Rumus bisnis dan usaha

7 Rumus Bisnis dan Usaha

Posted on

7 rumus bisnis dan usaha bila diwujudkan adalah bukan perkara mudah, tapi juga tidak sulit. Walaupun dikelilingi orang berbakat, mentor berpengalaman, dan investor yang kuat, tidak serta-merta langsung berjalan mulus. Ada kalanya harus mengalami kegagalan dan kesuksesan dalam menjalankan bisnis online, jualan baju model terbaru, buka toko produk kecantikan, berdagang produk kesehatan dan banyak lagi. Ketika tujuan tak lagi selaras dengan kenyataan mengenai apa yang dibutuhkan untuk mencapai semua keinginan tersebut.

Tak ada hal berharga yang mudah. Bisnis Nabi SAW pun juga membutuhkan kejujuran, kerja keras dan pantang menyerah. Akan menjadi sangat bagus bila dalam satu bidang selalu pantang menyerah namun hal tersebut satu-satunya caranya untuk sukses di mana saja dan kapan saja. Perlu perjuangan untuk mendapat hasil yang dikehendaki. Dan terkadang juga kerap harus melakukan hal yang mustahil. Padahal tiap orang berhak menentukan tujuan hidup mereka dan memiliki kekuatan untuk mewujudkannya.

Belajar menghadapi tantangan dan menaklukkannya terutama jika hal itu amat pelik dan begitu ingin sekali menghindarinya. Namun, banyak yang mengatakan akan menjadi entrepreneur sukses namun hanya memilih-milih hal yang tak disukai dan menghindarinya demi mencapai keberhasilan. Padahal yang berperan paling penting dalam bisnis dan usaha bukanlah staf divisi penjualan dan tim marketing tetapi mereka adalah para konsumen atau komunitas konsumen.

Membangun bisnis ala Tionghoa pun juga mesti disertai dengan komitmen yang kuat. Komitmen ditujukan pada konsistensi sebagai pengusaha atau entrepreneur. Walau bagaimanapun juga, untuk semua bisnis harus mendapatkan ekstra perhatian dari pemiliknya. Terjun langsung ke lapangan perlu dilakukan untuk memantau dan meninjau apa saja yang kurang dalam usaha yang dijalani. Sehingga tetap terkontrol dan tidak bisa dilepas begitu saja dalam perkembangannya.

7 Rumus Bisnis dan Usaha

Rumus bisnis dan usaha

Salah satu hal yang mendongkrak pertumbuhan ekonomi dari suatu negara adalah tingginya tingkat bisnis yang baru dimulai. Tingkat pertumbuhannya cukup mengejutkan di berbagai negara, khususnya Indonesia . Pertumbuhan UKM di Indonesia berkembang sangat pesat, bahkan lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan di dunia. Berarti harus siap mengorbankan waktu, tenaga juga modal. Belum lagi kegagalan demi kegagalan apabila usaha yang dijalankan tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itulah berikut 7 rumus bisnis dan usaha:

1. Ketahui Skill Anda
Menguasai ilmu dasar dari bidang bisnis yang akan dijalankan, tentu lebih mudah meraih kesuksesan daripada belajar mulai nol. Hal inilah yang dibutuhkan dalam meemulai bisnis dan usaha. Memutuskan untuk berbisnis berarti Anda harus siap dengan skill dan resiko yang mungkin dihadapi. Kesiapan mental harus ada, jangan sampai di tengah perjalanan, malas untuk melanjutkannya.

2. Cari Mentor Pengusaha Sukses
Hindari motivator yang hanya menjual omongan saja, sedangkan orangnya sendiri belum sukses. Alangkah baiknya, belajar dari orang yang benar-benar sukses menjalankan usahanya karena intinya melihat hasil nyata, kemudian dipelajari.

3. Wujudkan Segera
Mulailah melangkah menjalankan 7 rumus bisnis dan usaha dengan menata niat yang baik karena Allah Ta’ala. Buatlah rencana seadanya, kebanyakan mikir biasanya tidak jalan-jalan. Kadang kebiasaan buruk yang sering melekat pada diri seseorang adalah sering menunda pekerjaan. Kebiasaan seperti ini jika tidak segera dihilangkan, akan sangat merugikan terhadap bisnis yang sedang dijalankan.

4. Promosi
Promosi adalah ujung tombak bisnis dan usaha. Sebagus apapun kualitas produknya tapi menyepelekan promosi, dipastikan tak lama lagi akan tumbang. Siapa yg tak kenal merek Honda, apakah berhenti promosi iklan? Siapa yang tak tahu Samsung, apakah mereka berhenti promosi iklan?

5. Pantang Menyerah
Menjalankan usaha memang tak semulus yang dibayangkan, akan banyak sekali tantangan dan rintangan siap menghadang. Beberapa orang tidak berani mengejar impiannya karena takut menghadapi ujian. Padahal, pengorbanan terbesar untuk menghadapi semua itu dapat berujung pada kesuksesan ketika membangun bisnis dan mencapai tujuan tertentu. Pantang menyerah adalah kuncinya, MAN JADDA WAJADA.

7. Perbanyak Sedekah
Pancinglah rezeki dengan sedekah. Bila rezeki yang diperoleh dari bisnis dan usaha gitu-gitu aja, maka jangan heran rezeki yang didapat cuma gitu-gitu aja. Perbanyaklah sedekah karena sesuai dengan firman Allah SWT, “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (Al Baqarah: 261)

Untuk melengkapi artikel tentang 7 rumus bisnis dan usaha, terlalu terbawa dalam urusan pribadi, sehingga lupa terhadap kewajiban kita dalam menjalankan bisnis. Biasanya hal semacam itu sering membuat lupa waktu, waktu yang sering terbuang percuma sebab terlalu asyik ngobrol. Teman memang sangat penting, namun jangan sampai hal itu menghancurkan semua yang telah dibangun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.