7 Peluang Bisnis Ramadhan dan Lebaran yang Menjanjikan

Posted on

7 peluang bisnis ramadhan dan lebaran yang menjanjikan, derasnya arus ekonomi di saat bulan puasa dan Idul Fitri yang penuh berkah, banyak orang memanfaatkan untuk mendongkrak finansial mereka. Ketika zaman berkembang pesat, semakin banyak pula orang yang terlanjur sibuk dengan urusan masing-masing sehingga tidak memiliki waktu untuk melakukan pekerjaan sehari-hari, seperti memasak makanan untuk takjil. Banyak orang menjalankan bisnis tanpa modal atau dengan modal, asalkan ada kemuauan pasti bisa mulai ber wirausaha.

Ide bisnis bulan ramadhan dan lebaran bisa dimanfaatkan oleh siapa saja, khususnya umat Islam yang punya gawe di waktu tersebut. Ketepatan menentukan ceruk pasar tentunya akan berpengaruh pada strategi bisnis. Jika dikelola secara tepat, maka tak mustahil mencapai omzet bersih minimal 1 juta per hari. Tanpa adanya kreativitas yang tinggi, maka seseorang hanya akan menjadi seorang yang terbawa arus saja tanpa pernah mampu untuk action.

7 Peluang Bisnis Ramadhan dan Lebaran yang Menjanjikan

Peluang Bisnis Ramadhan

Bulan puasa biasanya hanya sekitar 29-30 hari, namun suasananya begitu indah dan berbeda. Khususnya bagi umat Muslim seluruh dunia. Momen Ramadhan bisa dimanfaatkan untuk ajang promosi besar-besaran sehingga pada saat setelah Idul Fitri, produk Anda telah sangat dikenal masyarakat, bisa terus berkalanjutan ataupun stop setelah meraih omzet yang diinginkan. Berikut ini adalah 7 peluang bisnis ramadhan dan lebaran yang menjanjikan:

1. Jual Baju Online/Offline
Produk baju adalah yang paling tinggi peminatnya di saat bulan Ramadhan. Hal ini sudah menjadi tradisi di masyarakat Indonesia. Biasanya mereka membeli pakaian untuk lebaran satu atau dua bulan sebelum hari raya. Carilah supplier yang menjual baju murah tapi berkualitas. Perhatikan juga modelnya karena jaman sekarang fashion muslim juga memiliki model baju terbaru yang keren. Bagi yang memiliki keinginan menjual busana muslim atau gamis sekarang adalah waktu yang paling tepat untuk memulainya.

Bulan puasa biasanya juga dimanfaatkan orang untuk jual baju online. Pakaian baru merupakan lambang kembalinya kesucian hati di hari Idul Fitri. Jika memiliki relasi dengan supplier baju muslim atau bahkan memproduksi sendiri berbagai produk baju muslim, segera manfaatkan momen ini untuk mencari rezeki. Salah satu kebiasaan masyarakat dalam membeli baju muslim adalah dengan mengikuti tren baju muslim yang sedang populer di kalangan selebriti.

Fashion hijab akan banyak di cari. Begitu juga model baju wanita, baju pria, baju anak, sepatu, tas, aksesoris dan banyak lagi. Salah satu hal yang paling penting dalam bisnis adalah promosi. Di era digital, promosi merupakan hal yang relatif mudah untuk dilakukan. Anda dapat memasarkan produk pakaian Anda melalui berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain.

2. Jual Hidangan Puasa
Mulai siang hingga sore hari menjelang buka, sudah pasti usaha makanan dan minuman yang biasa di santap untuk takjil mulai di buru masyarakat yang berpuasa. Masakan sebagai lauk untuk berbuka dan juga sahur juga cukup dibutuhkan di bulan puasa. Dibandingkan dengan memasak sendiri di rumah tentunya lebih praktis membeli masakan yang sudah matang. Dengan begitu bisnis berjualan masakan juga akan mengalami peningkatan yang signifikan di bulan ramadhan.

3. Bisnis Kue dan Parcel Lebaran
Menjalankan bisnis kue dan parcel lebaran biasanya di persiapkan menjelang hari raya idul fitri sebagai hidangan saat berkumpul bersama sanak saudara yang berkunjung. Aneka kue lebaran juga sering kali dijadikan hadiah pemberian kepada rekan, teman, atau saudara lainnya. Umumnya jenis kue yang banyak dicari seperti aneka kue kering sejenis kue salju, nastar, kastangel, kue coklat dan lain sebagainya.

4. Usaha Perlengkapan Ibadah
Gencarnya umat muslim yang sedang menjalankan ibadah ketika bulan Ramadhan merupakan peluang bagi pelaku bisnis. Hal ini terkait untuk mendongkrak kualitas ibadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan mempersiapkan perlengkapan ibadah. Beberapa perlengkapan ibadah misalnya mukena, kain sarung, sajadah, tasbih, dan al-Qur’an dan banyak lagi.

5. Jasa Penitipan Hewan Kesayangan
Bisnis penitipan hewan kesayangan tampaknya bukan lagi usaha yang baru, akan tetapi masih jarangnya usaha di bidang ini bisa menjadi peluang yang besar untuk anda. Kebutuhan akan jasa yang satu ini pun terbilang lumayan tinggi. Ketika waktu mudik lebaran, banyak masyarakat di lingkungan perumahan dan kota besar khususnya, menitipkan binatang mereka seperti kucing persia/anggora, burung dan sebagainya ke jasa penitipan hewan kesayangan.

6. Bisnis Tiket Mudik Lebaran
Peluang tiket mudik lebaran cukup menjanjikan kenaikan omsetnya dimusim mudik lebaran, karena akan sangat banyak yang membutuhkannya. Tingginya permintaan pasar yang terus meningkat merupakan peluang bisnis yang menggiurkan. Dengan sedikit trik strategi pemasaran yang tepat, akan membuat kenaikan omset yang tinggi cepat diraih.

Caranya bisa dimulai dari menjual tiket pesawat dari berbagai maskapai penerbangan. Dengan begitu akan mendapat keuntungan dari persentase komisi harga tiket yang dijual. Mungkin juga bisa menggabungkannya dengan usaha lain seperti Rent car, Hotel booking, paket tour, antar jemput bandara dan lainnya yang masih berhubungan.

7. Bisnis Rental Mobil Lebaran
Selain menggunakan angkutan umum atau mobil, motor pribadi, tidak sedikit juga masyarakat yang memilih menggunakan kendaraan rental sebagai sarana mudiknya. Tentunya banyak diantara masyarakat yang akan mempersiapkan kendaraannya untuk menghadapi perjalanan mudik lebaran. Hal inilah menjadi salah satu peluang bisnis Lebaran untuk menghasilkan keuntungan yang menggiurkan.

Demikianlah postingan tentang 7 peluang bisnis ramadhan dan lebaran yang menjanjikan, selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.