manusia dari amal shalih, hal ini merupakan salah satu keistimewaan bulan Ramadhan. Tercegahnya anak Adam di bulan yang penuh berkah ini- dari melakukan berbagai hal yang keji merupakan rahmat untuk kaum muslimin, sehingga mereka pun memiliki kesempatan untuk mengerjakan berbagai amal kebaikan dan menghapus dosa-dosa mereka. Rasulullah Saw. Bersabda: “Jika Ramadhan tiba dibukalah pintu sorga dan ditutuplah pintu neraka serta syaitan-syaitan dibelenggu. (HR. Bukhari).

5. Mudah Untuk Bertakwa Di Bulan Suci Ramadhan
Melakukan ibadah puasa adalah sebab yang bisa mengantarkan pelakunya menuju ketaqwaan, karena puasa mampu meredam syahwat dan nafsu birahi. Sesuai dengan salah satu penafsiran yang disebutkan Imam Al Qurthubi, yang berpatokan kepada hadits riwayat Imam Ahmad yang menyebutkan bahwa puasa adalah perisai. Sesuai dengan firman Allah Swt, “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian puasa sebagaimana diwajibkan atas kaum sebelum kalian, agar kalian bertaqwa”. (Al Baqarah: 183).

6. Bulan Ramadhan Full Keistimewaan
Keistimewaan bulan Ramadhan sungguh luar biasa. Rasulullah Saw. bersabda: “…Ramadhan adalah bulan yang permulaannya adalah rahmat, pertengahannya adalah ampunan, serta paripurnanya adalah pembebasan dari neraka…” (HR. Ibnu Huzaimah)

7. Allah Ta’ala Mengampuni Dosa-Dosa
Diantara keistimewaan bulan Ramadhan adalah Allah Ta’ala melimpahkan ampunan kepada orang-orang yang melaksanakan kewajiban puasa atas dasar keimanan yang jujur dan mengharapkan pahala di sisi Allah ta’ala berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan atas dasar keimanan dan mengharapkan pahala dari Allah Ta’ala maka dia akan diampuni dari dosa-dosanya yang telah lalu.” (Muttafaqun ‘Alaihi).

8. Ramadhan Bulan Diturunkannya Al-Quran
Tanggal 17 Ramadhan diturunkannya kitab suci Al-Quran sebagai pedoman dan menjadi petunjuk bagi pemeluk agama Islam. Allah Ta’ala berfirman, “Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu yang hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu. Dan barangsiapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain” (Al-Baqarah: 185)

9. Bau Mulut Lebih Wangi
Termasuk keistimewaan bulan Ramadhan penuh berkah diantaranya bau mulut orang berpuasa lebih harum dari misk di hadapan Allah Swt. Sebagaimana Rasulullah Saw. bersabda:”…Yang kedua, sesungguhnya bau mulut mereka ketika sore hari lebih harum di hadapan Allah daripada bau misk…” (HR. Baihaqi).

Untuk melengkapi artikel tentang 9 keistimewaan bulan ramadhan penuh berkah, sungguh mengherankan jika ada sebagian kaum muslimin yang justru merasa berat dengan hadirnya Ramadhan, merasa bahwa Ramadhan mengekang segala kebebasan dan kemerdekaannya. Atau ada pula yang merasa biasa-biasa saja, merasa bahwa Ramadhan hanyalah rutinitas belaka, yang datang silih berganti sebagaimana bulan-bulan lainnya. Sikap seperti itu bukanlah cerminan keimanan. Dan tentu saja kita berlindung dari sikap yang demikian.

One thought on “9 Keistimewaan Bulan Ramadhan Penuh Berkah

  1. Subhanallah, ramadhan memang bulan yang sangat dinanti oleh umat muslim di seluruh dunia
    semoga ramadhan kali ini derajat kita disisi Allah bisa meningkat. amin
    salam transparan.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.