Manfaat Hijab Untuk Cewek dalam Islam

11 Manfaat Hijab Untuk Cewek

Posted on

11 Manfaat hijab untuk cewek, sangat terasa sekali. Sudah menjadi rahasia umum di era modern sekarang, banyak yang menjadikan tutorial hijab sebagai eksperimen dalam gaya berpakaian. Tak hanya sekedar menjaga iman dan takwa bagi pemakainya, namun juga membawa manfaat ukhrawi serta duniawi yang diperoleh. Sesuai dengan firman Allah Swt dalam Al-Quran: “Hai Nabi, Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mu’min, hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” (QS. Al-Ahzab: 59)

Istilah hijab style biasa digunakan dalam dunia fashion model baju muslimah. Fenomena yang begitu menarik diperoleh di sekitar lembaga pendidikan. Hampir semua murid dan mahasiswi berhijab di berbagai kesempatan. Dengan banyaknya komunitas atau kumpulan para hijabers, maka semakin menambah semangat bagi wanita muslimah untuk melaksanakan syariat Islam yang satu ini.

11 Manfaat Hijab Untuk Cewek

Manfaat Hijab Untuk Cewek dalam Islam

Baju merupakan hal yang termasuk ke dalam salah satu barang yang wajib dimiliki manusia. Keharusan di sini tentu saja adalah hal yang memang sangat diperlukan oleh manusia. Karena tanpa pakaian, maka manusia akan kelihatan ANUnya. ANU tersebut itulah yang bikin lawan jenis adem panas. Nah, demi menghindari hal-hal tak diinginkan, hendaknya kaum hawa menutup aurat dengan model baju yang sesuai tuntunan Al-Quran. Berikut ini adalah 11 manfaat hijab untuk cewek:

1. Berhijab Sebagai Bentuk Ketaatan Kepada Allah Ta’ala
Manfaat berhijab bagi cewek, sudah pasti terhormat disisi Allah SWT. Karena sesungguhnya mahkota wanita sebenarnya adalah hijab itu sendiri. Seseorang akan menghargai wanita dimana wanita tersebut memang berhati bersih. Ketika memutuskan untuk menutup aurat, maka mereka akan menutup segala akses masuknya kegiatan yang berbau maksiat untuk dilakukannya. Mereka akan terus taat beribadah pada sang khalik dan menjaga akhlaknya agar tetap mulia di hadapan Allah SWT.

2. Terhindar Dari Pergaulan Bebas
Manfaat berhijab dalam Islam salah satunya adalah untuk membatasi antara perempuan dan laki-laki serta melindungi dari zina dan pergaulan bebas. Dalam Islam, dibatasi segala jenis kenikmatan seksual hanya pada keluarga, lebih tepatnya dalam ikatan pernikahan. Hal ini jelas berbeda dengan dunia Barat yang melegalkan seks bebas.

3. Terhindar Dari Pelecehan Seksual
Banyaknya pelecehan seksual terhadap kaum wanita adalah akibat tingkah laku mereka sendiri. Karena wanita merupakan fitnah (godaan) terbesar. Tapi fakta telah menunjukkan bahwa laki-laki cenderung segan untuk menggoda perembuan yang menggunakan hijab.

4. Manfaat Hijab Untuk Mewujudkan Akhlak Mulia
Menggunakan hijab tidak semata menutupi aurat, melainkan juga untuk menjaga pandangan seorang muslimah agar tetap bermoral dan berakhlak mulia. Yang dimaksud menjaga pandangan disini adalah bagaimana wanita menjaga tingkah lakunya untuk tidak melakukan sesuatu yang di luar syariat agama Islam. Walaupun banyak yang mengatakan bahwa hijab bukan jaminan dalam perilaku seseorang, namun setidaknya mereka telah menjalani perintah agamanya.

5. Hijab Menaikkan Wibawa Wanita
Dengan berhijab, perempuan terlihat berwibawa. Hal ini dikarenakan tertutupnya aurat dan mencegah pandangan serta hasrat seksual terhadap lawan jenis. Dalam penerapannya, perempuan yang berada di dalam rumah adalah tidak ingin terlihat oleh orang yang bukan muhrim. Perempuan dan laki-laki dihadapkan pada menahan pandangannya dan menjaga kemaluannya dari perbuatan zina.

6. Manfaat Hijab Untuk Kesehatan Rambut
Debu dan polusi merupakan penyebab utama masalah rambut, menggunakan hijab adalah salah satu solusi praktisnya. Sudah tentu masalah tersebut tidak akan mengganggu atau membuat anda minder. Secara tidak langsung jika memiliki masalah dengan rambut maka anda dapat terbantu. Sinar matahari, debu, polusi, dan berbagai radikal bebas yang terdapat diudara dapat mengakibatkan berbagai masalah serius untuk rambut. Sebut saja ketombe, rambut rontok, rambut bercabang, dan berbagai keluhan lain.

7. Manfaat Hijab Sebagai Penutup Aurat
Sudah tentu ini adalah manfaat dasar yang akan diperoleh seorang perempuan yang berhijab dalam kesehariannya. Dengan menggunakan hijab, anda akan menutupi seluruh aurat yang tidak diperbolehkan dilihat orang lain kecuali suami. Ketika Allah memerintahkan sesuatu kepada makhluknya, maka mustahil tanpa manfaat dari hal itu, semua perintah Allah pasti memberikan keutamaan yang luar biasa untuk makhluknya agar hidup mereka menjadi lebih baik.

8. Manfaat Hijab Untuk Mendongkrak Kecantikan
Dengan berhijab, wanita akan memiliki sifat seperti bidadari surga alias tampak lebih cantik. Artinya dengan menundukkan pandangan, tak pernah disentuh oleh yang bukan mahramnya, yang senantiasa dirumah untuk menjaga kehormatan diri. Wanita inilah merupakan perhiasan yang amatlah berharga.

9. Manfaat Hijab Untuk Kulit
Diantara manfaat berhijab bagi cewek adalah mencegah berbagai penyakit kulit. Sinar ultraviolet pada matahari memiliki 3 panjang gelombang yang berbeda, yaitu gelombang A,B,C. Gelombang A bisa menyebabkan kulit terbakar apabila terkena sinar dalam waktu yang lama, kemudian gelombang B bisa menimbulkan kanker kulit setelah terkena sinar matahari beberapa tahun dan gelombang C adalah gelombang sinar yang paling berbahaya dan mematikan. Gelombang C sering digunakan dalam sterilisasi karena kemampuannhya ampuh dalam membunuh suatu bakteri atau virus.

10. Manfaat Hijab Untuk Ekonomi
Secara tidak langsung anda telah membantu membuka lapangan pekerjaan untuk industri fashion terutama industri yang memproduksi hijab. Industri hijab saat ini memang sangat pesat perkembangannya, tentu kontribusi kita sebagai wanita yang menggunakan hijab patut diapresiasi dalam membantu sebagai pengguna. Hal ini merupaka salah satu penggerak roda ekonomi. Agama Islam tidak melarang perempuan untuk tampil di masyarakat apalagi dalam dunia bisnis.

11. Hijab Sebagai Tanda Wanita Shalihah
Banyak pria yang disurvei mengatakan bahwa salah satu kriteria calon istri shalihah yang akan dinikahi nanti adalah yang menggunakan hijab. Sungguh memang luar biasa manfaat dari hijab ini dari berbagai aspek kehidupan. Hal ini berhubungan erat dengan nilai cewek di mata cowok pada umumnya. Karena senakal-nakalnya pria, pasti akan memilih wanita shalihah sebagai ibu dari anak-anaknya.

Untuk melengkapi postingan tentang 11 manfaat hijab untuk cewek, Islam hadir untuk memudahkan manusia, baik itu perempuan maupun lelaki dari jalan-jalan yang sulit lagi menyesatkan. Sebagai jalan tengah antara gaya hidup seks bebas barat dan konservatisme masyarakat adat yang tertutup. Maka, Islam memperbolehkan wanita untuk keluar rumah dan berkegiatan sosial dengan tetap menutup aurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.