penyakit HIV AIDS dan gejalanya

7 Gejala HIV AIDS

Posted on

7 gejala HIV AIDS perlu diketahui karena biasanya muncul dalam jangka waktu yang panjang. Merupakan virus yang mampu menyebabkan penyakit AIDS di dalam tubuh seseorang. Mereka dapat terinfeksi dengan cara melakukan hubungan seks bebas dan narkoba. Penularan terjadi dengan mereka yang sudah terkena penyakit tersebut atau berbagi jarum suntik. Pada masa 4-8 minggu setelah masuk ke dalam tubuh, 40-90 % penderitanya mengalami sejumlah gejala umum yang disebut ARS (Acute Retroviral Syndrome). Tapi terkadang, gejala tersebut baru terlihat setelah beberapa tahun, bahkan 10 tahun. Virus tersebut menghancurkan sel-sel darah putih yang membantu tubuh manusia memerangi infeksi.

Meski HIV AIDS bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang serius, namun sayangnya gejala awal dari penyakit yang sulit diketahui. Sehingga penyakit ini baru diketahui ketika sudah masuk stadium yang parah. Karena belum ada perkembangan dalam ilmu kedokteran, yang bisa membantu dokter dengan obat untuk penyakit mengerikan tersebut. Namun, ada berbagai penyembuh yang membantu untuk memperlambat perkembangan penyakit. Seiring dengan perkembangan zaman, semakin banyak sel-sel yang dihancurkan oleh virus dan sistem kekebalan tubuh terus semakin melemah.

Pelaku zina dan dan pergaulan bebas merupakan sasaran empuk virus HIV AIDS. Mereka yang bergaul diluar batas sehingga dampak buruk pada mereka seperti seks bebas yang berakibat hamil di luar nikah, terkena penyakit kelamin, kecanduan narkoba, minum miras oplosan, dan banyak lagi. Yang bisa menjaga agar tidak berakibat fatal seperti hal tersebut adalah dirinya sendiri, dengan cara mengendalikan hawa nafsu duniawi baik cowok maupun cewek. Kembali ke jalan yang benar sesuai tuntunan Al Quran dan berakhlak mulia adalah untuk menggapai kebahagiaan dunia akhirat.

7 Gejala HIV AIDS

penyakit HIV AIDS  dan gejalanya

Virus HIV AIDS akan merusak sistem kekebalan tubuh dari orang yang terkena sedemikian rupa, sehingga tubuh kehilangan kemampuan untuk melawan bahkan paling ringan dari organisme yang menyebabkan penyakit. Ini mungkin menandakan fakta bahwa penderitanya, tidak mungkin dapat mengatasi penyakit bahkan seperti flu dan demam pada umumnya. Virus mungkin membutuhkan beberapa tahun sebelum melemahkan sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan orang yang terinfeksi untuk akhirnya membentuk penyakit AIDS. Berikut adalah gejala awalnya.

1. Lemah dan Demam
Gejala awal dari HIV AIDS dapat berupa demam ringan, sakit tenggorokan, dan pembengkakan kelenjar getah bening. Hal ini menjadi tanda bahwa virus tersebut telah memasuki aliran darah Anda dan merusak kekebalan tubuh. Ketika virus tersebut telah memasuki tubuh Anda, maka mereka akan menyerang sel-sel tubuh yang sehat. Sehingga dapat menyebabkan kelelahan dan kelemahan di dalam tubuh Anda.

2. Ruam Kulit dan Nyeri Otot
Sebuah ruam kulit seperti bisul dan jerawat yang tiba-tiba menyerang tubuh juga dapat menjadi tanda awal dari penyakit ini. Penyakit kulit tersebut terjadi beberapa saat setelah Anda terinfeksi HIV. Sedangkan nyeri otot terjadi karena peradangan di kelenjar getah bening, menyerang di sendi dan pangkal paha atau lutut.

3. Diare dan Batuk
Diare yang terus menerus dan disertai dengan mual dan muntah juga menjadi gejala bahwa Anda terinfeksi penyakit. Disertai batuk kering dan turunnya berat badan secara drastis, karena virus HIV yang mengganggu kesehatan sel tubuh lain.

4. Berkeringat di Malam Hari dan Perubahan Kuku
Setengah penderita HIV mengaku berkeringat saat malam hari. Gejala ini umumnya muncul pada tahap awal infeksi. Keringat berlebihan pada malam hari dialami penderita, meski tidak melakukan aktivititas olahraga. Disertai adanya perubahan pada kuku. Bentuk kuku biasanya mengalami penebalan dan melengkung. Bahkan pada beberapa penderita, kuku mereka berubah warna menjadi kehitaman, dengan garis coklat vertikal maupun horizontal di permukaannya.

5. Infeksi pada Mulut dan Sulit Konsentrasi
HIV bisa ditandai dengan infeksi pada sekitar mulut yang disebabkan oleh jamur. Infeksi itu membuat penderitanya susah menelan saat makan. Masalah kognitif bisa jadi tanda Anda telah terjangkit HIV. Gejala ini biasanya muncul belakangan. Selain susah fokus atau konsentreasi, penderita HIV biasanya lebih mudah marah dan tersinggung, ceroboh, susah berkoordinasi, dan mengalami kesulitan melakukan aktivitas yang berhubungan dengan syaraf motorik seperti menulis.

6. Herpes dan Kesemutan
GejalaHIV AIDS berikutnya adalah herpes di mulut dan bagian genital. Selain itu juga membuat penderitanya mengalami kesemutan dan mati rasa pada tangan dan kaki. Hal ini terjadi karena syaraf sudah benar-benar rusak.

7. Haid tidak teratur
Pada wanita penderita HIV, siklus menstruasi biasanya menjadi tidak teratur. Virus bisa mempengaruhi siklus haid seorang cewek, bisa 1-2 bulan, bahkan sampai berbulan-bulan.

Untuk melengkapi 7 gejala HIV AIDS, hal yang berkaitan erat adalah hukuman sosial bagi penderitanya mungkin lebih berat jika dibandingkan dengan penderita penyakit mengerikan yang lain. Terkadang hukuman sosial tersebut juga menimpa kepada petugas kesehatan atau sukarelawan, yang terlibat dalam merawat orang yang mengidap penyakit tersebut. Ada baiknya selalu menerapkan prinsip, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *